Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Musim Haji Pun Berlalu

Jumat, 07 Juli 23

**

Alhamdulillah.

Belum lama orang-orang yang beriman berpisah dengan sebuah musim nan utama dan waktu yang agung lagi penuh berkah, yaitu musim berhaji ke baitullah al-Haram. Di musim nan agung tersebut, orang-orang yang beriman dari seluruh penjuru dunia berkunjung ke Baitullah al-‘Atiq, mereka mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan siksa-Nya, serta bertalbiyah dengan seruan yang diulang-ulang.


" áóÈøóíúßó Çóááøóåõãøó áóÈøóíúßó "


Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu.

Sungguh, musim haji merupakan musim utama nan mulia. Pada musim tersebut, orang-orang beriman terdidik di atas segala keutamaan dan kebaikan. Mereka berbekal dengan sebaik-baik bekal. Dan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-telah berfirman kepada para hamba-Nya di sela-sela ayat-ayat tentang haji,


æóÊóÒóæøóÏõæÇ ÝóÅöäøó ÎóíúÑó ÇáÒøóÇÏö ÇáÊøóÞúæóì æóÇÊøóÞõæäö íóÇ Ãõæáöí ÇáúÃóáúÈóÇÈö [ÇáÈÞÑÉ : 197]


Berbekalah, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal. (al-Baqarah : 197)

Karena itu-wahai hamba-hamba Allah !- merupakan hal yang ditekankan sekali atas setiap orang yang beriman untuk bersemangat dan bersungguh-sungguh untuk mengambil faedah dari tempat-tempat dilakukannya rangkaian manasik haji dan dari amal-amal yang dilakukan di tempat-tempat tersebut, baik seseorang telah berhaji atau pun belum berhaji. Karena haji merupakan pendidikan keimanan di mana orang-orang yang beriman dididik di atas akhlak-akhlak yang utama dan ibadah-ibadah yang sempurna, serta kebagusan di dalam mendekatkan diri kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, jauh dari hal-hal yang dapat mendatangkan kemurkaan-Nya dan jauh pula dari larangan-larangan-Nya.

Maka, wajib atas orang-orang yang beriman menempa dirinya di madrasah ini di atas setiap keutamaan dan kebaikan. Dan oleh karena ini pula, hal ini ditekankan kepada para dai yang menyeru manusia ke jalan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan orang-orang yang perhatian terhadap pemberian nasehat kepada hamba-hamba Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, hendaknya mereka memanfaatkan kesempatan yang berkah lagi sangat berharga ini untuk menanamkan keutamaan-keutamaan, menebar adab dan mengajak manusia kepada kesempurnaan dengan penuh keikhlasan kepada Dzat yang disembah dan mengikuti petunjuk Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-.

Wahai hamba-hamba Allah !

Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, suri teladan kita telah berhaji, berhaji dengan haji yang dikenal dengan haji wada’. Di haji yang agung itu, Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- telah mengajarkan kepada umat ini amal-amal haji dan manasik-manasiknya. Dan, pada waktu yang bersamaan, dalam hajinya tersebut beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menetapkan kaedah-kaedah agama yang sangat agung dan dasar-dasarnya yang sempurnya, serta adab-adabnya yang mulia. Dalam haji itu pula beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-memberikan peringatan tentang hal-hal yang diharamkan dan tindakan-tindakan dosa. Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-juga menyerukan agar melazimi ketakwaan kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Untuk hal ini beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berkhutbah kepada manusia pada hari Arafah, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-juga berkhutbah kepada manusia pada hari Nahar (penyembelihan), beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-pun berkhutbah kepada manusia di pertengahan hari-hari tasyrik. Dalam khutbah-khutbahnya itu, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menegaskan agar melazimi agama dan berpegang teguh dengannya, berhias diri dengan adab-adabnya yang utama, dan berpegang teguh dengan prinsip-prinsip keyakinannya dan syariat-syariatnya.

Dalam bab ini, telah datang hadis-hadis yang agung dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøãó-.

Wahai hamba-hamba Allah !

Di antara perkara teragung yang ditetapkan oleh Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-dalam khutbahnya pada waktu haji wada’ adalah peringatan terhadap tindakan lancang menumpahkan darah kaum Muslimin, atau mengambil harta mereka, atau mencoreng kehormatan mereka. Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-telah menegaskan hal itu berkali-kali dengan gaya bahasa yang berbeda-beda.

