Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Agar Pahala Amal Kita Berlipatganda

Senin, 06 Desember 21

Pahala Diinginkan Setiap Insan
Pahala dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, termasuk perkara yang diinginkan oleh setiap insan yang beramal kebajikan. Hal ini, sebagaimana diisyaratkan dalam firman Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-Dzat Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,


æóãóÇ ßóÇäó áöäóÝúÓò Ãóäú ÊóãõæÊó ÅöáøóÇ ÈöÅöÐúäö Çááøóåö ßöÊóÇÈðÇ ãõÄóÌøóáðÇ æóãóäú íõÑöÏú ËóæóÇÈó ÇáÏøõäúíóÇ äõÄúÊöåö ãöäúåóÇ æóãóäú íõÑöÏú ËóæóÇÈó ÇáúÂÎöÑóÉö äõÄúÊöåö ãöäúåóÇ æóÓóäóÌúÒöí ÇáÔøóÇßöÑöíäó [Âá ÚãÑÇä : 145]


Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur (Ali Imran : 145)


æóÞóÇáó ÇáøóÐöíäó ÃõæÊõæÇ ÇáúÚöáúãó æóíúáóßõãú ËóæóÇÈõ Çááøóåö ÎóíúÑñ áöãóäú Âãóäó æóÚóãöáó ÕóÇáöÍðÇ æóáóÇ íõáóÞøóÇåóÇ ÅöáøóÇ ÇáÕøóÇÈöÑõæäó [ÇáÞÕÕ : 80]


Tetapi orang-orang yang dianugerahi ilmu berkata, “Celakalah kamu ! Ketahuilah, pahala Allah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dan (pahala yang besar) itu hanya diperoleh oleh orang yang bersabar. (alQashash : 80)

Pemberian Pahala Tanda Kasih Sayang
Pemberian pahala dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-kepada setiap insan atas setiap kebajikan yang dilakukannya tersebut termasuk bagian dari perkara yang menunjukan kasih sayang-Nya kepada hamba-bambaNya dan sekaligus merupakan pedorong untuk lebih giat lagi melakukan beragam kebajikan. Bahkan, hal ini pun dapat memotivasi setiap insan untuk berlomba dengan orang lain, sehingga diirinya berhasil menjadi “The Winer” (sang juara) dalam mengumpulkan seabreg pahala dariNya.

Tabiat Menginginkan yang Lebih Banyak
Dalam urusan dunia, setiap insan mempunyai tabiat menginginkan meraih harta kekayaan yang berlipat-lipat ganda banyaknya, sebagaimana diisyarkan oleh Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- dalam sabdanya,


áóæú ßóÇäó áÇöÈúäö ÂÏóãó æóÇÏò ãöäú ÐóåóÈò ÃóÍóÈøó Ãóäøó áóåõ æóÇÏöíðÇ ÂÎóÑó


Andai kata anak Adam telah memiliki satu lembah emas niscaya ia lebih suka untuk memiliki lembah emas yang lainnya...(HR. Muslim, no. 2464).
Hal ini mendorong anak Adam untuk saling berlomba di antara sesamanya untuk mengumpulkan harta dunia sehingga kekayaan dunianya berlipat-lipat ganda banyaknya.


ÇÚúáóãõæÇ ÃóäøóãóÇ ÇáúÍóíóÇÉõ ÇáÏøõäúíóÇ áóÚöÈñ æóáóåúæñ æóÒöíäóÉñ æóÊóÝóÇÎõÑñ Èóíúäóßõãú æóÊóßóÇËõÑñ Ýöí ÇáúÃóãúæóÇáö æóÇáúÃóæúáóÇÏö [ÇáÍÏíÏ : 20]


Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurau, perhiasan dan saling berbangga-bangga di di antara kamu serta berlomba-lomba dalam memperbanyak kekayaan dan anak keturunan... (al-Hadid : 20)

