Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Apa yang Salah?
Senin, 21 April 14


Suami atau istri marah dan jengkel kepada pasangannya karena sesuatu, itu biasa, mudah bila pihak yang marah memang benar dalam marahnya lalu pihak yang dimarahi menyadari kekeliruannya, meminta maaf dan dimaafkan. Selesai. Namun ada saat suami atau istri marah terhadap pasangannya, tetapi pasangannya tidak merasa bersalah, ada kemungkinan dia memang tidak melihat perbuatannya salah atau dia memang tidak mengetahui apa yang salah dari dirinya, sehingga satu pihak marah dan jengkel terhadap pihak lain, sementara pihak lain tersebut tenang-tenang saja, seperti tidak ada sesuatu.

Untuk yang pertama, Anda marah terhadap pasangan karena menilai ada yang salah padanya, tetapi pasangan menilai apa yang Anda nilai salah bukan merupakan kesalahan, hal seperti ini wajar dan biasa terjadi, bermula dari cara pandang yang berbeda. Untuk mengatasinya Anda perlu berdialog dan berdiskusi dengannya, berusaha menyamakan sudut pandang dalam menilai sesuatu, apakah itu salah atau tidak, bila ada titik temu, itulah yang diharapkan, bila tidak maka Anda atau dia perlu bersikap dewasa dengan mengalah atau masing-masing dari kalian berdua tetap konsisten dengan penilaiannya tetapi membuka ruang tasamuh, toleransi dengan menghargai penilaian lawannya.

Untuk yang kedua, Anda marah tetapi pasangan Anda tidak mengetahui apa yang salah pada dirinya, mengatasinya adalah dengan berbicara terbuka menyatakan apa yang salah pada dirinya, jangan diam, karena diam dalam keadaan ini tidak menyelesaikan, Anda tetap marah sementara dia tidak tahu apa yang salah pada dirinya. Terbuka sajalah, tidak usah khawatir bila pasangan akan tersinggung, kalaupun dia tersinggung, wajar saja, lha wong dia manusia, dan saya yakin tidak lama, karena bagaimana pun dia adalah suami atau istrimu, tidak akan lari ke mana.

Orang-orang Arab berkata, Fi sharahah rahah. Artinya terus terang itu menenangkan. Benar, daripada Anda dongkol, hati terganjal, mendingan terus terang dan selanjutnya plong, selesai. Marah Anda reda dan dia tahu apa yang salah pada dirinya. Wallahu a'lam.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php?pilih=lihatsakinah&id=372