Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Diantara Akhlak Rasulullah Shallallohu 'alaihi wasallam
Rabu, 29 Januari 14


إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ

وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ ...

فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Kaum Muslimin, rahimakumullah

Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan terus berupaya menjalankan perintah-perintahNya dan menjauhi semua laranganNya. Diantara perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada kita adalah perintah agar kita mengikuti Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam adalah teladan terbaik bagi kaum Mukminin.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا اللهَ وَالْيَوْمَ اْلأَخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah (QS al-Ahzab: 21)

Untuk meneladani dan mengikuti Beliau shallallahu 'alaihi wasallam, kita terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana Beliau shallallahu 'alaihi wasallam dalam kehidupannya. Maka pada hari ini, kita akan sedikit saling mengingatkan tentang keagungan pribadi dan akhlak Muhammad Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Semoga dengan mengenal dan terus mengingatnya, kita akan semakin terpacu untuk mengikuti Beliau shallallahu 'alaihi wasallam.

Kaum Muslimin, rahimakumullah

Pribadi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah pribadi yang sangat agung, yang menjunjung tinggi akhlak mulia. Akhlak beliau shallallahu 'alaihi wasallam memadukan antara pemenuhan terhadap hak Allah, sebagai Rabbnya dan penghargaan kepada sesama manusia. Dengannya, hidup menjadi bahagia dan akhirnya berubah manis. Bagaimanakah akhlak Rasulullah itu? Berikut diantaranya:

Muhammad Rasulullah Shallallohu 'alaihi wasallam adalah seorang hamba yang banyak sekali bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas nikmat-nikmatNya dan sering bertaubat dan beristigfar. Bahkan beliau shallallahu 'alaihi wasallam pernah shalat sampai kedua kaki beliau shallallahu 'alaihi wasallam bengkak, sehingga ada yang mengatakan:

يا رسول الله غفر الله لك ما تقدم من ذنبك وما تأخر قال أفلا أكون عبدا شكورا

"Wahai Rasulullah! Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lewat dan yang datang?" Beliau shallallahu 'alaihi wasallam dengan ringan menjawab, "Apakah aku tidak mau menjadi hamba yang banyak bersyukur?!"

Meski beliau shallallahu 'alaihi wasallam sangat pandai bersyukur kepada atas segala limpahan nikmat-Nya, beliau shallallahu 'alaihi wasallam tetap saja banyak beristighfar, memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

والله إنى لأستغفر الله وأتوب إليه في اليوم أكثر من سبعين مرة

"Demi Allah! Sesungguhnya aku beristigfar, memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala lebih dari 70 kali dalam sehari."

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga sangat takut terhadap murka Allah Subhanahu wa Ta'ala jika beliau melihat gumpalan awan, terlihat di wajah beliau shallallahu 'alaihi wasallam isyarat seakan tidak suka. Aisyah radhiyallahu 'anha pernah menanyakan hal tersebut, "Wahai Rasulullah ! orang-orang umumnya senang melihat gumpalan awan karena berharap guyuran hujan, sementara engkau terlihat tidak suka." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

يا عائشة وما يؤمنني أن يكون فيه عذاب قد عذب قوم بالريح

"Wahai Aisyah! Adakah yang memberi jaminan kepadaku bahwa tidak ada adzab dibalik awan itu? Karena ada juga kaum yang diadzab dengan menggunakan angin."

Meski demikian, beliau shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling berani. Pada suatu malam penduduk Madinah dikejutkan oleh suara keras, sehingga mereka semua bergegas menuju kearah suara. Saat mereka sedang berangkat menuju sumber suara, justru mereka berjumpa dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang sedang dalam perjalanan pulang dari sumber suara. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam telanh mendatangi sumber suara sebelum yang lain.

Kaum Muslimin, rahimakumullah

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga seorang yang sangat lembut dan tidak tergesa-gesa. Suatu ketika beliau shallallahu 'alaihi wasallam pernah berjumpa dengan seorang arab badui lalu orang itu menarik selendang yang beliau shallallahu 'alaihi wasallam kenakan di pundak sehingga meninggalkan bekas pada pundak beliau shallallahu 'alaihi wasallam . lalu orang itu berkata, "Wahai Muhammad, berilah aku sebagian dari harta yang Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan kepadamu!" Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak marah. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menoleh dan menyuruh kepada para sahabatnya agar memberikan sesuatu kepada orang ini.

Kisah lain datang dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu yang pernah tinggal dan membantu beliau shallallahu 'alaihi wasallam selama 10 tahun, baik dalam perjalanan maupun ketika di rumah. Anas radhiyallahu 'anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selama 10 tahun tidak pernah mengatakan 'Uh' kepadanya. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga tidak pernah menyalahkan Anas radhiyallahu 'anhu terhadap apa yang dilakukan, dengan mengatakan, "Kenapa engkau melakukan ini?" atau terhadap apa yang tidak dilakukan, dengan mengatakan, "Kenapa engkau tinggalkan?"