Perlombaan Melipatgandakan Pahala Lebih Baik
Alangkah baiknya, andai kata perlombaan yang dilakukan anak Adam itu adalah dalam hal memperbanyak pahala di sisi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, karena ternya ia akan meninggalkan dunia beserta harta kekayaannya, sementara pahala di sisi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-akan terus menemaninya dalam perjalanan kehidupannya selanjut, yaitu, kehidupan di Akhirat, maka seorang anak Adam sangatlah membutuhkannya.
Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-,berfirman,


ãóÇ ÚöäúÏóßõãú íóäúÝóÏõ æóãóÇ ÚöäúÏó Çááøóåö ÈóÇÞò ...[ÇáäÍá : 96]


Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal... (An-Nahl : 96)
Maka, yang kekal itu tentunya lebih baik daripada yang akan leyap,


æóãóÇ ÃõæÊöíÊõãú ãöäú ÔóíúÁò ÝóãóÊóÇÚõ ÇáúÍóíóÇÉö ÇáÏøõäúíóÇ æóÒöíäóÊõåóÇ æóãóÇ ÚöäúÏó Çááøóåö ÎóíúÑñ æóÃóÈúÞóì ÃóÝóáóÇ ÊóÚúÞöáõæäó [ÇáÞÕÕ : 60]


Dan apa saja (kekayaan, jabatan, keturunan) yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti ? (al-Qashash : 60)
Jika Anda telah mengerti, memahami hakikat ini dan meyakini kebenarannya, maka hal ini hendaknya menjadi pedorong bagi Anda untuk lebih bersemangat berlomba-lomba dalam meningkatkan amal shaleh bersama hamba-hamba Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-yang lainnya dalam upaya melipatgandakan pahala Anda di sisi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-.

Pelipatan Ganda Pahala Hal yang Pasti
Pelipatan ganda pahala amal shaleh di mana satu kebaikan dilapatgandakan pahalanya sampai sepuluh kali lipat, ini merupakan hal yang pasti berlaku pada setiap amal shaleh. Karena, hal itu termasuk janji Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- sedangkan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-tidak menyelisihi janjiNya. Sebagaimana Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


ãóäú ÌóÇÁó ÈöÇáúÍóÓóäóÉö Ýóáóåõ ÚóÔúÑõ ÃóãúËóÇáöåóÇ [ÇáÃäÚÇã : 160]


Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya...(al-An’am : 160).
Karena itulah, Anda tidak boleh ragu untuk terus berbuat baik dan mencari sebab-sebab dan amalan-amalan yang boleh jadi menjadikan pahala amal yang Anda lakukan akan melampaui pelipatan ganda pahala amal baik yang Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-sebutkan dalam ayat ini.

Sebab-sebab Pelipatan Ganda Pahala Lebih dari Sepuluh Kali
Wahai orang-orang yang menginginkan pahala amalnya berlipat-lipat ganda banyaknya…!
Pelipatan ganda pahala lebih dari sepuluh kali itu memiliki beberapa sebab. Dan, sebab-sebab tersebut bisa jadi berkaitan dengan orang yang melakukan amal, boleh jadi pula berkaitan degan amal itu sendiri, boleh jadi pula berkaitan dengan waktu amal itu dilakukan, boleh jadi pula berkaitan dengan tempat di mana amal tersebut dilakukan dan bisa jadi pula berkaitan dengan bekas-bekasnya atau dampak-dampaknya.