Di antara hal tesebut adalah apa yang disebutkan dalam hadis Jabir bin Abdillah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ–ketika beliau-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ–menyebutkan rangkaian ibadah haji Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-. Jabir-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –mengatakan,


((ÍóÊøóì ÅöÐóÇ ÒóÇÛóÊú ÇáÔøóãúÓõ ÃóãóÑó ÈöÇáúÞóÕúæóÇÁö ÝóÑõÍöáóÊú áóåõ ÝóÃóÊóì ÈóØúäó ÇáúæóÇÏöí ÝóÎóØóÈó ÇáäøóÇÓó æóÞóÇáó Åöäøó ÏöãóÇÁóßõãú æóÃóãúæóÇáóßõãú ÍóÑóÇãñ Úóáóíúßõãú ßóÍõÑúãóÉö íóæúãößõãú åóÐóÇ Ýöí ÔóåúÑößõãú åóÐóÇ Ýöí ÈóáóÏößõãú åóÐóÇ )) ÑæÇå ãÓáã


Hingga ketika matahari telah condong, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-. perintahkan (seseorang untuk mendatangkan) al-Qashwa (untanya), lalu unta itu disiapkan untuk membawanya, lalu beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-.menuju perut lembah, lalu beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-. berkhutbah kepada khalayak manusia dan mengatakan, ‘sesungguhnya darah-darah kalian dan harta-harta kalian haram atas kalian seperti keharaman hari kalian ini, di bulan kalian ini, di negeri kalian ini (HR. Muslim).

Dan pada hari setelah hari Arafah, yaitu hari Nahar, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-.kembali berkhutbah dengan khutbah yang sangat agung. Khutbah beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-.yang sangat agung tersebut disebutkan di dalam shahihain, shahih al-Bukhari dan shahih Muslim dan yang lainnya dari kitab-kitab sunah, dari hadis Ibnu Abbas-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ- dan yang lainnya dari kalangan sahabat Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó -. Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda dalam khutbahnya pada hari Nahar,


((íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáäøóÇÓõ Ãóíøõ íóæúãò åóÐóÇ ¿ ÞóÇáõæÇ íóæúãñ ÍóÑóÇãñ ¡ ÞóÇáó ÝóÃóíøõ ÈóáóÏò åóÐóÇ ¿ ÞóÇáõæÇ ÈóáóÏñ ÍóÑóÇãñ ¡ ÞóÇáó ÝóÃóíøõ ÔóåúÑò åóÐóÇ ¿ ÞóÇáõæÇ ÔóåúÑñ ÍóÑóÇãñ ¡ ÞóÇáó ÝóÅöäøó ÏöãóÇÁóßõãú æóÃóãúæóÇáóßõãú æóÃóÚúÑóÇÖóßõãú Úóáóíúßõãú ÍóÑóÇãñ ßóÍõÑúãóÉö íóæúãößõãú åóÐóÇ Ýöí ÈóáóÏößõãú åóÐóÇ Ýöí ÔóåúÑößõãú åóÐóÇ¡ ÝóÃóÚóÇÏóåóÇ ãöÑóÇÑðÇ Ëõãøó ÑóÝóÚó ÑóÃúÓóåõ - Ãóíú Åöáóì ÇáÓøóãóÇÁö - ÝóÞóÇáó Çááøóåõãøó åóáú ÈóáøóÛúÊõ ¿ Çááøóåõãøó åóáú ÈóáøóÛúÊõ ¿ )) .


Wahai sekalian manusia ! Hari apakah ini ? Mereka menjawab : hari haram. Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bertanya lagi, ‘Negeri apakah ini’ ? Mereka menjawab, ‘Negeri haram.’ Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bertanya lagi, ‘Bulan apakah ini ?’ Mereka menjawab, ‘Bulan haram.’ Lalu, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,’Sesungguhnya darah-darah kalian, harta-harta kalian dan kehormatan kalian haram atas kalian seperti keharaman hari kalian ini, di negeri kalian ini, di bulan kalian ini.’ Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-mengulangi ungkapan-ungkapan itu berkali-kali. Kemudian beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-mengangkat kepalanya-yakni, ke langit- lalu, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-mengatakan, ‘Ya Allah ! Apakah aku telah menyampaikan ? Ya Allah ! Apakah aku telah menyampaikan ?

