Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
ALSOFWA Bantu Korban Kebakaran di Sunter Agung Jakarta Utara
,

Musibah kebakaran yang menimpa warga Kelurahan Sunter Agung Kec. Pademangan Jakarta Utara, tanggal 16 Maret 2004M jam 12.30 WIB, yang memakan korban lebih dari 139 rumah musnah beserta isinya, merupakan tanggung jawab kita bersama. Berdasarkan laporan berbagai media massa tersebut akhirnya ALSOFWA melalui Program Layanan Tanggap Darurat Div. Layanan Korban Bencana segera turun ke lapangan untuk melakukan segala hal yang memungkinkan untuk menangani mereka.

Akhirnya Tim Survey ALSOFWA yang melakukan survey hari Rabu, 17 Maret 2004M, pukul 08.30 - 12.00 WIB , langsung di tempat kejadian, menemukan data sebagai berikut:

  • Lebih dari 200 rumah di 3 RT hangus terbakar;
  • Tiga orang meninggal dunia: 1 orang nenek, dan 2 bayi;
  • Belum ada Posko bantuan dari Institusi pemerintah, Yayasan dan LSM kecuali 2 partai politik saja;
  • Belum ada tempat penampungan sementara;
  • Belum ada layanan kebutuhan pokok, dll.

Dan akhirnya, hari ke duanya, berbagai partai politik yang hendak mencari massa melalui Pemilu berhamburan memasang bendera dan posko, sembari memberikan bantuan para korban. Demikian juga dengan beberapa institusi pemerintah, semisal Palang Merah Indonesia, dan Dinsos DKI Jakarta Utara, dan TNI.

ALSOFWA sebagai lembaga Zakat yang konsen dan terus berkiprah dalam pemberdayaan ummat Islam melalui perbaikan aqidah, ibadah, akhlaq, dan layanan sosial sejak lebih dari 12 tahun silam, merasa terpanggil karena tidak ada satu pun lembaga zakat yang terjun ke lokasi kejadian. Akhirnya melalui Tim Layanan Korban Bencana-nya, ALSOFWA melakukan sejumlah hal penting:

  • Membagikan selimut ke seluruh KK pemilik rumah atau pengontrak yang menjadi korban kebakaran, setelah sebelumnya melakukan koordinasi dengan tokoh Islam setempat (Qadarullah, salah satu tokoh Islam setempat yang juga guru Agama Islam di sebuah sekolah Islam juga mengalami musibah kebakaran tersebut);
  • Membagikan seragam sekolah lengkap beserta buku dan alat tulis kepada adik-adik pelajar korban kebakaran, melalui sekolah Islam terdekat;
  • Mengajak sejumlah LAZ yang dianggap besar yang ada di Jakarta untuk bersama-sama berkiprah atas nama institusi Islam pengumpul zakat untuk membantu ummat yang mengalami korban bencana (melalui alokasi dana zakat atau shadaqahnya). Akan tetapi usaha terakhir ini tidak membawa hasil yang diinginkan.

Alhasil, ALSOFWA mengucapkan terima kasih kepada mereka-mereka yang meng-amanahkan sebagian rizqinya melalui ALSOFWA sehingga bisa meringankan beban penderitaan sebagian muslimin yang mengalami musibah kebakaran. Semoga amal ibadah mereka mendapat balasan yang lebih besar di sisi Allah ta'alaa dan diberkahi kehidupan dan harta mereka. Amiin.(abm)


HOTLINE PARTISIPASI
Saudara ingin berpartisipasi dalam menyukseskan program Yayasan Al-Sofwa?
Hubungi kami di 021-78836327
Atau kirimkan infaq Saudara ke :
Bank Mualamat Indonesia Cab. Fatmawati
Norek : 304.00090.15
an. YAYASAN AL-SOFWA
Jangan lupa tulis berita :
o Infaq terbuka.
o Zakat.
o atau……………(sesuai kegiatan yang Saudara niatkan)

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkegiatan&id=57