Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Do'a-Doa Husnul Khatimah Yang Tidak Ada Landasannya
Jumat, 07 Desember 12

Pertanyaan:

Saya mendengar salah seorang da'i berkata: "Para ulama berkata: "Barangsiapa yang ingin husnul Khatimah maka hendaknya memperbanyak bacaan: ( ), juga merutinkan bacaan ayat kursi dan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, dan surat Ali Imran:



27 . (QS.Ali Imran: 26-27)

Dan membaca surat Ali Imran Ayat 18:



Ini dibaca setelah selesai shalat wajib.

-Apakan benar perkataan tersebut?,
-Apa hukumnya merutinkannya setelah shalat wajib bersamaan dzikir-dzikir yang telah disyari'atkan yang datang dari As-Sunnah?

Jawaban:

Yang disyari'atkan selesai dari shalat fardhu (shalat wajib) setelah membaca dzikir yang di syari'atkan adalah membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, surat Al-falaq, An-Nas, dan juga mengulangi surat Al-Ikhlas, surat Al-falaq, An-Nas sebanyak tiga kali setelah shalat subuh dan shalat magrib.
Dan dari sebab husnul khatimah adalah beristiqamah dalam ketaatan kepada Allah ta'ala baik secara dhahir (nampak) maupun batin (tersembunyi).
Adapun apa yang anda sebutkan (di atas dari bacaan-bacaan tersebut) maka kami tidak mengetahui dalil-dalilnya baik dari Al-Qur an maupun As-Sunnah (yang menunjukan hal tersebut menjadi sebab husnul khatimah -red).


.

[Sumber: Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Buhuts Al-'Ilmiyyah Wal Ifta Ketua: Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Wakil Ketua: Abdul Aziz Alu Syaikh, Anggota: Syaikh Al-Fauzan, Syaikh Bakr Abu Zaid, di kumpulkan oleh Syaikh Ahmad Abdurrazak Ad-Dausyi]


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1545