Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Setiap muslim harus berwala’ kepada seluruh malaikat dengan mencintainya dan menghormatinya, tidak membedakan antara satu dengan lainnya, karena mereka semua -sebagaimana yang telah dikhabarkan oleh Allah- adalah hamba-hamba yang dimuliakan, tidak pernah berbuat maksiat terhadap Allah dan selalu menjalankan apa yang diperintahkan kepada mereka. Dalam hal ini mereka satu kesatuan yang tidak terpecah atau berbeda. Diwajibkan pula bagi seorang muslim untuk selalu menghindari perbuatan buruk kepada mereka atau yang menyebabkan mereka melaknat, berupa kekufuran, kesyirikan, perbuatan dosa, bau tak sedap dan sejenisnya.

Allah Subhaanahu Wata'ala berfirman,

Þõáú ãóäú ßóÇäó ÚóÏõæðøÇ áöÌöÈúÑöíáó ÝóÅöäóøåõ äóÒóøáóåõ Úóáóì ÞóáúÈößó ÈöÅöÐúäö Çááóøåö ãõÕóÏöøÞðÇ áöãóÇ Èóíúäó íóÏóíúåö æóåõÏðì æóÈõÔúÑóì áöáúãõÄúãöäöíäó (97) ãóäú ßóÇäó ÚóÏõæðøÇ áöáóøåö æóãóáóÇÆößóÊöåö æóÑõÓõáöåö æóÌöÈúÑöíáó æóãöíßóÇáó ÝóÅöäóø Çááóøåó ÚóÏõæñø áöáúßóÇÝöÑöíäó

“Katakanlah, “Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkan (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman”. Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang yang kafir.” (Al-Baqarah: 97-98).

Orang-orang Yahudi menyangka bahwa di antara malaikat ada yang berposisi sebagai penolong atau musuh bagi mereka, Jibril –menurut prasangka mereka- adalah musuh mereka, sementara Mikail adalah penolong mereka. Allah menunjukkan bahwa mereka telah berdusta, dan menerangkan bahwa barangsiapa memusuhi Allah atau salah satu dari malaikat-Nya berarti ia telah memusuhi seluruh malaikat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

áÇó ÊóÏúÎõáõ ÇáúãóáÇóÆößóÉõ ÈóíúÊðÇ Ýöíúåö ßóáúÈñ æóáÇó ÕõæúÑóÉñ.

“Malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar.” (Muttafaq ‘Alaih).

Memelihara anjing dan gambar yang terlarang tersebut menjadikan tidak mau masuknya malaikat rahmat ke dalam rumah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ãóäú Ãóßóáó ÇáËóøæúãó æóÇáúÈóÕóáó æóÇáúßõÑóøÇÊó ÝóáÇó íóÞúÑóÈóäóø ãõÓúÌöÏóäóÇ ÝóÅöäóø ÇáúãóáÇóÆößóÉó ÊóÊóÃóÐóøì ãöãóøÇ íóÊóÃóÐóøì ãöäúåõ Èóäõæú ÂÏóãó.

“Barangsiapa makan bawang putih, bawang merah dan bawang bakung, maka janganlah ia memasuki masjid kami. Sesungguhnya malaikat terganggu dari apa yang bisa mengganggu manusia.” (Muttafaq ‘Alaih).

Memakan barang-barang tersebut bisa menyebabkan malaikat terganggu, maka hendaknya dihindari.

Rasulullah Subhaanahu Wata'ala bersabda,

ÅöÐóÇ ÏóÚóÇ ÇáÑóøÌõáõ ÇöãúÑóÃóÊóåõ Åöáìó ÝöÑóÇÔöåö ÝóÃóÈóÊú ÝóÈóÇÊó ÛóÖúÈóÇäó áóÚóäóÊúåóÇ ÇáúãóáÇóÆößóÉõ ÍóÊóøì ÊõÕúÈöÍó.

“Jika seorang lelaki mengajak istrinya ke tempat tidurnya kemudian ia enggan dan menolaknya hingga suaminya tidur dalam keadaan marah kepadanya, maka malaikat melaknat istri tersebut sampai pagi hari.” (Muttafaq ‘Alaih).

Wanita yang meninggalkan tempat tidur suaminya menyebabkan terjadinya laknat malaikat atasnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ãóäú ÃóÔÇóÑó Åöáìó ÃóÎöíúåö ÈöÍóÏöíúÏóÉò ÝóÅäóø ÇáúãóáÇóÆößóÉó ÊóáúÚóäõåõ æóÅöäú ßóÇäó ÃóÎóÇåõ áÃóÈöíúåö æóáÃõãöøåö.

“Barangsiapa mengacungkan besi ke arah saudaranya, maka malaikat melaknatnya, meski saudaranya itu adalah saudara sebapak dan seibu.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Seorang muslim yang mengacungkan senjata ke arah saudaranya menyebabkan terjadinya laknat malaikat atasnya.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001