Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
KEMBALI KEPADA AL QUR’AN DAN ASSUNNAH DENGAN PEMAHAMAN SALAFUL UMMAH
Rabu, 02 Oktober 13


Åöäøó ÇáúÍóãúÏó áöáøóåö äóÍúãóÏõåõ æóäóÓúÊóÚöíúäõåõ æóäóÓúÊóÛúÝöÑõåú æóäóÚõæÐõ ÈöÇááåö ãöäú ÔõÑõæúÑö ÃóäúÝõÓöäóÇ æóãöäú ÓóíøöÆóÇÊö ÃóÚúãóÇáöäóÇ¡ ãóäú íóåúÏöåö Çááåõ ÝóáÇó ãõÖöáøó áóåõ æóãóäú íõÖúáöáú ÝóáÇó åóÇÏöíó áóåõ.

ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ æóÃóÔúåóÏõ Ãóäøó ãõÍóãøóÏðÇ ÚóÈúÏõåõ æóÑóÓõæúáõåõ.

Çóááøóåõãøó Õóáøö æóÓóáøöãú Úóáóì ÑóÓõæúáö Çááåö æóÚóáóì Âáöåö æóÃóÕúÍóÇÈöåö æóãóäú ÊóÈöÚóåõ Åöáóì íóæúãö ÇáúÞöíóÇãóÉö.

íóÇÃóíøõåÇó ÇáøóÐöíúäó ÁóÇãóäõæÇ ÇÊøóÞõæÇ Çááåó ÍóÞøó ÊõÞóÇÊöåö æóáÇó ÊóãõæúÊõäøó ÅöáÇøó æóÃóäÊõãú ãøõÓúáöãõæúäó.

íóÇÃóíøõåóÇ ÇáäøóÇÓõ ÇÊøóÞõæúÇ ÑóÈøóßõãõ ÇáøóÐöíú ÎóáóÞóßõãú ãøöäú äóÝúÓò æóÇÍöÏóÉò æóÎóáóÞó ãöäúåóÇ ÒóæúÌóåóÇ æóÈóËøó ãöäúåõãóÇ

ÑöÌóÇáÇð ßóËöíúÑðÇ æóäöÓóÂÁð æóÇÊøóÞõæÇ Çááåó ÇáøóÐöíú ÊóÓóÂÁóáõæúäó Èöåö æóÇúáÃóÑúÍóÇãó Åöäøó Çááåó ßóÇäó Úóáóíúßõãú ÑóÞöíúÈðÇ.

íóÇÃóíøõåóÇ ÇáøóÐöíúäó ÁóÇãóäõæÇ ÇÊøóÞõæÇ Çááåó æóÞõæúáõæúÇ ÞóæúáÇð ÓóÏöíúÏðÇ. íõÕúáöÍú áóßõãú ÃóÚúãóÇáóßõãú æóíóÛúÝöÑú áóßõãú ÐõäõæúÈóßõãú æóãóäú íõØöÚö Çááåó æóÑóÓõæúáóåõ ÝóÞóÏú ÝóÇÒó ÝóæúÒðÇ ÚóÙöíúãðÇ.

ÃóãøóÇ ÈóÚúÏõº ÝóÅöäøó ÃóÕúÏóÞó ÇáúÍóÏöíËö ßöÊóÇÈõ Çááåó¡ æóÎóíúÑó ÇáåóÏúíö åóÏúíõ ãõÍóãøóÏò Õóáøóì Çááå Úóáóíúåö æóÓóáøóãó æóÔøóÑó ÇáÃõãõæÑö ãõÍúÏóËóÇÊõåóÇ æóßõáøó ãõÍúÏóËóÉò ÈöÏúÚóÉñ æóßõáøó ÈöÏúÚóÉò ÖóáÇóáóÉñ æóßõáøó ÖóáÇóáóÉò Ýöí ÇáäøóÇÑö.

Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah

Dari atas mimbar ini, saya wasiatkan kepada diri saya pribadi dan kepada seluruh jamaah yang hadir, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah, dengan tidak bosan untuk selalu mengoreksi langkah-langkah kita dalam menjalani kehidupan di dunia fana ini, sudah sesuaikah dengan petunjuk yang diberikan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam .

