Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Apakah Iblis Dari Golongan Malaikat ?
Senin, 09 April 12

Pertanyaan:

Allah Taala berfirman: ( ) : Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat:"Sujudlah kamu kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS. al-Baqarah :34), apakah Iblis dari golongan malaikat ?

Jawab:

Pada perkara ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama, ada yang mengatakan bahwa Iblis dari golongan malaikat, ini di karenakan bahwa pengecualian yang sangat jelas pada firman Allah Taala ( {73} {74}) : Lalu seluruh malaikat-malaikat itu sujud semuanya (73) Kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir. ( QS Shaad :73-74), kemudian setelah apa yang dia lakukan berupa kesombongannya dari ketaatan kepada Allah, sesungguhnya Allah menghukumnya dan memperbolehkan untuk melaknatnya, Dan ini perkataan atau pendapat yang lemah.

Yang benar adalah: bahwa Iblis bukan dari golongan Malaikat, ini berdasarkan kepada firman Allah Taala ( ) : Kecuali iblis. Dia adalah dari golongan Jin, maka ia mendurhakai perintah Rabbnya. (Qs: Al-Kahfi: 50). Yang benar bahwa dia bukan dari golongan Malaikat, karena Malaikat diciptakan dari cahaya seperti yang disebutkan di hadis (yang tercantum di dalam shahih Muslim 4/2294 dari Aisyah radhiyallahu 'anha ), sedangkan setan diciptakan dari api sebagaimana yang termaktub di dalam firman Allah Taala ( ) : Iblis Menjawab: Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (QS. Araf: 12).

[Sumber:Al-Muntaqa Min Fatawa fadilah Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdillah al-Fauzan jilid 2]

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1485