Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Membaca ta’awuts dan atau bismillah sebelum takbir pada awal sholat
Senin, 15 Maret 04

Pertanyaan : Apakah diperbolehkan membaca ta’awuts dan atau bismillah sebelum takbir pada awal sholat?

Jawaban :

Akhi fillah,
Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu
Dalam masalah ibadah ada kaidah yang menyatakan bahwa asal hukum ibadah adalah tawaqquf (berhenti pada apa yang telah dinyatakan oleh syara’) hingga ada dalil yang menyatakan kebolehannya. Dalam kaitannya dengan pertanyaan anda; meskipun membaca basmalah adalah diperintahkan dalam setiap memulai suatu perbuatan namun dalam setiap ibadah ini juga sudah ada koridornya sesuai dengan dalil yang ada termasuk membaca basmalah sebelum takbir pada awal shalat. Sepanjang yang kami pelajari, tidak ditemukan dalil yang menganjurkan membaca basmalah sebelum takbir pada awal shalat. Oleh karena itu tidak perlu anda lakukan karena tetap melakukannya padahal tidak ada landasannya maka amal tersebut akan ditolak alias tidak diterima dan sia-sia bahkan dikategorikan sebagai perbuatan bid’ah, yakni melakukan suatu amalan yang tidak diperintahkan dan diperbuat oleh Rasulullah Shallallâhu 'alaihi wasallam, demikian pula dengan para shahabat dan ulama Salaf.

Adapun tentang membaca ta’awwuz sebelum itu ada dalil yang menganjurkannya yaitu hadits dari Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia melihat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sedang shalat dan membaca :

Çááå õÃóßúÈóÑõ ßóÈöíúÑðÇ æóÇáúÍóãúÏõ öááåö ßóËöíúÑðÇ æóÓõÈúÍóÇäó Çááåö ÈõßúÑóÉð æóÃóÕöíúáÇð (tiga kali)
ÃóÚõæúÐõ ÈöÇááåö ãöäó ÇáÔøóíúØóÇäö ÇáÑøóÌöíúãö ãöäú äóÝúÎöåö æóäóÝúËöåö æóåóãúÒöåö

(HR.Abu Daud, lihat Sunan Abi Daud 1/203, juga kitab “al-Kalim Ath-Thayyib” karya Ibnu Al-Qayyim yang ditashhih oleh Syekh al-Albani, hal.55). Wallahu a’lam. Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatkonsultasi&id=55