Ikhlas dan Mutaba’ah
Di antara sebab dilipatgandakannya pahala suatu amal shaleh adalah apabila seorang hamba merealisasikan keikhlasan kepada Dzat yang disembahnya dan mengikuti petunjuk RasulNya dalam melakukan amalnya. Karena amal itu bilamana termasuk amal yang disyariatkan, dan seorang hamba bertujuan melakukan amal tersebut untuk mendapatkan keridhaan Rabbnya dan pahalaNya, dan ia benar-benar merealisasikan tujuan tersebut dengan cara menjadikannya sebagai hal yang mendorongnya untuk melakukan amal dan hal itu pula yang menjadi target dan tujuan untuk melakukannya, di mana amalnya tersebut muncul karena dorongan iman kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan RasulNya-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, dan yang mendorongnya adalah karena perintah sang pembuat syariat, dan yang menjadi maksud dan tujuan darinya adalah wajah Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan ridhaNya, sebagaimana makna ini datang di dalam sejumlah ayat dan hadis, seperti firmanNya,


ÅöäøóãóÇ íóÊóÞóÈøóáõ Çááøóåõ ãöäó ÇáúãõÊøóÞöíäó [ÇáãÇÆÏÉ : 27]


Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa (al-Maidah : 27).
Yakni, orang-orang yang bertakwa kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dalam melakukan amal-amal mereka dengan mewujudkan keikhlasan kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan mutaba’ah (mengikuti petunjuk RasulNya-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-)
Dan seperti di dalam sabda beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-,


ãóäú ÕóÇãó ÑóãóÖóÇäó ÅöíãóÇäðÇ æóÇÍúÊöÓóÇÈðÇ ÛõÝöÑó áóåõ ãóÇ ÊóÞóÏøóãó ãöäú ÐóäúÈöåö æóãóäú ÞóÇãó áóíúáóÉó ÇáúÞóÏúÑö ÅöíãóÇäðÇ æóÇÍúÊöÓóÇÈðÇ ÛõÝöÑó áóåõ ãóÇ ÊóÞóÏøóãó ãöäú ÐóäúÈöåö


Barang siapa puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu. Dan, barang siapa shalat malam qadar karena iman dan mengharapkan pahala niscaya diampunilah pula dosa-dosanya yang telah lalu.
Dan nash-nash lainnya.

Sedikit dari amal yang disertai keikhlasan yang sempurna akan mengungguli banyak dari amal yang tidak sampai kepada derajat amal yang sedikit dalam hal kekuatan keikhlasannya.
Oleh karena ini, amal-amal zhahir di sisi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-bertingkat-tingkat kualitasnya disebabkan karena bertingkat-tingkatnya apa yang ada di dalam hati seorang hamba berupa keimanan dan keikhlasan.
Dan masuk di dalam cakupan amal-amal shaleh yang bertingkat-tingkat kualitasnya karena bertingkat-tingkat keikhlasannya adalah meninggalkan sesuatu yang diingini oleh jiwa berupa syahwat-syahwat yang diharamkan bilamana seseorang meninggalkannya dengan murni dari hatinya. Tidak ada pendorong lainnya untuk meninggalkan hal tersebut selain ikhlas. Kisah tentang orang-orang yang terperangkap di dalam goa merupakan dalil yang menguatkan hal tersebut.

Kebenaran Aqidah
Termasuk sebab dilipatgandakannya pahala amal shaleh-di mana hal ini merupakan landasan dan pondasi apa yang telah lalu, yaitu ikhlas dan mutaba’ah- adalah kebenaran aqidah seseorang, kuatnya keimanannya kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan sifat-sifatNya, kuatnya keinginan si hamba dan kecintaannya kepada kebaikan; karena sesungguhnya ahlus sunnah wal jama’ah yang murni, ahli ilmu yang sempurna yang mengetahui perincian tentang nama-nama Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan sifat-sifatNya dan memiliki keinginan yang kuat untuk berjumpa dengan Allah-, amal-amal mereka dilipatgandakan pahalanya dengan pelipatan yang sangat besar yang tidak ada yang dapat meraih semisalnya, atau tidak ada yang mendekatinya bagi orang-orang yang tidak berserikat dengan mereka dalam hal keimanan dan keyakinan ini.
Oleh karena itu, para salaf mengatakan, “Ahlus Sunnah, meskipun amal-amal mereka menjadikan mereka duduk, namun keyakinan-keyakinan mereka membangkitkan mereka. Sementara, ahli bid’ah, sekalipun banyak amal yang mereka lakukan, namun keyakinan-keyakinan mereka menjadikan rendah nilai amalnya.”
Sisi pertimbangannya adalah karena ahlis sunnah adalah orang-orang yang mendapat petunjuk, sementara ahli bid’ah adalah orang-orang yang sesat. Telah dimaklumi perbedaan antara orang-orang yang berjalan di atas jalan yang lurus dan orang-orang yang menyimpang dari jalan yang lurus yang berjalan menuju ke Neraka.