Lihatlah -wahai Anda seorang mukmin !-penegasan nan agung ini tentang perkara yang agung ini, yang beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- sampaikan di hari Arafah dan hari Nahar,


(( Åöäøó ÏöãóÇÁóßõãú æóÃóãúæóÇáóßõãú æóÃóÚúÑóÇÖóßõãú Úóáóíúßõãú ÍóÑóÇãñ ßóÍõÑúãóÉö íóæúãößõãú åóÐóÇ Ýöí ÈóáóÏößõãú åóÐóÇ Ýöí ÔóåúÑößõãú åóÐóÇ ))


’Sesungguhnya darah-darah kalian, harta-harta kalian, dan kehormatan kalian haram atas kalian seperti keharaman hari kalian ini, di negeri kalian ini, di bulan kalian ini.’

Dan di dalam ash-Shahih dari hadis Jarir bin Abdillah al-Bajali- ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, ia berkata,


(( ÞóÇáó áöí ÇáäøóÈöíøõ Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó Ýöí ÍóÌøóÉö ÇáúæóÏóÇÚö: ÇÓúÊóäúÕöÊú ÇáäøóÇÓó ))


Ketika haji wada’, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-mengatakan kepadaku, ‘mintalah manusia untuk diam’.

Yakni, mintalah dari mereka agar mereka diam dan memperhatikan dengan seksama.

Kemudian, beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


(( áóÇ ÊóÑúÌöÚõæÇ ÈóÚúÏöí ßõÝøóÇÑðÇ íóÖúÑöÈõ ÈóÚúÖõßõãú ÑöÞóÇÈó ÈóÚúÖò ))


Janganlah kalian kembali kafir sepeniggalku, (dengan) sebagian kalian memenggal leher sebagian yang lainnya.

Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menegaskan masalah yang besar ini, yaitu, agar jangan sampai mereka menumpahkan darah kaum Muslimin dan bersikap sebrono terhadap mereka.


áóÇ ÊóÑúÌöÚõæÇ ÈóÚúÏöí ßõÝøóÇÑðÇ


Janganlah kalian kembali kafir sepeniggalku

Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menyebut tindakan tersebut sebagai sebuah kekufuran, sebagaimana dalam sabda beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-di hadis lain,


((ÓöÈóÇÈõ ÇáúãõÓúáöãö ÝõÓõæÞñ æóÞöÊóÇáõåõ ßõÝúÑñ ))


Mencela seorang muslim merupakan kefasikan dan memeranginya merupakan kekufuran.

Kekufuran ini bukanlah kekufuran yang memindahkan seorang muslim dari agamanya, hanya saja tindakan tersebut bukan termasuk bagian dari keimanan dan bukan pula termasuk bagian dari penganut agama yang agung ini. Tindakan tersebuh hanyalah bagian dari kekufuran dan amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang kafir. Oleh karena itu, beliau -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menamakannya dengan ‘kekufuran’, seraya mengatakan,


(( áóÇ ÊóÑúÌöÚõæÇ ÈóÚúÏöí ßõÝøóÇÑðÇ íóÖúÑöÈõ ÈóÚúÖõßõãú ÑöÞóÇÈó ÈóÚúÖò ))


Janganlah kalian kembali kafir sepeniggalku, (dengan) sebagian kalian memenggal leher sebagian yang lainnya.

