Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Data Angka Dalam Alqur’an Al-Karim

Jumat, 23 Juli 10

1. Dalam al-Qur’an ada 114 surat, di dalamnya ada 6236 ayat, semua itu tercakup dalam 30 juz, dan setiap juz terbagi menjadi dua hizb dan dengan demikian al-Qur’an tersusun dalam 60 hizb.

2. Banyaknya titik dalam al-Qur’an sekitar 1.015.030, adapun jumlah hurufnya sekitar 323.670 huruf yang tersusun dari keduanya (titik-titik dan huruf-huruf tadi) 77.934 kalimat qur’aniyah.

3. Jumlah surat Makiyah 86 surat, dan jumlah surat Madaniyah 28 surat.

4. Setiap surat dimulai dengan Bismillah kecuali surat at-Taubah, adapun surat an-Naml maka di dalamnya ada 2 Bismillah.

5. 7 surat dari al-Qur’an membawa nama Nabi (dinamai dengan nama Nabi-ed), yaitu surat : Yunus, Huud, Yusuf, Ibrahim, Muhammad, Nuh 'alaihimush Sholatu was Salam.

6. Surat yang terpanjang dalam al-Qur’an adalah surat al-Baqarah di dalamnya ada 286 ayat, dan terpaling pendek adalah surat al-Kautsar di dalamnya ada 3 ayat.

7. Surat at-Tauhid (al-Ikhlash) adalah satu-satunya surat yang di dalamnya hanya ada satu kasroh, ini selain (kasroh) yang ada pada Bismillah.

8. Surat al-Hamd (al-Fatihah) adalah surat yang pertama adapun surat an-Nas adalah surat terakhir berdasarkan urutan yang sudah dikenal yang ada di dalam mushaf, bukan berdasarkan urutan turunnya (Nuzul), maka dalam kondisi yang seperti ini (berdasarkan urutan Nuzul) jadilah surat al-‘Alaq adalah surat yang pertama turun ke dalam dada Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan surat an-Nashr adalah yang terakhir turun.

9. Lafzhil Jalalah (lafazh Allah Jalla wa ‘Alaa), dalam al-Qur’an datang sebanyak 2697 kali, 980 kali dalam kondisi marfu’ (dhommah), 592 kali dalam kondisi nashb (fathah) dan 1125 dalam kondisi jar (kasroh).

10. Kalimat æáíÊáØøÝ" berada di tengah-tengah al-Qur’an, dan huruf “Ta” di dalam kalimat tersebut berada di tengah-tengah kalimat tersebut.

11. Setiap surat dalam al-Qur’an al-Karim memiliki nama-nama khusus, dan sebagian surat memiliki lebih dari satu nama, sampai-sampai surat al-Fatihah memiliki lebih dari 20 nama.di antaranya: al-Fatihah, ummul kitab, as- Sab’u al-Matsani, al-Kanz, al-Wafiyah, al-Kafiyah, asy-Syafiyah dan lain-lain.

12.Sebagian surat namanya diambil dari al-Huruf al-Muqatha’ah (huruf-huruf terputus) yang ada di awal surat, seperti dalam surat-surat: Øå ¡ íÓ¡ Õ ¡ Þ… . Kemudian surat-surat makiyah adalah surat-surat yang turun sebelum hijrah, dan madaniyah adalah yang turun setelah hijrah. Hanya saja sebagian ulama menganggap makiyah atau madaniyahnya suatu ayat adalah tergantung/berkaitan dengan tempat turunnya, tanpa melihat hubungannya dengan hijrah.

13. Ayat yang terpendek adalah "Øå" di dalam surat yang dinamai dengan ayat tadi, adapun yang terpanjang adalah ayat 282 dari surat al-Baqarah yaitu ayat ad-Dain (hutang piutang).

14. Dua puluh sembilan surat diawali dengan al-Huruf al-Muqhatha’ah.

15. Lima surat diawali dengan "ÇáÍãÏ áÜáå" , yaitu: al-Fatihah, al-An’am, al-Kahfi, Saba’ dan al-Fathir.

16. Tujuh surat diawali dengan tasbih kepada al-Khaliq Jalla wa ‘Alaa " ÓÈÍ – íÓÈÍ – ÓÈÍÇä " , yaitu: al-Israa’, al-A’la, at-Taghabun, al-Jum’ah, ash-Shaff, al-Hasyr, dan al-Hadid.

