Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Ayat 48-49 Surat Ali Imran

Kamis, 05 Desember 13


Allah berfirman,

æóíõÚóáøöãõåõ ÇáúßöÊóÇÈó æóÇáúÍößúãóÉó æóÇáÊøóæúÑóÇÉó æóÇáúÅöäúÌöíáó (48) æóÑóÓõæáðÇ Åöáóì Èóäöí ÅöÓúÑóÇÆöíáó Ãóäøöí ÞóÏú ÌöÆúÊõßõãú ÈöÂíóÉò ãöäú ÑóÈøößõãú Ãóäøöí ÃóÎúáõÞõ áóßõãú ãöäó ÇáØøöíäö ßóåóíúÆóÉö ÇáØøóíúÑö ÝóÃóäúÝõÎõ Ýöíåö Ýóíóßõæäõ ØóíúÑðÇ ÈöÅöÐúäö Çááøóåö æóÃõÈúÑöÆõ ÇáúÃóßúãóåó æóÇáúÃóÈúÑóÕó æóÃõÍúíöí ÇáúãóæúÊóì ÈöÅöÐúäö Çááøóåö æóÃõäóÈøöÆõßõãú ÈöãóÇ ÊóÃúßõáõæäó æóãóÇ ÊóÏøóÎöÑõæäó Ýöí ÈõíõæÊößõãú Åöäøó Ýöí Ðóáößó áóÂíóÉð áóßõãú Åöäú ßõäúÊõãú ãõÄúãöäöíäó (49) [Âá ÚãÑÇä : 48 ¡ 49]


Dan Allah mengajarinya al-kitab, hikmah, Taurat dan Injil. Allah mengutuskan sebagai Rasul kepada Bani Israil seraya berkata kepada mereka, ‘Sesungguhnya aku datang kepada kalian membawa mukjizat dari Rabb kalian, sesungguhnya aku membuat burung dari tanah liat untuk kalian lalu aku meniup padanya dan ia menjadi burung hidup dengan izin Allah, aku menyembuhkan orang buta dan orang sopak, aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, aku memberitahu kalian tentang apa yang kalian makan dan kalian simpan di rumah kalian. Sesungguhnya dalam semua itu mengandung tanda bagi kekuasaan Allah bila kalian beriman.

”Dan Allah mengajarinya al-kitab.” Yang dimaksud dengan al-kitab di sini adalah kitabah, menulis. Allah mengajari Isa putra Maryam menulis.

Hikmah.” Hikmah adalah ketepatan ucapan dan perbuatan dengan kebenaran dan keadaan.

Taurat dan Injil.” Yang pertama adalah kitab Allah yang Dia turunkan kepada Musa, yang keduanya adalah kepada Isa sendiri.

Aku menyembuhkan orang buta.” Ibnu Katsir menguatkan pendapat yang berkata, yang dimaksud dengan buta di sini adalah buta bawaan lahir, karena ia lebih menguatkan sisi kemukjizatan Isa.

Pada ayat pertama, Allah menjelaskan perhatianNya kepada Isa putra Maryam dengan mengajarinya perkara-perkara yang akan dia dakwahkan sebagai seorang Rasul kepada Bani Israil. Ini adalah hal-hal pokok dan penting yang wajib dipunyai oleh seorang nabi.

Pada ayat kedua, Allah menunjuk Isa sebagai seorang Rasul dan memberinya beberapa mukjizat yang menguatkan kerasulannya:

1. Membentuk tanah liat seperti seekor burung, lalu meniupnya dan ia pun terbang hidup.

2. Menyembuhkan penyakit yang hampir mustahil disembuhkan, buta bawaan lahir dan sopak yang membuat kulit memutih.

3. Menghidupkan orang mati.

4. Ilmu ghaib tentang apa yang dimakan oleh orang dan apa yang dia simpan di rumahnya untuk esok hari.

Catatan: Semua mukjizat di atas hanya dengan izin Allah, karena seorang nabi hanya diberi, dia tidak pembuat, yang memberinya adalah Allah, jadi urusannya kembali kepada kehendak Allah.

Mukjizat-mukjizat Isa ini luar biasa, ia sudah cukup membuat orang yang mengetahuinya dan menyaksikannya beriman dan meyakini bahwa dia adalah utusan Allah, bila dia memang hendak beriman, karena mukjizat seorang Rasul menunjukkan kodrat yang mengutusnya yaitu Allah Ta’ala.

Petunjuk dua ayat:

1. Empat perkara dasar yang dikuasai oleh Isa putra Maryam hasil dengan pengajaran Allah kepadanya.

2. Isa adalah Rasul Allah kepada Bani Israil.

3. Beberapa mukjizat Isa putra Maryam.

4. Rasul adalah manusia, dia tidak bisa mendapatkan perkara luar biasa kecuali dengan izin Allah.

5. Mukjizat adalah pemberian Allah bukan rekayasa seorang rasul.

6. Fungsi mukjizat adalah menguatkan risalah seorang rasul dan membuat manusia beriman. Wallahu a'lam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=282