Jama’ah Jumu’ah arsyadakumullah

Bila kita cermati keadaan kita, kita dapati, krisis ekonomi dan berbagai krisis yang mendera bangsa kita tak kunjung berakhir. Angka kejahatan di masyarakat kita -dari hari ke hari- semakin meningkat. Pencurian, perampokan, penjarahan, perkosaan dan berbagai bentuk kejahatan lainnya setiap harinya menghiasi halaman-halaman surat kabar dan media massa lainnya. Kebebasan ummat Islam untuk melaksanakan syari’at Allah pun dirampas. Kiranya inilah dzull, kehinaan yang ditimpakan oleh Allah kepada kita, seperti disabdakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam .

ÅöÐóÇ ÊóÈóÇíóÚúÊõãú ÈöÇáúÚöíúäóÉö æóÃóÎóÐúÊõãú ÃóÐúäóÇÈó ÇáúÈóÞóÑö æóÑóÖöíúÊõãú ÈöÇáÒøóÑúÚö æóÊóÑúßõÊõã ÇáúÌöåóÇÏó¡ ÓóáøóØó Çááåõ Úóáóíúßõãú ÐõáÇøð áÇó íóäúÒöÚõåõ Úóäúßõãú ÍóÊøóì ÊóÑúÌöÚõæúÇ Åöáóì Ïöíúäößõãú. (ÕÍíÍ¡ ÑæÇå ÃÍãÏ æÃÈæ ÏÇæÏ æÇáÈíåÞí æÛíÑåã).


“Jika kalian sudah berdagang dengan ‘inah, rela dengan pertanian, mengikuti ekor-ekor sapi (ternak) dan meninggalkan jihad, niscaya Allah akan menguasakan kehinaan pada kalian yang tidak diangkat kehinaan tersebut sampai kalian kembali kepada dien kalian.” (Hadist shahih riwayat Ahmad, Abu Daud, Al-Baihaqi, dan yang lain).

Hadis ini memberitahukan kepada kita bahwa kehinaan yang menimpa kita bahwasanya disebabkan oleh kesalahan-kesalahan yang kita perbuat.

Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah

Hari ini, kita telah jauh dihanyutkan oleh kecintaan kepada kehidupan dunia. Dan di dalam hati kita pun tiada lagi tempat untuk menggelorakan semangat juang, berjihad fi sabilillah.

Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah

Tidak ada makhraj, jalan keluar dari semua kehinaan yang meliputi kita kecuali dengan kembali kepada dien kita, Islam.

Ketika cabang-cabang Islam sudah tidak terpelihara, sudah lama ditinggalkan, berarti akarnya pun rapuh. Maka, kembali kepada Islam berarti kembali kepada akarnya, kembali mengokohkan pondasinya, Al-Qur’an dan As-Sunnah. Seperti dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

ÝóÏöíúäõ ÇáúãõÓúáöãöíúäó ãóÈúäöíøñ Úóáóì ßöÊóÇÈö Çááåö æóÓõäøóÉö ÑóÓõæúáö Çááåö æóãóÇ ÇÊøóÝóÞóÊú Úóáóíúåö ÇúáÃóÆöãøóÉõ¡ ÝóåóÐöåö ÇáËøóáÇóËóÉõ ÃõÕõæúáñ ãóÚúÕõæúãóÉñ. (ãÌãæÚÉ ÝÊÇæì ÇÈä ÊíãíÉ).



Dien kaum muslimin dibangun atas dasar; Mengikuti Kitabullah, Sunnah RasulNya dan kesepakatan para imam (Ijma’). Ini adalah tiga pokok landasan yang maksum.

Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah

Ada satu fenomena yang mencengangkan sekaligus membingungkan. Jika kita menyimak apa yang disampaikan oleh para khatib, para da’i atau pun penceramah yang rajin tampil di televisi, radio atau surat kabar, mereka semua mengaku mengajak ummat ini kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Hanya saja apa yang mereka sampaikan pada kenyataannya sering bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan kita pun jadi bingung, mana di antara mereka yang benar-benar kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sebab tidak mungkin Al-Qur’an dan As-Sunnah memerintahkan sekaligus melarang satu amalan tertentu.

Sebenarnyalah, keadaan ini persis seperti yang disampaikan oleh sahabat Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu 'anhu .

