Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Hukum Riya'
Rabu, 27 Oktober 21

Pertanyaan

Riya' termasuk syirik paling kecil (asy-Syirk al-Ashghar) sebab menusia telah mempersekutukan seseorang selain Allah di dalam ibadahnya, bahkan ia bisa mencapai syirik paling besar (asy-Syirk al-Akbar). Mengenai hal tersebut, Ibnul Qayyim-ΡσΝφγσευ Ηααευ-, telah memberikan contoh untuk syirik paling kecil akibat perbuatan riya' yang paling ringan. Ini menunjukkan bahwa riya' yang berat dan banyak terkadang bisa mencapai syirik paling besar.
Allah-ΣυΘϊΝσΗδσευ ζσΚσΪσΗασμ-berfirman,

ήυαϊ ΕφδψσγσΗ ΓσδσΗ ΘσΤσΡρ γφΛϊαυίυγϊ νυζΝσμ Εφασνψσ ΓσδψσγσΗ Εφασευίυγϊ Εφασερ ζσΗΝφΟρ έσγσδϊ ίσΗδσ νσΡϊΜυζ αφήσΗΑσ ΡσΘψφεφ έσαϊνσΪϊγσαϊ ΪσγσαπΗ ΥσΗαφΝπΗ ζσασΗ νυΤϊΡφίϊ ΘφΪφΘσΗΟσΙφ ΡσΘψφεφ ΓσΝσΟπΗ (110)


"Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku, "Bahwa sesungguhnya Ilah kamu itu adalah Ilah Yang Esa." Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadat kepada Rabbnya." (Al-Kahfi: 110).

Amal shalih adalah amal yang benar (tepat) disertai dengan keikhlasan. Amal yang disertai dengan keikhlasan adalah apa yang dilakukan dengan tujuan semata mendapatkan wajah Allah sedangkan amal yang benar adalah apa yang dilakukan sesuai dengan syariat Allah. Apa yang dilakukan dengan tujuan selain Allah, bukan dikatakan sebagai amal shalih dan apa yang dilakukan di luar ketentuan syariat Allah, bukanlah amal yang benar (tepat) bahkan akan mental kembali kepada pelakunya (ditolak). Hal ini semua berdasarkan sabda Nabi-Υσαψσμ Ηααευ Ϊσασνϊεφ ζσΣσαψσγσ-,

γσδϊ Ϊσγφασ ΪσγσαπΗ ασνϊΣσ Ϊσασνϊεφ ΓσγϊΡυδσΗ έσευζσ ΡσΟψρ


"Barangsiapa yang melakukan suatu amalan (di dalam agama) yang tidak sesuai dengan perkara kami, maka ia tertolak."

Demikian pula sabda Nabi -Υσαψσμ Ηααευ Ϊσασνϊεφ ζσΣσαψσγσ-,

ΕφδψσγσΗ ΗϊαΓσΪϊγσΗαυ ΘφΗαδφψνψσΗΚφ‘ ζσΕφδψσγσΗ αφίυαφψ ΗγϊΡφΖς γσΗ δσζσμ



"Sesungguhnya semua amal itu tergantung kepada niatnya dan sesungguhnya setiap orang itu tergantung kepada apa yang diniatkannya."

Sebagian ulama berkata, "Hadits ini adalah neraca semua amal; hadits tentang niat adalah neraca amal-amal batiniah dan hadits yang lain adalah neraca amal-amal lahiriah."

Kumpulan Fatwa-Fatwa Aqidah dari Syaikh Ibnu Utsaimin, hal. 199-200


Sumber: 'al-Fatawa asy-Syar'iyyah Fi al-Masail al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama al-Balad al-Haram,'
(Fatwa-Fatwa Syar'i Terhadap Permasalahan Kontemporer Oleh Para Ulama Kota Suci dari syaikh Khalid bin Abdurrahman al-Juraisiy).
Diposting oleh: Abdul Wakhid

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1746