17. Tiga surat diawali dengan "íÇ ÃíåÇ ÇáäÈí" yaitu:al-Ahzab, ath-Thalaq dan at-Tahriim.

18. Dua surat diawali dengan íÇ ÃíåÇ ÇáãÒãøá dan íÇ ÃíåÇ ÇáãÏËøÑ yaitu surat al-Muzamil dan al-Mudatsir.

19. Tiga surat diawali íÇ ÃíåÇ ÇáÐíä ÁÇãäæÇ yaitu surat al-Maidah, al-Hujurat dan al-Mumtahanah.

20. Lima surat diawali dengan Þá yaitu surat al-Jin, al-Kafirun, al-Tauhid (al-Ikhlash), al-Falaq dan an-Naas.

21. Dua surat diawali dengan íÇ ÃíåÇ ÇáäÇÓ yaitu surat al-Nisaa’ dan al-Hajj.

22. Empat surat diawali dengan ÅäøÇ yaitu surat al-Fath, Nuh, al-Qodr dan al-Kautsar.

23. Lima belas surat diawali dengan bentuk kaliamat sumpah yaitu: adz-Dzariyat, ath-Thur, an-Najm, al-Mursalat, an-Naazi’at, al-Buruuj, ath-Thaariq, al-Fajr, asy-Syams, al-Lail, adh-Dhuhaa, at-Tiin, al-‘Aadiyat, al-‘Ashr dan ash-Shaafaat.

24.15 surat dalam al-Qur’an terkandung di dalamnya ayat sajdah, 4 di antaranya wajib yaitu dalam surat Haamiim Fushilat, Haamiim as-Sajdah, an-Najm dan al-‘Alaq. Dan 11 di antaranya sunnah yaitu dalam surat al-A’raaf, an-Nahl, Maryam, al-Hajj (dua tempat), an-Naml, al-Insyiqaaq, ar-Ra’d, al-Israa’, al-Furqaan dan Shaad.

25. Datang kata Çáíæã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 349 kali, dan datang kata ÓäÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 7 kali.

26. Al-Qur’an turun sebagai penjelas terhadap segala sesuatu:


((æóäóÒøóáúäóÇ Úóáóíúßó ÇáúßöÊóÇÈó ÊöÈúíóÇäðÇ áøößõáøö ÔóíúÁ))

”Dan kami telah turunkan al-Kitab (al-Qur’an) sebagai penjelas terhadap segala sesuatu.”

Dan termasuk keindahan adalah bahwasanya penjelasannya terhadap segala sesuatu mencakup penjelasannya terhadap diri sendiri.

27. Surat-surat yang dimutlakkan (digelari) ath-Thawashiin ada 3 surat yaitu: asy-Syu’araa, an-Naml dan al-Qashash, dimutlakkan dengan nama ini karena kedua surat yang pertama dimulai dengan huruf ØÓã, dan yang terakhir (ketiga) dimulai denganØÓ, maka karena keberadaan kedua huruf ini (Tha dan siin) dinamailah surat ini dengan nama ini.

28. Al-Qur’an terbagi menjadi: as-Sab’u ath-Thiwaal (7 surat yang panjang), al-Miuun (surat yang ayatnya sekitar 100 an), al-Matsanii, dan al-Mufashshol (surat yang banyak potongan-potongan ayatnya/ayatnya pendek-pendek).

29. Salah satu tafsiran al-Huruf al-Muqhatha’seperti:"Ãáã",b]"Íã", dan ØÓã" adalah bahwasanya al-Qur’an memperingatkan bahwa orang-orang Arab tidak akan mampu membuat sesuatu seperti al-Qur’an, padahal al-Qur’an menggunakan huruf-huruf yang digunakan oleh orang-orang Arab.

30. Membaca surat al-Ikhlash ( Þá åæ Çááå ÃÍÏ...), tiga kali setara dengan khatam al-Qur’an.

31. Datang kata ÇáíåæÏ dalam al-Qur’an al-Karim sebanyak 7 kali, kata ÇáäÕÇÑì dalam al-Qur’an al-Karim sebanyak 14 kali, dan kata íåæÏíÇð æäÕÑÇäíÇð satu kali di satu ayat dalam surat Ali imron.

32. Rumah yang dibacakan di dalamnya al-Qur’an menyinari penduduk langit sebagaimana bintang-bintang di langit menyinari penduduk bumi.

33. Datang kata ÏóÑóÌóÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 4 kali di surat-surat berkut ini: al-Baqarah, an-Nisaa’, at-Taubah dan al-Hadiid.

34. Datang kata ÅÈÑÇåíã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 69 kali

35. Datang kata ÇáÅÈá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 2 kali, dalam surat al-An’am dan al-Ghasiyah.

36. Datang kata ÃÈæß dalam al-Qur’an al-karim sebanyak satu kali dalam surat Maryam.

37. Datang kata ÇáÃÑÖõ dengan didhommahkan dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 34 kali, datang kata ÇáÃÑÖó dengan difathahkan dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 86 kali, datang kata ÇáÃÑÖö dengan dikasrohkan dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 331 kali.

38. Datang kata ÇáÂÎÑÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 115 kali, dan datang kata ÇáÏäíÇ dalam al-Qur’an al-karim juga sebanyak 115 kali.

39. Datang kata ÃíåÇ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 150 kali.

40. Datang kata ÇáÈÍÑ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 33 kali, dan datang kata ÇáÈÍÇÑ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 2 kali, yaitu dalam surat at-Takwir dan al-Infithor.

