Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Kita meyakini hanya Allah Subhaanahu Wata'ala yang menciptakan dan memberi petunjuk. Dzat yang telah menciptakan alam semesta ini sendiri, Dia sendirilah yang memberi petunjuk kepada hamba-hamba-Nya, menurunkan syariat kepada mereka dan memberikan aturan yang mengikat mereka. Tidak ada yang halal kecuali yang telah dihalalkan oleh Allah dan Rasul-Nya, dan tidak ada yang haram selain apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak ada agama yang benar selain yang telah disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Allah Subhaanahu Wata'ala berfirman menjelaskan tentang kesendirian-Nya dalam mencipta,

Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu. (Az-Zumar: 62).

Firman Allah Subhaanahu Wata'ala menjelaskan tentang keesaan-Nya dalam segala urusan,

Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini. Katakanlah, Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah. (Ali Imran: 154).

Dan Allah menyebutkan kedua macam keesaan-Nya secara bersamaan dalam firman-Nya,

Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Rabb semesta alam. (Al-Araf: 54).

Firman Allah Subhaanahu Wata'ala,

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai rabb-rabb selain Allah, dan (juga mereka menjadikan Rabb) Al-Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Ilah Yang Maha Esa; tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (At-Taubah: 31).

Diriwayatkan dari Adi bin Hatim radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menemuinya sementara di lehernya ada salib terbuat dari perak, beliau membaca ayat: Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai rabb-rabb selain Allah. (QS. 9: 31). Maka saya (Adi bin Hatim) berkata, Mereka tidak menyembah orang-orang alim dan para rahib mereka. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, Bukankah mereka mengharamkan apa yang halal dan menghalalkan yang haram kemudian mereka mengikutinya? Itulah bentuk ibadah mereka kepada orang-orang alim dan rahib-rahib mereka. (HR. Ahmad dan At Tirmidzi).

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001