Åöäøóßõãú ÓóÊóÌöÏõæúäó ÃóÞúæóÇãðÇ íóÒúÚóãõæúäó Ãóäøóåõãú íóÏúÚõæúäóßõãú Åöáóì ßöÊóÇÈö Çááåö æóÞóÏú äóÈóÐõæúåõ æóÑóÇÁó ÙõåõæúÑöåöãú ÝóÚóáóíúßõãú ÈöÇáúÚöáúãö æóÅöíøóÇßõãú æóÇáÊøóÈóÏøõÚó æóÅöíøóÇßõãú æóÇáÊøóäóØøõÚó æóÅöíøóÇßõãú æóÇáÊøóÚóãøõÞó æóÚóáóíúßõãú ÈöÇáúÚóÊöíúÞö. (ÑæÇå ÇááÇáßÇÆí Ýí ÔÑÍ ÃÕæá ÇÚÊÞÇÏ Ãåá ÇáÓäÉ æÇáÌãÇÚÉ).



Kalian akan menemui golongan-golongan yang mengaku mengajak kalian kepada Kitabullah, padahal mereka menaruhnya di belakang punggung mereka. Maka kalian harus berilmu dan jangalah berbuat bid’ah, janganlah berlebih-lebihan dalam beramal atau pun perkataan dan berpeganglah kepada para pendahulu (salaf). (HR. Al-Lalika’iy).

Sungguh, sahabat Abdullah bin Mas’ud adalah sahabat yang sangat paham terhadap Kalamullah dan Sunnah Nabi shallallohu 'alaihi wasallam. Sebab Allah berfirman:

æóÇáÓøóÇÈöÞõæäó ÇáúÃóæøóáõæäó ãöäó ÇáúãõåóÇÌöÑöíäó æóÇáúÃóäúÕóÇÑö æóÇáøóÐöíäó ÇÊøóÈóÚõæåõãú ÈöÅöÍúÓóÇäò ÑóÖöíó Çááøóåõ Úóäúåõãú æóÑóÖõæÇ Úóäúåõ æóÃóÚóÏøó áóåõãú ÌóäøóÇÊò ÊóÌúÑöí ÊóÍúÊóåóÇ ÇáúÃóäúåóÇÑõ ÎóÇáöÏöíäó ÝöíåóÇ ÃóÈóÏðÇ Ðóáößó ÇáúÝóæúÒõ ÇáúÚóÙöíãõ [ÇáÊæÈÉ/100]

“Dan orang-orang yang terdahulu lagi pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka Surga-Surga yang mengalir di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.”

(At-Taubah: 100).

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa Allah telah meridhai para sahabat Muhajirin dan Anshar. Makanya Allah ridha terhadap aqidah mereka, perkataan mereka dan perbuatan mereka. Selanjutnya Allah menjelaskan bahwa Dia juga meridhai orang-orang yang mau mengikuti mereka dengan baik. Mengikuti mereka dalam artian meyakini aqidah mereka, mengamalkan dan tidak menyelisihi pendapat mereka dan mencontoh sikap dan perbuatan mereka. Jannah, Surga yang abadi telah Allah janjikan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

ÎóíúÑõ ÇáäøóÇÓö ÞóÑúäöíú Ëõãøó ÇáøóÐöíúäó íóáõæúäóåõãú Ëõãøó ÇáøóÐöíúäó íóáõæúäóåõãú¡ Ëõãøó íóÌöíúÁõ ÃóÞúæóÇãñ ÊóÓúÈöÞõ ÔóåóÇÏóÉõ ÃóÍóÏöåöãú íóãöíúäóåõ æóíóãöíúäõåõ ÔóåóÇÏóÊóåõ. (ÑæÇå ÇáÅãÇã ÃÍãÏ Ýí ãÓäÏå æÇáÈÎÇÑí æãÓáã).

“Sebaik-baik manusia adalah pada masaku kemudian masa setelahku, kemudian masa setelah itu, kemudian datang suatu kaum yang kesaksiannya mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului kesaksiannya.”

(HR. Ahmad, Al-Bukhari dan Muslim)

Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah

Hadits di atas memberikan jaminan, sebaik-baik manusia, dalam segala hal adalah generasi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam atau para sahabat, kemudian generasi tabi’in dan kemudian generasi tabi’ut tabi’in. mereka adalah sebaik-baiknya manusia; aqidahnya, perkataannya, dan perbuatannya. Merekalah salafus shalih, yang pantas kita jadikan sebagai suri tauladan.

Asy-Sya’bi, salah seorang seorang tabi’in berpesan:

Úóáóíúßó ÈöÂËóÇÑö ÇáÓøóáóÝö æóÅöäú ÑóÝóÖóßó ÇáäøóÇÓõ æóÅöíøóÇßó æóÂÑóÇÁó ÇáÑøöÌóÇáö æóÅöäú ÒóÎúÑóÝõæúåóÇ áóßó ÈöÇáúÞóæúÑö. (ÅÚáÇã ÇáãæÞÚíä).