Dan beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menegaskan persoalan ini berkali-kali. Di antara penegasan beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-atas hal tersebut adalah apa yang datang dari beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-ketika haji wada’ dari hadis Fudhalah bin Ubaid-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-di dalam Musnad Ahmad dan yang lainnya, ia mengatakan,


((ÞóÇáó ÑóÓõæáõ Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó Ýöí ÍóÌøóÉö ÇáúæóÏóÇÚö ÃóáóÇ ÃõÎúÈöÑõßõãú ÈöÇáúãõÄúãöäö ¿ ãóäú Ãóãöäóåõ ÇáäøóÇÓõ Úóáóì ÃóãúæóÇáöåöãú æóÃóäúÝõÓöåöãú ¡ æóÇáúãõÓúáöãõ ãóäú Óóáöãó ÇáäøóÇÓõ ãöäú áöÓóÇäöåö æóíóÏöåö ¡ æóÇáúãõÌóÇåöÏõ ãóäú ÌóÇåóÏó äóÝúÓóåõ Ýöí ØóÇÚóÉö Çááøóåö ¡ æóÇáúãõåóÇÌöÑõ ãóäú åóÌóÑó ÇáúÎóØóÇíóÇ æóÇáÐøóäõæÈó ))


Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda ketika haji wada’, ‘Maukah kalian aku kabarkan kepada kalian tentang siapakah sejatinya seorang mukmin (orang yang beriman) itu ? Ia adalah orang yang manusia merasa aman atas harta dan jiwa mereka. Adapun seorang muslim sejati itu adalah siapa yang manusia selamat dari ulah lisan dan tangannya. Adapun seorang mujahid sejati itu adalah siapa yang memerangi dirinya untuk mentaati Allah. Sedangkan muhajir (orang yang berhijrah) sejati itu adalah orang yang menjauhi kesalahan-kesalan dan dosa-dosa.
Renungkanlah bagaimana mengejewantahkan keimanan dan menyempurnakan keislaman, dengan apakah hal itu dapat terwujud ?

Dan, pada saat yang sama, renungkanlah pula tentang keadaan orang yang menjulurkan tangannya untuk menumpahkan darah kaum Muslimin, dengan melakukan pembunuhan, permusuhan, tindak kelaliman, dan kebohongan, di manakah posisinya dari pengejawantahan keimanan ? dan di manakah pula posisinya dari pengejewantahan keislaman yang diserukan oleh Nabi yang mulia-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-.

Termasuk pula penegasan beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-tentang persoalan ini di dalam haji adalah apa yang diriwayatkan dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-oleh salah seorang sahabat beliau, yaitu, Salamah bin Qais al-Asyja’i-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-ia berkata, ‘Dalam haji wada’ Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


(( ÅöäøóãóÇ åõäøó ÃóÑúÈóÚñ ))


Sesungguhnya mereka itu ada empat

Yakni, empat hal yang besar dan bagian yang besar, wajib atas umat Islam untuk mewaspadainya. Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- memulai dengan gaya ungkapan ini untuk memberikan warning (peringatan) terhadap ummat ini dan penegasan akan bahaya perkara ini dan besarnya bahayanya.

Ketahuilah ! Sesungguhnya mereka ada empat, yakni, berhati-hatilah kalian terhadapat empat hal ini, wahai umat Islam.


áóÇ ÊõÔúÑößõæÇ ÈöÇááøóåö ÔóíúÆðÇ ¡ æóáóÇ ÊóÞúÊõáõæÇ ÇáäøóÝúÓó ÇáøóÊöí ÍóÑøóãó Çááøóåõ ÅöáøóÇ ÈöÇáúÍóÞøö ¡ æóáóÇ ÊóÓúÑöÞõæÇ ¡ æóáóÇ ÊóÒúäõæÇ


(Pertama) Janganlah kalian menyekutukan Allah dengan sesuatu pun

(Kedua) Janganlah kalian membunuh orang yang diharamkan Allah (untuk membunuhnya) kecuali dengan alasan yang benar

(Ketiga) Janganlah kalian mencuri

(Keempat) Janganlah kalian berzina

Dalam hadis yang agung ini, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-menasehati umatnya dan menjelaskan dosa-dosa besar ini, di mana dosa-dosa tersebut merupakan perkara yang paling berbahaya. Yaitu, menyekutukan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, membunuh jiwa yang terpelihara, bertindak lancang terhadap kehormatan yang dihormati, dan bertindak lancang terhadap harta yang dihormati.

Beliau -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- sedemikian keras dalam memberikan warning (peringatan) ini.

Dan, telah datang pula dari beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- dalam bab ini ketika berhaji wada’ baberapa wasiat yang agung untuk menekankan persoalan ini dan menjelaskan pentingnya persoalan ini, dan bahwa persoalan ini hendaknya senantiasa diperhatikan.