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah memukul siapapun dengan tangan beliau, meskipun seorang pembantu kecuali dalam kondisi jihad fi sabilillah. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga tidak pernah melakukan aksi pembalasan terhadap semua perlakuan buruk yang beliau shallallahu 'alaihi wasallam alamai kecuali jika perlakuan buruk tersebut sudah masuk kategori pelanggaran terhadap apa yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala , maka saat itu beliau shallallahu 'alaihi wasallam melakukan pembalasan karena Allah Subhanahu wa Ta'ala .

Betapa tinggi serta muli akhlak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

و إنك لعلى خلق عظيم

"Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung." (al-Qalam: 4)

Kaum Muslimin, rahimakumullah

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam orang yang paling agung, paling mulia dan paling luhur akhlaknya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah melakukan perbuatan nista, tidak pernah mencela dan beliau shallallahu 'alaihi wasallam bukanlah tipe orang yang suka malaknat.

Jika beliau shallallahu 'alaihi wasallam diberi dua pilihan, maka beliau akan memilih yang paling ringan dan mudah selama pilihan yang paling ringan dan mudah itu tidak mengandung dosa. Jika mengandung dosa, maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling jauh darinya.

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga adalah seorang yang sangat dermawan terutama pada bulan Ramadhan. Kedermawanan beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengalahkan angin yang berhembus. Jika ada yang meminta sesuatu kepada beliau shallallahu 'alaihi wasallam atas nama islam, maksudnya untuk memotivasinya agar masuk, maka pasti beliau akan berikan, meskipun itu besar. Perhatikanlah ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan sekawanan kambing kepada seorang laki-laki. Setelah mendapatkan pemberian yang sangat banyak tersebut, orang itu pulang ke kaumnya dan mengatakan:

يا قوم أسلموا فإن محمدا يعطيني عطاء من لا يخشى الفاقة

"Wahai kaumku, masuklah kalian ke agama Islam, karena Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam memberikan sesuatu sebagaimana pemberian orang yang tidak takut kemiskinan."

Kaum Muslimin, rahimakumullah

Akhlak mulia beliau shallallahu 'alaihi wasallam berikutnya adalah beliau sangat zuhud terhadap dunia, padahal beliau Rasulullah, utusan Allah Subhanahu wa Ta'ala , Rabb yang maha kaya. Jika beliau menginginkan dunia, maka pasti beliau bisa mendapatkannya, namun beliau tidak menginginkannya. Ketika beliau shallallahu 'alaihi wasallam diberikan pilihan antara hidup di dunia semaunya ataukan menemui Rabbnya, beliau shallallahu 'alaihi wasallam memilih untuk menemui Rabbnya, maksudnya meninggal.

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga pernah menahan lapar selama berhari-hari, karena tidak memiliki makanan yang bisa digunakan untuk mengganjal perut.

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkan dunia ini tanpa meninggalkan harta warisan berupa emas, perak maupun binatang ternak. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam hanya meninggalkan senjata dan baju besi beliau shallallahu 'alaihi wasallam yang digadaikan kepada seorang Yahudi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Subhanallah, bagaimanakah dengan kita ?! padahal beliau adalah Rasulullah, yang pasti terjaga dan tidak akan terperdaya oleh dunia.

أقول قولي هذا أستغفر الله لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

Khutbah Kedua

أحمد ربي وأشكره ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن نبينا محمد عبده ورسوله

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sebagai pemimpin juga sangat perhatian dengan umatnya. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam kadang jalan untuk melihat dari dekat keadaan para janda dan orang-orang miskin. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam penuhi panggilan atau undangan mereka dan jika mampu, beliau shallallahu 'alaihi wasallam memenuhi kebeutuhan mereka.

Pergaulan beliau shallallahu 'alaihi wasallam tidak hanya sebatas orang-orang dewasa saja, beliau shallallahu 'alaihi wasallam terkadang mendatangi dan mengucapkan salam kepada anak-anak kecil serta mencandai mereka. Namun perlu diingat bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah mengucapkan perkataan dusta, meski sedang bercanda. Pernah ada yang mengatakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam :

يا رسول الله إنك تداعبنا قال إني لا أقول إلا حقا

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau mencandai kami," Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya saya tidak mengucapkan apapun kecuali yang benar"

Itulah sedikit gambaran akhlak Muhammad Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, orang yang diutus oleh Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين

"Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam" (al-Anbiya': 107)

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ

اللهم افتح بيننا وبين قومنا بالحق وأنت خير الفاتحين.

اللهم إنا نسألك علما نافعا ورزقا طيبا وعملا متقبلا

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و َمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Sumber: Majalah As-Sunnah Edisi 09/Thn XVII/Rabiul Awwal 1435/Januari 2014 M.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkhutbah&id=327