Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Kehidupan Dunia

Jumat, 19 Juli 24
Kehidupan Dunia
***

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


æóãóÇ ÇáúÍóíóÇÉõ ÇáÏøõäúíóÇ ÅöáøóÇ áóÚöÈñ æóáóåúæñ æóáóáÏøóÇÑõ ÇáúÂÎöÑóÉõ ÎóíúÑñ áöáøóÐöíäó íóÊøóÞõæäó ÃóÝóáóÇ ÊóÚúÞöáõæäó ]ÇáÃäÚÇã: 32[


Dan kehidupan dunia ini, hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti ? (al-An’am : 32)

Ibnu Katsir-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-berkata : yakni, pada ghalibnya demikian itu.

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


æóãóÇ åóÐöåö ÇáúÍóíóÇÉõ ÇáÏøõäúíóÇ ÅöáøóÇ áóåúæñ æóáóÚöÈñ æóÅöäøó ÇáÏøóÇÑó ÇáúÂÎöÑóÉó áóåöíó ÇáúÍóíóæóÇäõ áóæú ßóÇäõæÇ íóÚúáóãõæäó ]ÇáÚäßÈæÊ: 64[


Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui. (al-Ankabut : 64)

Ibnu Katsir-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-berkata :

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- berfirman memberitakan tentang hinanya dunia dan kefanaannya, bahwa dunia itu tidaklah kekal, dan hal yang mendominasi kehidupannya adalah senda gurau dan permainan, æóÅöäøó ÇáÏøóÇÑó ÇáúÂÎöÑóÉó áóåöíó ÇáúÍóíóæóÇäõ (dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya), yakni, kehidupan yang langgeng dan sebenarnya yang tak akan hilang dan tak akan berkesudahan, bahkan kehidupannya terus berlangsung selama-lamanya.

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


Çááøóåõ íóÈúÓõØõ ÇáÑøöÒúÞó áöãóäú íóÔóÇÁõ æóíóÞúÏöÑõ æóÝóÑöÍõæÇ ÈöÇáúÍóíóÇÉö ÇáÏøõäúíóÇ æóãóÇ ÇáúÍóíóÇÉõ ÇáÏøõäúíóÇ Ýöí ÇáúÂÎöÑóÉö ÅöáøóÇ ãóÊóÇÚñ ] ÇáÑÚÏ: 26 [


Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki). Mereka bergembira dengan kehidupan dunia, padahal kehidupan dunia hanyalah kesenangan (yang sedikit) dibanding kehidupan akhirat. (ar-Ra’d : 26)

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


æóáóÇ ÊóãõÏøóäøó Úóíúäóíúßó Åöáóì ãóÇ ãóÊøóÚúäóÇ Èöåö ÃóÒúæóÇÌðÇ ãöäúåõãú ÒóåúÑóÉó ÇáúÍóíóÇÉö ÇáÏøõäúíóÇ áöäóÝúÊöäóåõãú Ýöíåö æóÑöÒúÞõ ÑóÈøößó ÎóíúÑñ æóÃóÈúÞóì ]Øå: 131[


Dan janganlah engkau tujukan pandangan matamu kepada kenikmatan yang telah kami berikan kepada beberapa golongan dari mereka, (sebagai) bunga kehidupan dunia, agar Kami uji mereka dengan (kesenangan) itu. Karunia Tuhanmu lebih baik dan lebih kekal. (Thaha : 131)

Ibnu Katsir-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-berkata :

Allah -ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- berfirman kepada Nabi-Nya Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, ‘Janganlah engkau melihat kepada apa-apa yang diberikan kepada mereka orang-orang yang hidup dalam kemewahan dan orang-orang yang semisalnya, karena sesungguhnya kenikmatan tersebut merupakan bunga kehidupan yang akan sirna dan merupakan kenikmatan yang akan berubah untuk menguji mereka dengan hal tersebut. Sementara sangat sedikit di antara hamba-hamba-Ku yang bersyukur.

Mujahid-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-mengatakan :

(Firman-Nya) (ÃóÒúæóÇÌðÇ ãöäúåõãú) (beberapa golongan dari mereka), yakni, orang-orang kaya di antara mereka. Karena sesungguhnya akan datang kepadamu sesuatu yang lebih baik daripada apa-apa yang telah diberikan kepada mereka.