Wahai saudaraku, orang-orang yang beriman !

Sesungguhnya persoalan ini merupakan persoalan yang besar. Dan, perhatian terhadap persoalan ini haruslah ada kebaikan hati, yaitu, hendaknya hati itu bermaksud untuk mencari wajah Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, dan pada saat yang sama, hendaknya secara kontinyu memberikan nasehat kepada orang-orang yang memegang wewenang untuk mengurusi urusan kaum Muslim dan juga kepada kaum Muslim pada umumnya. Demikian pula, pada saat yang sama, terus melazimi jama’ah kaum Muslimin.

Apabila seseorang senantiasa menghiasi dirinya dengan sifat ini, terwujudlah pada dirinya bagian kepribadian yang mulia dan adab yang lurus, dan ia pun akan jauh sejauh-jauhnya dari tindakan sebrono ; baik terhadap harta, jiwa, maupun kehormatan saudaranya, kaum Muslimin.

Dan oleh karena agungnya kedudukan perkara ini, maka beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- benar-benar telah menegaskan pada haji wada’. Dalam hadis dari Jubair bin Muth’im-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-ia mengatakan, "Rasulullah -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-berdiri di kaki bukit Mina seraya bersabda,


äóÖøóÑó Çááøóåõ ÇãúÑóÃð ÓóãöÚó ãóÞóÇáóÊöí ÝóÈóáøóÛóåóÇ ÝóÑõÈøó ÍóÇãöáö ÝöÞúåò ÛóíúÑõ ÝóÞöíåò æóÑõÈøó ÍóÇãöáö ÝöÞúåò Åöáóì ãóäú åõæó ÃóÝúÞóåõ ãöäúåõ ¡ ËóáóÇËñ áóÇ íõÛöáøõ Úóáóíúåöäøó ÞóáúÈõ ãõÄúãöäò : ÅöÎúáóÇÕõ ÇáúÚóãóáö áöáøóåö ¡ æóÇáäøóÕöíÍóÉõ áöæõáóÇÉö ÇáúãõÓúáöãöíäó ¡ æóáõÒõæãõ ÌóãóÇÚóÊöåöãú º ÝóÅöäøó ÏóÚúæóÊóåõãú ÊõÍöíØõ ãöäú æóÑóÇÆöåöãú


“Semoga Allah menyenangkan seseorang yang mendengarkan perkataanku lalu menyampaikannya. Berapa banyak orang yang membawa berita ilmu tetapi ia bukanlah orang yang berilmu, dan beberapa banyak orang yang membawa ilmu kepada orang yang lebih berilmu darinya.' Tiga perkara dimana hati orang beriman tidak akan berkhianat kepadanya: mengikhlaskan perbuatannya hanya karena Allah, memberi nasehat kepada penguasa kaum muslimin dan bergabung dengan jama'ah (kelompok) mereka. Karena doa mereka akan selalu meliputi di belakang mereka."

Renungkanlah tiga hal yang agung ini ; mengikhlaskan perbuatannya hanya karena Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, memberi nasehat kepada penguasa kaum muslimin, dan melazimi jama’ah. Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- telah menghabarkan bahwa hati seorang muslim tidak akan berkhianat kepada tiga hal ini, yakni, hatinya akan membawa kejernihan dan kebersihan. Maka, pada semua amal yang dilakukannya seluruhnya untuk mencari wajah Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, ia menginginkan dengan amal-amalnya wajah Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, ia tidak menginginkan riya (agar dilihat atau diketahui manusia dan mendapatkan pujian dari mereka), tidak pula menginginkan sum’ah, dan ia pun tidak menginginkan bagian dari dunia dengan amal-amalnya. Kemudian, ia senang memberikan nasehat terhadap orang-orang yang berkuasa mengurusi urusan-urusan kaum Muslimin, dan ia pun melazimi jama’ah mereka, serta bersemangat melakukan hal tersebut dengan hati yang baik dan jiwa yang penuh dengan keimanan, dan berharap terhadap besarnya janji Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-.

