Artikel : Fiqih - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Takziyah

Minggu, 10 Oktober 10


Dianjurkan melakukan taziah kepada orang yang mengalami musibah kematian kerabatnya, lalu menganjurkan orang tersebut agar tabah dan mendoakan mayit, berdasarkan riwayat Ibnu Majah dengan sanad (silsilah perawi) yang tsiqah dari Amru bin Hazm secara marfuu,




Setiap muslim yang menghibur (bertaziah kepada) saudaranya, pasti akan Allah selimuti dirinya dengan jubah-jubah kemuliaan di Hari Kiamat kelak. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah no. 1601.

Dalam bertaziah atau menghibur orang sakit, dapat diucapkan ungkapan, "Semoga Allah memperbanyak pahalamu, menimbulkan kegembiraan pada hatimu dan mengampuni dosa orang yang meninggalkanmu." Disebutkan oleh an-Nawawi dalam al-Adzkar hal. 126.

Untuk taziyah kematian, bisa mengucapkan seperti yang diucapkan oleh Rasulullah shallallohu 'alaihi wasallam saat cucunya meninggal dan beliau mengucapkannya untuk ibunya,




Sesungguhnya milik Allah apa yang Dia berikan dan milikNya juga apa yang Dia ambil, segala sesuatu di sisiNya memiliki ajal yang ditetapkan, hendaknya dia bersabar dan berharap pahala dari Allah.

Dianjurkan menyiapkan makanan untuk keluarga mayit berdasarkan sabda Nabi shallallohu 'alaihi wasallam,




Buatkan makanan untuk keluarga Jafar. Karena mereka sedang disibukkan oleh musibah yang mereka alami. Diriwayatkan oleh Ahmad no. 1750 dan At-Tirmidzi no. 999 dinyatakan hasan olehnya.

Waktu taziyah dimulai sejak turunnya musibah sampai dampaknya terangkat dari orang yang ditimpa, tempatnya tidak harus di rumah duka, bisa di rumah duka , bisa pula di lain tempat, tidak ada pakaian khusus dalam taziyah, pengkhususan hitam sebagai pakaian dalam hal ini tidak berdasar dalam agama, ia adalah budaya impor dari agama atau masyarakat non muslim, kaum muslimin tasyabuh dengan mereka sehingga ia menjadi sebuah kebiasaan di kalangan sebagian kaum muslimin, bahwa taziyah harus hitam. Wallahu alam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfiqih&id=200