Artikel : Kajian Islam - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits - ,

Pendidikan Anak Dalam Islam
oleh :

Di antara tanda-tandanya yang kecil: hilangnya ilmu, tersebarnya fitnah; meratanya kemungkaran; banyaknya pembunuhan dan gempa; pendeknya jarak waktu; pengakuan kenabian dari banyak dajjal (para pendusta); adanya persaingan dalam mempertinggi bangunan dari orang-orang yang asalnya tidak beralas kaki, telanjang dan miskin; kemenangan kaum muslimin atas orang Yahudi pada akhirnya, hingga pepohonan dan bebatuan bisa berbicara dan menunjukkan di mana tempat persembunyian orang-orang Yahudi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Åöäóø ãöäú ÃóÔúÑóÇØö ÇáÓóøÇÚóÉö Ãóäú íõÑúÝóÚó ÇáúÚöáúãõ æíóÙúåóÑó ÇáúÌóåúáõ æóíóÝúÔõæó ÇáÒöøäóÇ æíõÔÑóÈó ÇáúÎóãúÑõ æóíóÞöáóø ÇáÑöøÌóÇáõ æóíóßúËõÑó ÇáäöøÓóÇÁõ ÍóÊóøì íóßõæúäó áóÎöãúÓöíúäó ÇãúÑóÃóÉð ÇáúÞóíöøãõ ÇáúæóÇÍöÏõ.

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda Kiamat yaitu dihapuskannya ilmu, munculnya kebodohan, menjamurnya perzinaan, diminumnya khamr, sedikitnya julmah orang laki-laki, banyaknya jumlah wanita, hingga lima puluh orang wanita berbanding satu laki-laki.” (Muttafaq ‘Alaih).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan datang hari Kiamat hingga terjadi peperangan yang besar antara dua kelompok besar yang menyeru kepada satu hal yang sama; munculnya para dajjal pendusta yang berjumlah hampir tiga puluh, masing-masing mengaku sebagai utusan Allah; ilmu pengetahuan diangkat; terjadi banyak gempa; waktu semakin pendek; muncul fitnah; banyak terjadi pembunuhan; harta kekayaan melimpah hingga orang berharta sulit mendapatkan orang yang menerima sedekahnya, hingga ditawarkan kepada seseorang lalu ia berkata, “Saya tidak membutuhkannya” manusia saling berlomba-lomba dalam mempertinggi bangunan; seseorang yang melewati suatu kuburan berkata, “Andai saja aku ada di tempat ini!”; dan terbitnya matahari dari barat, saat matahari itu terbit, manusia semuanya beriman, tapi keimanan saat itu tidak mendatangkan manfaat bagi yang tidak beriman sebelumnya atau keimanannya tidak mendatangkan kebaikan baginya. Sungguh Kiamat akan datang padahal ada dua orang yang sudah menggelar pakaiannya (untuk jual beli) mereka tidak jadi berjual beli dan tidak sempat melipat pakaiannya. Sungguh Kiamat akan datang padahal ada seorang lelaki yang telah memerah susu tapi tidak sempat meminumnya. Sungguh Kiamat akan datang padahal ada seorang lelaki yang memperbaiki kolamnya tapi tidak sempat mengisinya dengan air. Sungguh Kiamat akan datang padahal seseorang telah mengangkat makanannya ke mulutnya tapi tidak sempat memakannya.” (HR. Al-Bukhari).

Diriwayatkan dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dikhawatirkan kalian akan dimangsa oleh umat-umat lain sebagaimana orang-orang yang makan ramai-ramai memakan makanannya…” Ada seseorang yang bertanya, “Apakah karena jumlah kami sedikit saat itu wahai Rasulullah ?” Beliau menjawab, “Justru saat itu jumlah kalian banyak, akan tetapi kalian bagaikan buih banjir. Allah mencabut rasa takut musuh-musuh kalian terhadap kalian dan melemparkan penyakit wahn ke dalam hati kalian.” Seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah wahn itu?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut kepada kematian.” (HR. Abu Dawud, Ahmad dan lainnya, hadits shahih dengan mengumpulkan semua jalan periwayatannya).

Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang-orang Yahudi memerangi kalian dan kalian mengalahkan mereka hingga bebatuan berkata, “Wahai orang muslim, ini ada orang Yahudi di belakangku, bunuhlah ia.” (Muttafaq ‘Alaih).

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=indexkajian&id=1§ion=kj001