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


ÇÚúáóãõæÇ ÃóäøóãóÇ ÇáúÍóíóÇÉõ ÇáÏøõäúíóÇ áóÚöÈñ æóáóåúæñ æóÒöíäóÉñ æóÊóÝóÇÎõÑñ Èóíúäóßõãú æóÊóßóÇËõÑñ Ýöí ÇáúÃóãúæóÇáö æóÇáúÃóæúáóÇÏö ßóãóËóáö ÛóíúËò ÃóÚúÌóÈó ÇáúßõÝøóÇÑó äóÈóÇÊõåõ Ëõãøó íóåöíÌõ ÝóÊóÑóÇåõ ãõÕúÝóÑøðÇ Ëõãøó íóßõæäõ ÍõØóÇãðÇ æóÝöí ÇáúÂÎöÑóÉö ÚóÐóÇÈñ ÔóÏöíÏñ æóãóÛúÝöÑóÉñ ãöäó Çááøóåö æóÑöÖúæóÇäñ æóãóÇ ÇáúÍóíóÇÉõ ÇáÏøõäúíóÇ ÅöáøóÇ ãóÊóÇÚõ ÇáúÛõÑõæÑö ]ÇáÍÏíÏ: 20[


Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga-bangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan para petani ; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu. (al-Hadid : 20)

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


ÅöäøóãóÇ ãóËóáõ ÇáúÍóíóÇÉö ÇáÏøõäúíóÇ ßóãóÇÁò ÃóäúÒóáúäóÇåõ ãöäó ÇáÓøóãóÇÁö ÝóÇÎúÊóáóØó Èöåö äóÈóÇÊõ ÇáúÃóÑúÖö ãöãøóÇ íóÃúßõáõ ÇáäøóÇÓõ æóÇáúÃóäúÚóÇãõ ÍóÊøóì ÅöÐóÇ ÃóÎóÐóÊö ÇáúÃóÑúÖõ ÒõÎúÑõÝóåóÇ æóÇÒøóíøóäóÊú æóÙóäøó ÃóåúáõåóÇ Ãóäøóåõãú ÞóÇÏöÑõæäó ÚóáóíúåóÇ ÃóÊóÇåóÇ ÃóãúÑõäóÇ áóíúáðÇ Ãóæú äóåóÇÑðÇ ÝóÌóÚóáúäóÇåóÇ ÍóÕöíÏðÇ ßóÃóäú áóãú ÊóÛúäó ÈöÇáúÃóãúÓö ßóÐóáößó äõÝóÕøöáõ ÇáúÂíóÇÊö áöÞóæúãò íóÊóÝóßøóÑõæäó ]íæäÓ: 24[


Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu hanya seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah tanaman-tanaman bumi dengan subur (karena air itu), di antaranya ada yang dimakan manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya dan berhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya azab Kami pada waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman)nya seperti tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang yang berpikir. (Yunus : 24)

Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-juga berfirman,


æóÇÖúÑöÈú áóåõãú ãóËóáó ÇáúÍóíóÇÉö ÇáÏøõäúíóÇ ßóãóÇÁò ÃóäúÒóáúäóÇåõ ãöäó ÇáÓøóãóÇÁö ÝóÇÎúÊóáóØó Èöåö äóÈóÇÊõ ÇáúÃóÑúÖö ÝóÃóÕúÈóÍó åóÔöíãðÇ ÊóÐúÑõæåõ ÇáÑøöíóÇÍõ æóßóÇäó Çááøóåõ Úóáóì ßõáøö ÔóíúÁò ãõÞúÊóÏöÑðÇ * ÇáúãóÇáõ æóÇáúÈóäõæäó ÒöíäóÉõ ÇáúÍóíóÇÉö ÇáÏøõäúíóÇ æóÇáúÈóÇÞöíóÇÊõ ÇáÕøóÇáöÍóÇÊõ ÎóíúÑñ ÚöäúÏó ÑóÈøößó ËóæóÇÈðÇ æóÎóíúÑñ ÃóãóáðÇ ]ÇáßåÝ: 45- 46[


Dan buatkanlah untuk mereka (manusia) perumpamaan kehidupan dunia ini, ibarat air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, sehingga menyuburkan tumbuh-tumbuhan di bumi, kemudian (tumbuhan-tumbuhan) itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan. (al-Kahfi : 45-46)


