Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Bagusnya Suara Imam Memotivasi Para Makmum
Jumat, 01 April 22


Pertanyaan:

Kami membimbing sejumlah mahasiswa di asrama mereka, kami membuat program khusus untuk mereka sebagai penyuluhan, di antaranya ialah dengan mengundang seorang imam masjid yang dikenal suaranya bagus, yaitu agar ia mengimami mereka shalat Shubuh, dengan harapan bisa memberikan kesan yang baik terhadap mereka dengan al-Qur`an. Perlu diketahui, bahwa imam rawatib telah menyetujui program ini. Bagaimana hukumnya menurut pandangan syariat?

Jawaban:

Menurut saya, itu tidak apa-apa dan tidak berdosa, karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah menyimak bacaan Abu Musa al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu dan beliau terpesona, beliau pun bersabda, "Sungguh engkau telah dianugerahi salah satu seruling di antara seruling-seruling keluarga Dawud." Abu Musa berkata, "Apa engkau menyimaknya wahai Rasulullah?" "Ya." jawab beliau. "Seandainya aku tahu engkau menyimaknya, tentu aku akan membaguskannya untukmu dengan sebagus-bagusnya." Lanjut Abu Musa.

Jika imam tersebut suaranya memang bagus dan bisa memotivasi para mahasiswa, maka itu tidak apa-apa, apalagi imam rawatibnya telah mengizinkan. Bahkan perlu berterima kasih kepada imam rawatib atas izinnya demi kemaslahatan ini.

Kitab ad-Da’wah (5), Syaikh Ibnu Utsaimin (2/107-108).


Sumber: 'al-Fatawa asy-Syar'iyyah Fi al-Masail al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama al-Balad al-Haram,'
(Fatwa-Fatwa Syar'i Terhadap Permasalahan Kontemporer Oleh Para Ulama Kota Suci dari syaikh Khalid bin Abdurrahman al-Juraisiy).
Diposting oleh: Abdul Wakhid

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1819