Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Ayat 50-51 Surat Ali Imran

Jumat, 13 Desember 13


Allah berfirman,


æóãõÕóÏøöÞðÇ áöãóÇ Èóíúäó íóÏóíøó ãöäó ÇáÊøóæúÑóÇÉö æóáöÃõÍöáøó áóßõãú ÈóÚúÖó ÇáøóÐöí ÍõÑøöãó Úóáóíúßõãú æóÌöÆúÊõßõãú ÈöÂíóÉò ãöäú ÑóÈøößõãú ÝóÇÊøóÞõæÇ Çááøóåó æóÃóØöíÚõæäö (50) Åöäøó Çááøóåó ÑóÈøöí æóÑóÈøõßõãú ÝóÇÚúÈõÏõæåõ åóÐóÇ ÕöÑóÇØñ ãõÓúÊóÞöíãñ (51) [Âá ÚãÑÇä : 50 ¡ 51]


Dan aku membenarkan Taurat yang datang sebelumku dan aku menghalalkan sebagian apa yang diharamkan atas kalian. Aku datang kepada kalian dengan membawa mukjizat dari Rabb kalian, karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatilah aku. Sesungguhnya Allah adalah Rabbku dan Rabb kalian, maka sembahlah Dia. Ini adalah jalan yang lurus.

Dan aku membenarkan Taurat yang datang sebelumku.” Yakni mengakui dan menetapkan, karena setiap nabi yang diutus akan membenarkan nabi-nabi sebelumnya dan kitab-kitab yang mereka bawa, sebab yang mengutus mereka dan yang menurunkan Kitab-kitab adalah satu, yaitu Allah.

Dan aku menghalalkan sebagian apa yang diharamkan atas kalian.” Ini menunjukkan bahwa syariat Isa menasakh sebagian syariat Taurat. Ibnu Katsir berkata, “Inilah pendapat yang shahih dari dua pendapat.”

Aku datang kepada kalian dengan membawa mukjizat dari Rabb kalian.” Mukjizat Isa sudah disebutkan pada ayat sebelum ini.

Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatilah aku.” Karena aku adalah utusan Allah.

Sesungguhnya Allah adalah Rabbku dan Rabb kalian, maka sembahlah Dia. Ini adalah jalan yang lurus.” Yakni Rabbku, Rabb kalian dan Rabb seluruh manusia adalah Allah. Ini menunjukkan bahwa Isa bukan anak Allah, sebaliknya dia adalah hamba dan utusan Allah yang menyeru manusia agar menyembah Allah dan beribadah kepadaNya.

Petunjuk ayat

1. Nabi-nabi saling membenarkan, nabi berikut membenarkan nabi sebelumnya, nabi sebelumnya mengabarkan kehadiran nabi sesudahnya dan memerintahkan umatnya agar beriman kepadanya.

2. Ditetapkannya nasakh antar syariat. Bila syariat Isa menasakh sebagian syariat Taurat, maka syariat Nabi Muhammad menasakh syariat sebelumnya, yaitu syariat Taurat dan Injil.

3. Nabi-nabi menyeru kepada ibadah kepada Allah.

4. Ibadah kepada Allah adalah jalan hidup yang lurus. Wallahu a'lam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=284