æóÚóäú ÌóÇÈöÑ ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ: Ãóäøó ÑóÓõæúáó Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ãóÑóø ÈöÇáÓøõæúÞö ÏóÇÎöáÇð ãöäú ÈóÚúÖö ÇáúÚóÇáöíóÉö æóÇáäøóÇÓõ ßóäóÝóÊóíúåö ÝóãóÑøó ÈöÌÏí ÃÓßøó ãóíøöÊò¡ ÝóÊóäóÇæóáóåõ ÈöÃõÐõäöåö Ëõãøó ÞóÇáó: ( Ãóíøõßõãú íõÍöÈøõ Ãóäøó åóÐóÇ áóåõ ÈöÏöÑúåóãò ¿ ). ÝóÞóÇáõæúÇ: ãóÇ äõÍöÈøõ Ãóäøóåõ áóäóÇ ÈöÔóíúÁò¡ æóãóÇ äóÕúäóÚõ Èöåö ¿ ÞóÇáó: ( ÃóÊõÍöÈøõæúäó Ãóäøóåõ áóßõãú¿). ÞóÇáõæúÇ: æóÇááåö áóæú ßóÇäó ÍóíøðÇ áóßóÇäó ÚóíúÈðÇ Ýöíúåö¡ áöÃóäøóåõ ÃÓßøó¡ ÝóßóíúÝó æóåõæó ãóíøöÊò¿ ÝóÞóÇáó: æóÇááåö áóáÏøõäúíóÇ Ãóåúæóäõ Úóáóì Çááåö ãöäú åóÐóÇ Úóáóíúßõãú " ÑæÇå ãÓáã.


Jabir-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –meriwayatkan bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- pernah melintas masuk ke pasar, seusai pergi dari tempat-tempat tinggi sementara orang-orang berada di sisi beliau. Beliau melintasi bangkai anak kambing dengan telinga melekat, beliau mengangkat telinganya lalu bersabda, “Siapa di antara kalian yang mau membeli ini seharga satu dirham ?” mereka menjawab : Kami tidak mau memilikinya, untuk apa ? Beliau bersabda, “Apa kalian mau (bangkai) ini milik kalian ?” mereka menjawab : Demi Allah, andai masih hidup pun ada cacatnya karena telinganya menempel, lalu bagaimana halnya dalam keadaan sudah mati ? beliau bersabda, “Demi Allah, dunia lebih hina bagi Allah melebihi (bangkai) ini bagi kalian (HR. Muslim)

æóÚóäú ÇáÖøÍóÇß Èúäö ÓõÝúíóÇäó ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ¡ Ãóäøó ÑóÓõæúáó Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÞóÇáó áóåõ: ( íóÇ ÖóÍóÇßõ ãóÇ ØóÚóÇãõßó¿ ) ÞóÇáó: íóÇ ÑóÓõæúáó Çááåö¡ ÇóááøóÍúãõ æóÇááøóÈóäõ. ÞóÇáó: ( Ëõãøó íóÕöíúÑð Åöáóì ãóÇÐóÇ ¿). ÞóÇáó: Åöáóì ãóÇ ÞóÏú ÚóáöãúÊó. ÞóÇáó: ( ÝóÅöäøó Çááåó ÊóÚóÇáóì ÖóÑóÈó ãóÇ íóÎúÑõÌõ ãöäú ÇÈúäö ÂÏóãó ãóËóáÇð áöáÏøõäúíóÇ) ÑæÇå ÃÍãÏ æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Dhahak bin Sufyan -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –meriwayatkan bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- pernah bersabda kepadanya, ‘Wahai Dhahhak, apa makananmu ?’ ia (Dhahak) menjawab : daging dan susu, wahai Rasulullah. ‘Kemudian menjadi apa ?’ tanya Rasulullah kembali. Ia menjawab, ‘menjadi sesuatu yang telah Anda ketahui.’ Nabi bersabda (kepadanya), ‘Sesungguhnya Allah telah menjadikan sesuatu yang keluar dari Ibnu Adam sebagai perumpamaan untuk kehidupan dunia.’ (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh al-Albani)


