Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Menag: Asrama Haji Pilar Penting Penyelenggaraan Ibadah Haji
Rabu, 13 Agustus 14

BEKASI – Penyediaan akomodasi bagi jemaah di asrama haji pada masa pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji merupakan salah satu kewajiban pemerintah sebagaimana diamanatkan UU No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

“Asrama haji merupakan pilar yang sangat penting dalam penyelenggaraan ibadah haji,” demikian disampaikan Menag Lukman Hakim Saifuddin saat penyerahan hibah Asrama Haji Bekasi dari Provinsi Jawa Barat kepada Kementerian Agama, Selasa (12/08). Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Dirjen PHU Abdul Djamil, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, dan Kakanwil Kemenag Jabar A. Buchori.

Dijelaskan Menag, selama berada di asrama haji, jemaah akan mendapatkan layanan berupa bimbingan ibadah, penerimaan dan pemeriksaan dokumen dan barang bawaan, pemeriksaan kesehatan dan karantina jemaah haji atau CIQ (Custom, Immigration and Quarantine).

“Disamping itu, asrama haji juga berfungsi sebagai tempat untuk mempersiapkan diri dan stamina jemaah, sebelum maupun sesudah menempuh perjalanan jauh yang cukup melelahkan,” jelas Menag.

Agar asrama haji dapat memberikan peran dan kontribusi yang lebih baik kepada jemaah haji khususnya, dan masyarakat pada umumnya, terutama untuk merespon perkembangan dan mengantisipasi berbagai tuntutan dan tantangan pada masa yang akan datang, maka, ujar Menag perlu dilakukan revitalisasi asrama haji secara menyeluruh baik kelembagaan, sarana dan prasarana dan SDM.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan serta keamanan, khususnya bagi para jemaah haji dan masyarakat pada umumnya,” ujar Menag.

Untuk itu, lanjut Menag, saat ini sedang giat-giatnya dilakukan penataan dengan mempertegas entitas asrama haji melalui pembentukan Unit Pelaksana teknis (UPT) Asrama Haji yang bersifat permanen dan sistemik guna meningkatkan asrama haji yang lebih efektif, efisien dan akuntabel.

“Pada tahun ini rehab dan pembangunan gedung baru asrama haji dilakukan pada asrama haji embarkasi Medan, Padang, Pondok Gede dan Balikpapan,” imbuh Menag.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Asrama Haji Bekasi, Jabar. (kemenag)

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatakhbar&id=1452