Dan ketika hal ini -yakni, situasi aman, terpelihara dan terjaganya darah dan harta tidak akan terwujud tanpa adanya hal yang menyakitkan- mengharuskan adanya jama’ah dan kesatuan, serta kejernihan jiwa di antara umat Islam. Ketika perkaranya menuntut hal tersebut, sedangkan tidak ada jama’ah bagi kaum Muslimin kecuali dengan adanya seorang imam, Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó – mengingatkan dalam haji wada’ tentang pentingnya sikap ‘mendengar dan taat’ terhadap waliyul amri, dan beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –juga menghabarkan bahwa hal tersebut termasuk sebab yang akan memasukan ke dalam Surga.


Úóäú ÃóÈöí ÃõãóÇãóÉó ÇóáúÈóÇåöáöí ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ ÞóÇáó : ÓóãöÚúÊõ ÑóÓõæáó Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó íóÎúØõÈõ Ýöí ÍóÌøóÉö ÇáúæóÏóÇÚö ÝóÞóÇáó : ÇÊøóÞõæÇ Çááøóåó ÑóÈøóßõãú ¡ æóÕóáøõæÇ ÎóãúÓóßõãú ¡ æóÕõæãõæÇ ÔóåúÑóßõãú ¡ æóÃóÏøõæÇ ÒóßóÇÉó ÃóãúæóÇáößõãú ¡ æóÃóØöíÚõæÇ ÐóÇ ÃóãúÑößõãú ÊóÏúÎõáõæÇ ÌóäøóÉó ÑóÈøößõãú


Dari Abu Umamah al-Bahiliy-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, ia berkata, ‘Aku pernah mendengar Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –berkhutbah pada haji wada’, seraya bersabda, ‘Betakwalah kalian kepada Allah Rabb kalian, lakukanlah shalat lima waktu, berpuasalah bulan kalian (Ramadhan), tunaikan zakat harta kalian, dan taatilah orang-orang yang mengurusi urusan kalian, niscaya kalian akan masuk ke Surga Rabb kalian.

Beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –menyebutkan beberapa hal yang mewajibkan seseorang masuk ke dalam Surga. Di antara hal yang beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –sebutkan tersebut adalah sikap ‘mendengar dan taat’ terhadap waliyul amri kaum Muslimin. Dan hal demikian itu oleh karena bahwa urusan kaum Muslimin dan kemaslahatan-kemaslahatan mereka tidak mungkin untuk diatur dengan rapi kecuali dengan jama’ah, sedangkan tidak ada jama’ah kecuali dengan adanya seorang imam (pemimpin), dan tidak ada imam melainkan harus disikapi dengan ‘mendengar dan taat.’ Oleh karena ini, Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó – menegaskan hal tersebut, seraya bersabda,


((æóÃóØöíÚõæÇ ÐóÇ ÃóãúÑößõãú ))


dan taatilah orang-orang yang mengurusi urusan kalian

karena dalam hal tersebut terdapat kemaslahatan umat dan sepurna kebaikannya, tercapai ketinggiannya, tetapnya kewibawaannya, dan terwujud kemaslahatan-kemaslahatannya. Adapun apabila manusia berpecah belah, mereka membangkan terhadap waliyul amri mereka dan keluar dari jama’ah kaum Muslimin, niscaya barisan mereka akan cerai berai, kesatuan mereka akan terpecah, dan kelemahan dan ketakutan pun akan menimpa mereka.

Kita memohon kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-Dzat yang Maha Mulia semoga memberikan taufik kepada kita semua umat Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-untuk mengikuti beliau-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, melazimi jalannya, mengamalkan wasiat-wasiatnya yang mulia, nasehat-nasehatnya yang lurus, bimbingan dan arahan-arahannya yang benar, karena dialah qudwah dan uswah, panutan dan suri teladan.

Ya Allah ! Berilah kami taufik untuk dapat mengikuti nabi-Mu-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- dan melazimi jalannya yang lurus. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa dan Engkaulah Dzat yang layak menjadi tumpuan harapan, dan cukuplah Engkau (menjadi penolong) bagi kami dan Engakau adalah sebaik-baik pelindung.

Amin

(Redaksi)

Sumber :

Al-Hajju Wa At-Tadzkiru Bi Luzumi al-Jama’ati, Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-'Abbad-ÍóÝöÙóåõ Çááåõ ÊóÚóÇáóì.


Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=1027