Berpeganglah kepada peninggalan para salaf walaupun karenanya kamu ditolak oleh orang banyak, jauhilah pendapat para tokoh, walaupun mereka menghiasi perkataan mereka.

Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah

Maka jelaslah sudah bahwa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah yang benar adalah memahami keduanya dengan metode dan pemahaman para salaf us shalih.

ÈóÇÑóßó Çááåõ áöíú æóáóßõãú Ýöí ÇáúÞõÑúÂäö ÇáúÚóÙöíúãö¡ æóäóÝóÚóäöíú æóÅöíøóÇßõãú ÈöãóÇ Ýöíúåö ãöäó ÇúáÂíóÇÊö æóÇáÐøößúÑö ÇáúÍóßöíúãö¡ æóÞõáú ÑóÈøö ÇÛúÝöÑú æóÇÑúÍóãú æóÃóäúÊó ÎóíúÑõ ÇáÑøóÇÍöãöíúäó.



Khutbah Kedua

Åöäøó ÇáúÍóãúÏó áöáøóåö æóÇáÕøóáÇóÉõ æóÇáÓøóáÇóãõ Úóáóì ÑóÓõæúáö Çááåö æóÂáöåö æóÃóÕúÍóÇÈöåö æóãóäú ÊóÈöÚóåõ Åöáóì íóæúãö ÇáúÞöíóÇãóÉö. ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááå æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíúßó áóåõ æóÃóÔúåóÏõ Ãóäøó ãõÍóãøóÏðÇ ÚóÈúÏõåõ æóÑóÓõæúáõåõ. ÃóãøóÇ ÈóÚúÏõº


ÃõæúÕöíúßõãú æóÅöíøóÇíó äóÝúÓöíú ÈöÊóÞúæóì Çááåö¡ ÝóÞóÏú ÝóÇÒó ÇáúãõÄúãöäõæúäó ÇáúãõÊøóÞõæúäó.



Jama’ah Jum’ah arsyadakumullah


Pada khutbah yang kedua ini marilah kita hayati apa yang disampaikan oleh sahabat Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu 'anhu . Beliau berkata:

ãóäú ßóÇäó ãõÊóÃóÓøöíðÇ ÝóáúíóÊóÃóÓøó ÈöÃóÕúÍóÇÈö ÑóÓõæúáö Çááå ÝóÅöäøóåõãú ÃóÈóÑøõ ÞõáõæúÈðÇ æóÃóÚúãóÞõåóÇ ÚöáúãðÇ æóÃóÞóáøõåóÇ ÊóßóáøõÝðÇ æóÃóÞúæóãõåóÇ åóÏúíðÇ æóÃóÍúÓóäõåóÇ ÍóÇáÇð¡ Þóæúãñ ÇöÎúÊóÇÑóåõãõ Çááåõ áöÕõÍúÈóÉö äóÈöíøöåö æóÅöÞóÇãóÉö Ïöíúäöåö¡ ÝóÇÚúÑöÝõæúÇ áóåõãú ÝóÖúáóåõãú æóÇÊøóÈöÚõæúÇ ÂËóÇÑóåõãú ÝóÅöäøóåõãú ßóÇäõæúÇ Úóáóì ÇáúåõÏóì ÇáúãõÓúÊóÞöíúãö. (ÅÚáÇã ÇáãæÞÚíä¡ 4/139).

Barangsiapa yang akan mengikuti seseorang hendaklah ia mengikuti para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam . Karena sesungguhnya hati mereka adalah sebaik-baik hati manusia. Ilmu mereka adalah sedalam-dalam ilmu manusia. Mereka paling sedikit bebannya (tidak mengada-ada urusan yang memberatkan diri), paling lurus jalan (hidup)nya dan paling baik keadaan (akhlaq)nya. Suatu kaum yang dipilih oleh Allah untuk menjadi sahabat NabiNya dan menegakkan dienNya, maka ketahuilah keutamaan mereka dan ikutilah atsar-atsarnya (jejak langkahnya) karena sungguh mereka berada di atas jalan yang lurus.

Marilah kita akhiri khutbah ini dengan memohon kepada Allah.

