Artikel : firqah Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - NULL,

Ahlussunnah Wal Jama'ah
oleh :



Definisi

Jamaah Islam yang lahir di universitas-universitas Mesir yang menyeru kepada jihad demi menegakkan daulah Islam dan mengembalikan Islam kepada kaum muslimin kemudian melangkah untuk mengembalikan khilafah Islamiyah.

Pendirian dan Tokoh

Jamaah Islamiyah lahir dan tumbuh di universitas-universitas Mesir di awal tujuh puluhan dalam bentuk organisasi-organisasi keagamaan setelah masa vakum yang terjadi pada gerakan-gerakan Islam dalam rangka menumbuhkan pemikiran Islam di lingkungan mahasiswa yang saat itu didominasi oleh pemikiran sekuler.

Jamaah keagamaan ini terus berkembang di lingkungan fakultas-fakultas, dasar-dasarnya mulai melebar, pemahamannya dan pandangannya terhadap gerakan Islam mulai berkembang, maka para pelopor gerakan ini berkumpul dan mendeklarasikan nama Jamaah Islamiyah dan mulai meletakkan dasar-dasar bagi jamaah.

Di mulai dari Oktober 1973 M, gerakan Islam di dalam lingkungan universitas-universitas Islam mulai mengambil langkah yang signifikan, ia mampu memimpin gerakan mahasiswa dan berhasil meraih suara terbesar dalam pemilihan ikatan mahasiswa Mesir.

Dari sini gerak dan kegiatan Jamaah Islam bertambah dan meningkat di bidang pendidikan dan pengetahuan dalam bentuk muktamar, seminar dan latihan semi militer, perhatiannya terhadap problem-problem mahasiswa semakin meningkat, bahkan merambah ke luar pagar universitas untuk memberikan solusi bagi berbagai problem masyarakat keseharian.

Tahun 1977 M, poros kepemimpinan Jamaah terbelah setelah Jamaah Ikhwan Muslimun mulai mengulang gerakannya kembali di masa itu, hal ini melahirkan arus pemikiran Jamaah yang mewakili Ikhwan dan hal ini terjadi pada sebagian fakultas di universitas Kairo dan Iskandariyah, sekalipun masih dalam taraf yang terbatas dan pengaruh yang minim, karena arus dominan bagi Jamaah adalah arus Salaf yang menguasai hampir seluruh universitas sehingga mereka mampu mendesak arus Nasrani dan sekuler.

Jamaah memiliki sikap-sikap politik terhadap beberapa peristiwa yang terjadi di bumi Mesir, seperti sikap Jamaah terhadap perundingan Kamp David, kunjungan tokoh-tokoh Zionis Israil ke Mesir dan lainnya. Jamaah juga menuntut pemerintah untuk menerapkan hukum Islam sebagai hukum negara. Hal ini membuat pemerintah terdorong untuk melakukan intervensi terhadap gerakan Jamaah dengan mengeluarkan peraturan khusus tahun 1979 M yang membatasi dan menciutkan gerakan mahasiswa.

Dari al-Mausu’ah al-Muyassarah, isyraf Dr. Mani’ al-Juhani.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexfirqah&id=1§ion=fr001