Kemanfaatan yang Besar untuk Islam dan Kaum Muslimin
Termasuk sebab dilipatgandakannya pahala amal adalah bahwa amal tersebut termasuk amal yang manfaatnya besar untuk Islam dan kaum Muslimin, seperti, jihad di jalan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, baik berjihad dengan raga, harta ataupun perkataan, membantah orang-orang yang menyimpang, seperti Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-menyebutkan tentang nafkah yang diperuntukkan untuk orang-orang yang berjihad di jalan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dan pelipatan ganda pahalanya yang mencapai 700 kali lipat.


ãóËóáõ ÇáøóÐöíäó íõäúÝöÞõæäó ÃóãúæóÇáóåõãú Ýöí ÓóÈöíáö Çááøóåö ßóãóËóáö ÍóÈøóÉò ÃóäúÈóÊóÊú ÓóÈúÚó ÓóäóÇÈöáó Ýöí ßõáøö ÓõäúÈõáóÉò ãöÇÆóÉõ ÍóÈøóÉò æóÇááøóåõ íõÖóÇÚöÝõ áöãóäú íóÔóÇÁõ æóÇááøóåõ æóÇÓöÚñ Úóáöíãñ [ÇáÈÞÑÉ : 261]


Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui (al-Baqarah : 261)
Dalam hadis,


Úóäú ÃóÈöì ãóÓúÚõæÏò ÇáÃóäúÕóÇÑöìøö ÞóÇáó ÌóÇÁó ÑóÌõáñ ÈöäóÇÞóÉò ãóÎúØõæãóÉò ÝóÞóÇáó åóÐöåö Ýöì ÓóÈöíáö Çááøóåö. ÝóÞóÇáó ÑóÓõæáõ Çááøóåö -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- « áóßó ÈöåóÇ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö ÓóÈúÚõãöÇÆóÉö äóÇÞöÉò ßõáøõåóÇ ãóÎúØõæãóÉñ »


Dari Abu Mas'ud Al-Anshari-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, dia berkata, "Seorang laki-laki datang dengan menuntun seekor unta yang telah diikat dengan tali kekangnya seraya berkata, "Ini saya berikan untuk berjuang di jalan Allah." Lantas Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda, "Mudah-mudahan pada hari Kiamat kamu akan mendapatkan tujuh ratus unta beserta tali kekangnya." (HR. Muslim, no. 5005)

Bagusnya Keislaman
Termasuk sebab dilipatgandakannya pahala amal adalah bahwa seorang hamba yang melakukannya bagus keislamannya dan bagus pula caranya, serta menjauhkan diri dari dosa-dosa dan tidak meneruskan perbuatan dosa. Sesungguhnya amal-amal orang seperti ini bakal dilipatgandakan pahalanya. Sebagaimana disebutkan dalam hadis,


ÅöÐóÇ ÃóÍúÓóäó ÃóÍóÏõßõãú ÅöÓúáóÇãóåõ Ýóßõáøõ ÍóÓóäóÉò íóÚúãóáõåóÇ ÊõßúÊóÈõ áóåõ ÈöÚóÔúÑö ÃóãúËóÇáöåóÇ Åöáóì ÓóÈúÚö ãöÇÆóÉö ÖöÚúÝò ...ÇóáúÍóÏöíúËõ


