Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Terapi Mimpi Buruk
Rabu, 30 Maret 11

Pertanyaan :

Dulu, seorang paman saya semasa hidupnya membenci saya dan tidak tahan melihat saya. Adakalanya Ia memukul saya, namun kini ia telah wafat. Akhir-akhir ini saya sering bermimpi buruk, saya melihatnya mendekati saya dan anak perempuan saya yang masih kecil, tapi saya melarikan diri darinya sehingga ia tidak dapat menangkap saya. Saya mohon petunjuk agar bisa tentram.


Jawaban :

Mimpi-mimpi semacam itu merupakan mimpi-mimpi buruk yang berasal dari setan. Disyari’atkan bagi seorang muslim, jika ia memimpikan sesuatu yang tidak disukainya, untuk meludah ke samping kirinya tiga kali, memohon perlindungan kepada Allah dari gangguan setan dan dari keburukan mimpinya, tiga kali, lalu mengubah posisi tidurnya ke bagian lain. Dengan begitu mimpi tersebut tidak akan mebahayakannya. Kemudian dari itu hendaknya tidak menceritakannya kepada orang lain. Hal itu berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam sebuah hadits shahih,

“Mimpi yang baik berasal dari Allah. Apabila seseorang di antara kalian memimpikan sesuatu yang disukainya, hendaklah tidak menceritakannya kecuali kepada orang yang akan senang (mendengarnya). Dan apabila ia memimpikan sesuatu yang tidak disukainya, hendaklah memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan mimpi tersebut dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali, serta tidak menceritakannya kepada orang lain. Sesungguhnya (dengan begitu) mimpi itu tidak membahayakannya. (HR. Al-Bukhari dalam Bad’ul khalqi, 7044 dan Muslim dalam ar-Ru’ya, 2261 )

{ Kitabud Dakwah, al-fatawa, Syaikh Ibnu Baz, hal.262-263 }

Sumber : Fatwa-Fatwa Terkini jilid 3, hal. 485-486 cet, Darul Haq, Jakarta. Diposting oleh Yusuf Al-Lomboky

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1355