Çóááøóåõãøó Õóáøö Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì Âáö ãõÍóãøóÏò ßóãóÇ ÕóáøóíúÊó Úóáóì ÅöÈúÑóÇåöíúãó æóÚóáóì Âáö ÅöÈúÑóÇåöíúãó¡ Åöäøóßó ÍóãöíúÏñ ãóÌöíúÏñ. æóÈóÇÑößú Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì Âáö ãõÍóãøóÏò ßóãóÇ ÈóÇÑóßúÊó Úóáóì ÅöÈúÑóÇåöíúãó æóÚóáóì Âáö ÅöÈúÑóÇåöíúãó¡ Åöäøóßó ÍóãöíúÏñ ãóÌöíúÏñ.

ÑøóÈøóäó ÅöäøóäóÇ ÓóãöÚúäóÇ ãõäóÇÏöíðÇ íõäóÇÏöí áöáÅöíãóÇäö Ãóäú ÁóÇãöäõæÇ ÈöÑóÈøößõãú ÝóÆóÇãóäøóÇ ÑóÈøóäóÇ ÝóÇÛúÝöÑú áóäóÇ ÐõäõæÈóäóÇ æóßóÝøöÑúÚóäøóÇ ÓóíøöÆóÇÊöäóÇ æóÊóæóÝøóäóÇ ãóÚó ÇúáÃóÈúÑóÇÑö. ÑóÈøóäóÇ æóÁóÇÊöäóÇ ãóÇ æóÚóÏÊóäóÇ Úóáóì ÑõÓõáößó æóáÇó ÊõÎúÒöäóÇ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö Åöäøóßó áÇó ÊõÎúáöÝõ ÇáúãöíÚóÇÏó.

ÑóÈøóäó ÁóÇÊöäóÇ Ýöí ÇáÏøõäúíóÇ ÍóÓóäóÉð æóÝöí ÇúáÃóÎöÑóÉö ÍóÓóäóÉð æóÞöäóÇ ÚóÐóÇÈó ÇáäøóÇÑö.

ÑóÈøóäóÇ ÇÕúÑöÝú ÚóäøóÇ ÚóÐóÇÈó Ìóåóäøóãó Åöäøó ÚóÐóÇÈóåóÇ ßóÇäó ÛóÑóÇãðÇ.

ÑóÈøóäóÇ åóÈú áóäóÇ ãöäú ÃóÒúæóÇÌöäóÇ æóÐõÑøöíøóÇÊöäóÇ ÞõÑøóÉó ÃóÚúíõäò æóÇÌúÚóáúäóÇ áöáúãõÊøóÞöíäó ÅöãóÇãðÇ.

Çóááøóåõãøó ÃóÕúáöÍú áóäóÇ ÏöíúäóäóÇ ÇáøóÐöíú åõæó ÚöÕúãóÉõ ÃóãúÑöäóÇ¡ æóÃóÕúáöÍú áóäóÇ ÏõäúíóÇäóÇ ÇáøóÊöíú ÝöíúåóÇ ãóÚóÇÔõäóÇ¡ æóÃóÕúáöÍú

áóäóÇ ÂÎöÑóÊóäóÇ ÇáøóÊöíú ÅöáóíúåóÇ ãóÚóÇÏõäóÇ¡ æóÇÌúÚóáö ÇáúÍóíóÇÉó ÒöíóÇÏóÉð áóäóÇ Ýöíú ßõáøö ÎóíúÑò¡ æóÇÌúÚóáö ÇáúãóæúÊó ÑóÇÍóÉð áóäóÇ ãöäú ßõáøö ÔóÑøò.

ÑóÈøóäóÇ ÇÛúÝöÑú áóäóÇ æóáÅöÎúæóÇäöäóÇ ÇáøóÐöíúäó ÓóÈóÞõæúäóÇ ÈöÇúáÅöíúãóÇäö æóáÇó ÊóÌúÚóáú Ýöíú ÞõáõæúÈöäóÇ ÛöáÇøð áøöáøóÐöíúäó ÁóÇãóäõæúÇ ÑóÈøóäóÇ

Åöäøóßó ÑóÁõæúÝñ ÑøóÍöíúãñ.

æóÕóáøóì Çááåõ Úóáóì ãõÍóãøóÏò æóÚóáóì Âáöåö æóÃóÕúÍóÇÈöåö ÃóÌúãóÚöíúäó. æóÇáúÍóãúÏõ áöáøóåö ÑóÈøö ÇáúÚóÇáóãöíúäó.



Oleh: Imtihan Syafi’i

(Sumber: Dikutip dari buku "Kumpulan Khutbah Jum’at Pilihan Setahun," Edisi Pertama, Darul Haq, Jakarta)


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkhutbah&id=314