Apabila salah seorang di antara kalian memperbagus keislamannya, niscaya setiap kebajikan yang dilakukannya akan dituliskan untknya balasan (pahalanya) sepuluh kali lipat amalnya sampai 700 kali lipat...(HR. al-Bukhari, no. 42)
Barangkali termasuk rahasia dan sebab dilipatgandakannya pahala amal orang yang memperbagus keislamannya ini-Wallahu A’lam- adalah karena banyaknya amal shalehnya dan sedikitnya dosa dan kesalahannya, maka bila orang tersebut melakukan amal-amal shaleh tidak didapati adanya sesuatu yang mengeruhkannya dan menyedikitkan pahalanya berupa dosa dan kesalahan. Berbeda halnya dengan orang yang tidak memperbagus keislamannya, sesungguhnya amal-amal shaleh yang dilakukannya tidak cukup untuk menghapus dosa amal-amal buruk yang dilakukannya. Boleh jadi pula menghapusnya, sehingga akan berkurang nilai pahalanya dan tidak sampai ke derajat amal yang berhak untuk dilipatgandakan pahalanya.
Kalau boleh diibaratkan hal itu seperti halnya keadaan orang yang mencari harta yang banyak, ia pun mendapatkannya, lalu ia mengembangkannya dengan cara menginvestasikannya dalam berbagai macam bentuk perdagangan sementara ia tidak mempunyai tanggungan hutang sama sekali, niscaya harta orang ini bertambah dan berlipat-lipat ganda jumlahnya.
Berbeda dengan orang yang memiliki harta sedikit sementara ia mempunyai hutang yang banyak. Setiap kali ia mendapatkan keuntungan ia gunakan untuk menutupi lobang hutangnya. Begitu seterusnya, ia tidak dapat mencapai derajat orang yang berharta banyak, yang memiliki berbagai macam perdagangan dan selamat dari tanggungan hutang kepada siapa pun juga. Wallahu A’lam

Tingginya Kedudukan di Sisi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.-
Termasuk sebab dilipatgandakannya pahala amal adalah tingginya kedudukan, kemuliaan dan ketakwaan pelaku amal di sisi Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.- dan apa yang dipersembahkannya untuk berhidmah kepada Islam dan kaum muslimin. Baik mereka dari kalangan orang-orang yang ahli ibadah, atau dari kalangan ahli ilmu, atau dari kalangan orang-orang yang gemar memberikan kebaikan, atau dari kalangan orang-orang yang mempunyai kedudukan, dan lainnya. Oleh sebab itu, maka para istri Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- pahala amal mereka dilipatgandakan, karena agungnya sedudukan mereka, di mana mereka adalah para istri Nabi, ibunda kaum Muslimin, dan merupakan orang-orang panutan dari kalangan wanita.
Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.- berfirman,


æóãóäú íóÞúäõÊú ãöäúßõäøó áöáøóåö æóÑóÓõæáöåö æóÊóÚúãóáú ÕóÇáöÍðÇ äõÄúÊöåóÇ ÃóÌúÑóåóÇ ãóÑøóÊóíúäö [ÇáÃÍÒÇÈ : 31]


Dan barang siapa di antara kamu (istri-istri Nabi) tetap taat kepada Allah dan RasulNya dan mengerjakan kebajikan, niscaya Kami berikan pahala kepadnya dua kali lipat ... (al-Ahzab : 31)

Sedekah dari Hasil Usaha yang Baik
Termasuk sebab dilipatgandakannya pahala amal adalah sedekah dari hasil usaha yang baik, yakni, hasil usaha yang halal, yang mubah (boleh), yang selamat dari kecurangan, riba, dan semua bentuk usaha yang buruk, sebagaimana hal tersebut disebutkan atau diisyaratkan dalam sejumlah nash-nash al-Qur’an dan sunnah, seperti firman-Nya,


