Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Semua Perbuatan Tergantung kepada Niatnya
Jumat, 29 Oktober 21

Pertanyaan:

Saya telah memberikan sumbangan untuk proyek kebajikan (amal) karena segan dan malu kepada atasan langsung di dalam tugas saya. Andaikata dia memberikan pilihan bagi saya, niscaya saya tidak akan memberikan sumbangan sekalipun hanya setengah Qirsy (sejenis uang coin dari mata uang pound Mesir). Apakah saya mendapatkan pahala lengkap dari perbuatan saya tersebut sebagaimana bilamana saya memberikan sumbangan untuk proyek yang sama atas dasar hati yang baik dan pilihan diri sendiri (tanpa paksaan)? Tolong sertakan dalilnya!

Jawaban:

Bila demikian halnya sebagaimana yang anda sebutkan, maka anda tidak mendapatkan pahala atas uang yang anda sumbangkan tersebut karena anda tidak bermaksud untuk mendapatkan Wajah (keridhaan) Allah, tetapi anda lakukan itu lantaran ingin mendapatkan wajah teman (atasan) anda karena segan kepadanya. Dalam hal ini, telah terdapat hadits yang shahih dari Rasulullah - - bahwa beliau bersabda,


"Sesungguhnya semua perbuatan tergantung kepada niat, dan sesung-guhnya setiap orang, akan mendapatkan apa yang diniatkannya."

Kumpulan Fatwa-Fatwa Untuk Para Pegawai dan Pekerja, al-Lajnah ad-Daimah Li al-Buhuts al-'Ilmiyyah Wa al-Ifta, hal. 66


Sumber: 'al-Fatawa asy-Syar'iyyah Fi al-Masail al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama al-Balad al-Haram,'
(Fatwa-Fatwa Syar'i Terhadap Permasalahan Kontemporer Oleh Para Ulama Kota Suci dari syaikh Khalid bin Abdurrahman al-Juraisiy).
Diposting oleh: Abdul Wakhid
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1748