41. Datang kata ÇáÈÍÑíä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 4 kali, yaitu dalam surat al-Kahfi, al-Furqon, an-Naml dan ar-Rahman.

42. Datang kata ÂÏã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 25 kali.

43. Datang kata ÅÈáíÓ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 11 kali.

44. Datang kata ÅÓãÇÚíá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 12 kali.

45. Datang kata ÅÓÑÇÆíá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 43 kali.

46. Datang kata ÃõÝ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 2 kali, yaitu dalam surat al-Israa’ dan al-Anbiyaa’.

47. Datang kata ÇáÌä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 29 kali, dan kata ÇáÌÂä 7 kali.

48. Datang kata ÇáÌäÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 60 kali, dan datang kata ÇáäÇÑ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 126 kali.

49. Datang kata ÇáäåÇÑ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 54 kali, dan datang kata Çááíá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 74 kali.

50. Datang kata ÇáÞÑÂä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 58 kali.

51. Datang kata ÇáäÇÓ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 241 kali.

52. Datang kata Åáå dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 80 kali.

53. Datang kata íæÓÝ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 27 kali, dan datang kata íÚÞæÈ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 16 kali.

54. Datang kata ãÍãÏ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 4 kali, yaitu : ali imron : 144, al-ahzab :40, Muhammad : 2, dan Al Fath : 29

55. Datang kata äæÍ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 33 kali, dan datang kata äæÍÇð dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 10 kali.

56. Datang kata ÌÈÑíá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 3 kali, yaitu dua kali dalam surat al-Baqarah dan sekali dalam surat at-Tahriim.

57. Datang kata ãÑíã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 34 kali.

58. Datang kata ÇáäÈí dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 43 kali.

59. Datang kata ÇáäÓÇÁ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 38 kali.

60. Datang kata ÇáãáÇÆßÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 68 kali.

61. Datang kata ÚíÓì dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 25 kali.

62. Datang kata ÇáÍÞ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 227 kali, dan datang kata ÇáÈÇØá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 24 kali.

63. Datang kata ÍÓäÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 28 kali, dan datang kata ÓíÆÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 22 kali.

64. Datang kata ÍÓäÇÊ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 3 kali, dan datang kata ÇáÓíÆÇÊ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 21 kali.

65. Datang kata ÚáãÇÁ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 2 kali, dalam surat asy-Syu’araa’ dan Faathir.

66. Datang kata ÚóÇáöÜã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 13 kali.

67. Datang kata ÇáÚáã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 80 kali.

68. Datang kata ãßÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak satu kali, dan datang kata ÇáãÏíäÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 14 kali.

69. Datang kata ÇáÔíØÇä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 68 kali.

70. Datang kata ÇáäæÑ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 24 kali, dan datang kata äæÑÇð dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 9 kali.

71. Datang kata ÃãÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 49 kali, datang kata ÇáÞæã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 6 kali, datang kata Þæã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 47 kali, dan kata ÞæãÇ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 40 kali.

72. Datang kata ÞÇá dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 529 kali, kata ÞÇáÇ sebanyak 3 kali, kata ÞÇáÊ sebanyak 43 kali, kata ÞÇáæÇ sebanyak 331 kali, kata ÞáÊ sebanyak 6 kali, kata ÃÞæá sebanyak 9 kali, kata ÊÞæá sebanyak 12 kali, kata äÞæá sebanyak 11 kali, kata íÞæá sebanyak 68 kali, dan kata Þíá sebanyak 49 kali.

73. Datang kata ÞæÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 28 kali.

74. Datang kata ÞæÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 28 kali, dan datang kata ÖóÚúÝò dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 2 kali.

75. Datang kata ÇáÍíæÇä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak satu kali. Dalam surat al-Ankabut.

76. Datang kata ÇáÒßÇÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 32 kali.

77. Datang kata ÇáÕáÇÉ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 27 kali.

78. Datang kata ÇáÞãÑ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 26 kali, dan datang kata ÇáäÌæã dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 9 kali, dan datang kata ÇáÔãÓ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 32 kali.

79. Surat-surat yang jumlah ayatnya hanya tiga ayat adalah: an-Nashr, al-Kautsar dan al-‘Ashr.

80. Surat-surat yang tidak ada huruf “Kaaf” nya adalah: al-Ashr, Quraisy dan al-Falaq.

81. Datang kata ÅÓÍÇÞ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 17 kali.

82. Datang kata ÓáíãÇä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 17 kali.

83. Datang kata åÇÑæä dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 20 kali.

84. Datang kata íÚÞæÈ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak 16 kali.

85. Datang kata áæØ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak dua puluh tujuh.

86. Datang kata ÕÇáÍ dalam al-Qur’an al-karim sebanyak sembilan (9) kali.
Wallahu A'lam

(Dinukil dari http://mourad39.alafdal.net/montada-f21/topic-t80.htm, diposting oleh Abu Maryam Abdusshomad)



Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=159