ãóäú ÐóÇ ÇáøóÐöí íõÞúÑöÖõ Çááøóåó ÞóÑúÖðÇ ÍóÓóäðÇ ÝóíõÖóÇÚöÝóåõ áóåõ ÃóÖúÚóÇÝðÇ ßóËöíÑóÉð [ÇáÈÞÑÉ : 245]


Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak...(al-Baqarah : 245)
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-berkata, “Renungkanlah motivasi untuk berinfak yang sedemikian lembut dalam ayat ini, dan bahwasanya orang yang berinfak itu telah meminjami Dzat yang Maha Kaya, Maha Dermawan. Dan, Dia-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- menjanjikan kepada orang yang berinfak tersebut akan memberikan pelipatan ganda (pahalanya) yang sangat banyak. “ (Taisir al-Karimi ar-Rahman, 89)
Adapun di dalam sunnah, yang sangat jelas menunjukkan akan hal ini adalah sabda Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-,


ãóäú ÊóÕóÏøóÞó ÈöÚóÏúáö ÊóãúÑóÉò ãöäú ßóÓúÈò ØóíøöÈò æóáóÇ íóÞúÈóáõ Çááøóåõ ÅöáøóÇ ÇáØøóíøöÈó æóÅöäøó Çááøóåó íóÊóÞóÈøóáõåóÇ Èöíóãöíäöåö Ëõãøó íõÑóÈøöíåóÇ áöÕóÇÍöÈöåö ßóãóÇ íõÑóÈøöí ÃóÍóÏõßõãú Ýóáõæøóåõ ÍóÊøóì Êóßõæäó ãöËúáó ÇáúÌóÈóáö


Barang siapa bersedekah seberat atau senilai biji kurma dari hasil usaha yang thayyib (baik/halal)-dan Allah tidak menerima kecuali yang baik- sesungguhnya Allah akan menerima sedekah itu dengan tangan kakan-Nya kemudian mengembangkannya (dan melipatgandakan pahalanya) untuk orang yang bersedekah itu seperti halnya salah seorang di antara kalian mengembangkan anak kudanya sehingga menjadi seperti gunung (HR. al-Bukhari, no. 1410)

Kemuliaan Waktu
Termasuk sebab dilipatgandakannya pahala amal adalah karena kemuliaan waktu, yakni, keutamaan waktu itu di mana suatu amal dilakukan oleh seorang hamba, seperti pada bulan Ramadhan, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, dan lain sebagainya, seperti hari Arafah, hari ‘Asyura, hari Jum’at, dan malam lailatul qadar. Sesungguhnya Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- memberikan keutamaan suatu waktu atas waktu yang lainnya dan menjadikan amal yang dilakukan pada sebagian waktu tersebut dilipatgandakan pahalanya.
Puasa wajib misalnya, di mana puasa yang wajib ini dilakukan pada bulan Ramadhan, maka pahala amal puasa tersebut dilapatgandakan pahalanya oleh Allah -ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-.
Dalam hadis dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ- bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


ßõáøõ Úóãóáö ÇÈúäö ÂÏóãó íõÖóÇÚóÝõ ÇáúÍóÓóäóÉõ ÚóÔúÑõ ÃóãúËóÇáöåóÇ Åöáóì ÓóÈúÚöãöÇÆóÉö ÖöÚúÝò ÞóÇáó Çááøóåõ ÚóÒøó æóÌóáøó ÅöáøóÇ ÇáÕøóæúãó ÝóÅöäøóåõ áöì æóÃóäóÇ ÃóÌúÒöì Èöåö...


Setiap amal anak Adam dilipatgandakan (pahalanya). Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya sampai 700 kali lipat. Allah-azza wa jalla-berfirman, ‘Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan membalasnya...(HR. Muslim, no. 2763)
Ibnu Rajab-ÑóÍöãóåõ Çááåõ – berkata, “Ketika puasa itu sendiri dilipatgandakan pahalanya (jauh lebih banyak) dibandingkan dengan seluruh bentuk amal-amal yang lainnya, maka puasa pada bulan Ramadhan dilipatgandakan (pahalanya jauh lebih banyak lagi) karena kemuliaan waktu (pelaksanaan)nya, dan karena keadaannya yang merupakan puasa yang diwajibkan oleh Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.-kepada hamba-hamba-Nya, dan dijadikannya puasa pada bulan Ramadhan tersebut sebagai salah satu rukun Islam di mana Islam dibangun di atasnya. (Lathaif Ma’arif, hal.159)

Kemuliaan Tempat
Ibnu Rajab-ÑóÍöãóåõ Çááåõ – berkata, “Dan ketahuilah bahwa pelipatgandaan pahala amal-amal terjadi karena beberapa sebab, di antaranya adalah karena faktor kemuliaan tempat.” (Lathaif Ma’arif, hal.158)
Seperti beribadah shalat yang dilakukan di tiga masjid; Masjid al-Haram, Masjid Nabawi dan Masjid al-Aqsha (Baitul Maqdis). Sebagaimana secara jelas tergambar dalam sabda Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-,


ÕóáóÇÉñ Ýöí ãóÓúÌöÏöí åóÐóÇ ÎóíúÑñ ãöäú ÃóáúÝö ÕóáóÇÉò ÝöíãóÇ ÓöæóÇåõ ÅöáøóÇ ÇáúãóÓúÌöÏó ÇáúÍóÑóÇãó


Satu shalat yang dilakukan di masjidku ini (yakni, Masjid Nabawi-pen) adalah lebih baik daripada 1000 shalat yang dilakukan di selainnya, kecuali (shalat yang dilakukan di) Masjid al-Haram (HR. al-Bukhari, no. 1190 dan Muslim, no. 3440)


ÝóÖúáõ ÇáÕøóáóÇÉö Ýöí ÇáúãóÓúÌöÏö ÇáúÍóÑóÇãö Úóáóì ÛóíúÑöåö ãöÇÆóÉõ ÃóáúÝö ÕóáóÇÉò æóÝöí ãóÓúÌöÏöí ÃóáúÝõ ÕóáóÇÉò æóÝöí ãóÓúÌöÏö ÈóíúÊö ÇáúãóÞúÏöÓö ÎóãúÓõãöÇÆóÉö ÕóáóÇÉò


Keutamaan shalat di Masjid al-Haram atas masjid lainnya adalah 100.000 shalat. Dan, di masjidku 1000 shalat. Dan, di masjid Baitul Maqdis 500 shalat (HR. al-Bazzar di dalam musnadnya, no.4142)
Keutamaan dan kebaikan tersebut serta sebab pelipatan ganda pahala ini kembali kepada sejauh mana seorang hamba dapat memenuhi dua persyaratan ibadah, yaitu sejauh mana seseorang dapat dengan baik meneladani Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-dan merealisasikan keikhlasan kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-yang merupakan sebab terbesar untuk tumbuh dan berkembangnya amal dan pelipatgandaannya.
Akhirnya, kita memohon kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-semoga mengaruniakan keikhlasan kepada kita dalam niatan, ucapan dan perbuatan. Dan, semoga pula Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- memberikan taufik kepada kita untuk meneladani Nabi kita Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-dan mengikuti petunjuk-petunnya yang merupakan sebaik-baik petunjuk dalam melakukan amal-amal yang dicintai dan diridhai oleh Dzat yang mengutusnya, yaitu, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- . Amin
Wallahu A’lam
(Redaksi)
Rujukan :
1. Al-Asbab Wa al-A’mal al-Lati Yudha’afu Biha ats-Tsawab, Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di-ÑóÍöãóåõ Çááå.
2. Syarh al-Asbab Wa al-A’mal al-Lati Yudha’afu Biha ats-Tsawab, Muhammad bin Ibrahim al-Hamd-ÍóÝöÙóåõ Çááåõ.



Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=950