æóÚóäú ÃõÈóíú Èúäö ßóÚóÈò ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ¡ Ãóäøó ÇáäøóÈöíøó Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÞóÇáó: (Åöäøó ãóØúÚóãó ÇÈúäö ÂÏóãó ÌÚá ãóËóáÇð áöáÏøõäúíóÇ¡ æóÅöä ÞÒÍå æãáÍå¡ ÝóÇäúÙõÑú Åöáóì ãóÇ íóÕöíúÑõ) ÑæÇå ÚÈÏÇááå Èä ÃÍãÏ æÇÈä ÍÈÇä æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Ubai bin Ka’ab -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –meriwayatkan bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda, ‘Sesungguhnya makanan anak Adam dijadikan sebagai perumpamaan untuk kehidupan dunia, tempat diletakkannya rempah-rempahnya dan tempat diletakkanya garamnya. Maka, lihatlah berubah menjadi apakah hal-hal itu ? (HR. Abdullah bin Ahmad dan Ibnu Hibban, dan dishahihkan oleh al-Albani)


æóÚóäú ÃóÈöí ÓóÚöíúÏò ÇóáúÎõÏúÑöíøö Úóäö ÇáäøóÈöíøö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÞóÇáó: ( Åöäøó ÇáÏõäúíóÇ ÍõáúæóÉñ ÎóÖöÑóÉñ æóÅöäøó Çááåó ãõÓúÊóÎúáöÝõßõãú ÝöíúåóÇ ÝóíóäúÙõÑ ßóíúÝó ÊóÚúãóáõæúäó ÝóÇÊøóÞõæúÇ ÇáÏøõäúíóÇ æóÇÊøóÞõæúÇ ÇáäøöÓóÇÁó¡ ÝóÅöäøó Ãóæøóáó ÝöÊúäóÉö Èóäöí ÅöÓúÑóÇÆöíúáó¡ ßóÇäóÊú Ýöí ÇáäøöÓóÇÁö ) ÑæÇå ãÓáã.

Abu Sa’id al-Khudriy -ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –meriwayatkan dari Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-, beliau bersabda, ‘Sesungguhnya dunia itu manis. Sesungguhnya Allah telah menguasakannya kepada kalian. Kemudian Allah memperhatikan apa yang kalian kerjakan (di dunia itu). Karena itu takutilah dunia dan takutilah wanita, karena sesungguhnya sumber bencana bani Israil adalah wanita (HR. Muslim)


æóÚóäú ÚóÈúÏöÇááåö ÞóÇáó: äóÇãó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó Úóáóì ÍóÕöíúÑò ÝóÞóÇãó æóÞóÏú ÃóËóøÑó Ýöí ÌóäúÈöåö¡ ÝóÞõáúÊõ: íóÇ ÑóÓõæúáó Çááåö áóæú ÇöÊøóÎóÐúäóÇ áóßó æØÇÁð¡ ÝóÞóÇáó: ( ãóÇáöí æóáöáÏøõäúíóÇ¡ ãóÇ ÃóäóÇ Ýöí ÇáÏøõäúíóÇ ÅöáøóÇ ßóÑóÇßöÈò ÇöÓúÊóÙóáøó ÊóÍúÊó ÔóÌóÑóÉò Ëõãøó ÑóÇÍó æóÊóÑóßóåóÇ) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÇÈä ãÇÌå æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Dari Abdullah, ia berkata : Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- tidur di atas tikar. Lalu beliau bangun, tikar itu membekas di lambung beliau. Kami berkata, ‘Andai kami membuatkan hamparan lunak untuk Anda.’ Beliau bersabda, ‘Apa urusanku dengan dunia, aku di dunia tidak lain seperti pengendara yang bernaung di bawah pohon setelah itu pergi dan meninggalkannya.’ (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh al-Albani)


æóÚóäú ÃóÈöí åõÑóíúÑóÉó ÞóÇáó: ÞóÇáó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó: ( Åöäøó ãóæúÖöÚó ÓóæúØò Ýöí ÇáúÌóäøóÉö ÎóíúÑñ ãöäó ÇáÏøõäúíóÇ æóãóÇ ÝöíúåóÇ) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÍÓäå ÇáÃáÈÇäí.


Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –, ia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda, ‘Sesungguhnya tempat menggantungkan cemeti di dalam Surga lebih baik daripada dunia dan isinya. (HR. at-Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albani)


æóÚóäú ãõÓúåöÑò Èúäö ÓóÚúÏò ÞóÇáó: ÞóÇáó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó: ( áóæú ßóÇäóÊú ÇáÏøõäúíóÇ ÊóÚúÏöáõ ÚöäúÏó Çááåö ÌóäóÇÍó ÈóÚõæúÖóÉò ãóÇ ÓóÞóì ßóÇÝöÑðÇ ãöäúåóÇ ÔóÑúÈóÉó ãóÇÁò) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÇÈä ãÇÌå æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –, ia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda, ‘Seandainya dunia itu di sisi Allah sebanding dengan sayap nyamuk tentu Allah tidak mau memberi orang-orang kafir walau pun hanya seteguk air.’ (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh al-Albani)


æóÝöí ÕóÍöíúÍö ãõÓúáòãò : ÞóÇáó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó: ( ãóÇ ÇáÏøõäúíóÇ Ýöí ÇáúÂÎöÑóÉö ÅöáøóÇ ßóãóÇ íóÌúÚóáõ ÃóÍóÏõßõãú ÅöÕúÈóÚóåõ åóÐöåö Ýöí Çáúíóãøö ÝóáúíóäúÙõÑú ÈöãóÇ íóÑúÌöÚõ).


Dan di dalam shahih Muslim, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúå æóÓóáøóãó-bersabda, ‘Tidaklah dunia dibandingkan dengan akhirat kecuali seperti sesuatu yang dijadikan oleh jari salah seorang di antara kalian ini di laut, maka lihatlah apa yang dibawa.’


æóÚóäú ÃóÈöí åõÑóíúÑóÉó : ÓóãöÚúÊõ ÑóÓõæúáó Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó íóÞõæúáõ : ( Åöäøó ÇáÏøõäúíóÇ ãóáúÚõæúäóÉñ ãóáúÚõæúäñ ãóÇ ÝöíúåóÇ ÅöáøóÇ ÐößúÑõ Çááåö æóãóÇ æóÇáóÇåõ æóÚóÇáöãñ Ãóæú ãõÊóÚóáøöãñ) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÇÈä ãÇÌå æÇáÈíåÞí æÍÓäå ÇáÃáÈÇäí.


Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –, (ia berkata), aku pernah mendengar Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda, ‘Sesungguhnya dunia itu terlaknat beserta seisinya kecuali dzikir kepada Allah dan apa pun yang berkaitan dengannya, juga orang yang berilmu atau seorang penuntut ilmu.” (HR.at Tirmidzi, Ibnu Majah, al-Baihaqi, dan dihasankan oleh al-Albani)


æóÚóäú ÃóäóÓò Ãóäøó ÇáäøóÈöíøó Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÞóÇáó: ( ÍóÞøñ Úóáóì Çááåö Ãóäú áóÇ íóÑúÊóÝöÚó ÔóíúÁñ ãöäó ÇáÏøõäúíóÇ ÅöáøóÇ æóÖóÚóåõ) ÑæÇå ÇáÈÎÇÑí.


Anas bin Malik-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –meriwayatkan bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,’Sudah menjadi kemestian bagi Allah di mana tidak ada sesuatu yang tinggi dalam perkara dunia melainkan Dia pasti akan merendahkannya.’ (HR. al-Bukhari)


æóÚóäú ÚóÈúÏöÇááåö Èúäö ÚõãóÑó Ãóäøó ÑóÓõæúáó Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó ÞóÇáó: (ÇóáÏøõäúíóÇ ßõáøõåóÇ ãóÊóÇÚñ æóÎóíúÑõ ãóÊóÇÚö ÇáÏøõäúíóÇ ÇáúãóÑúÃóÉõ ÇáÕøóÇáöÍóÉñ) ÑæÇå ãÓáã.


Abdullah bin Umar-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –meriwayatkan bahwa Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,’ dunia seluruhnya adalah kesenangan dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita (istri) yang shalihah. (HR. Muslim)


æóÚóäú ÃóÈöí åõÑóíúÑóÉó ÞóÇáó: ÞóÇáó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó: (ÇóáÏøõäúíóÇ ÓöÌúäõ ÇáúãõÄúãöäö æóÌóäøóÉõ ÇáúßóÇÝöÑö) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÇÈä ãÇÌå æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Dari Abu Hurairah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –, ia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,’ Dunia merupakan penjara orang yang beriman dan Surga orang kafir.’ (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan dishahihkan oleh al-Albani)


æóÚóäú ÚõÈóíúÏö Çááåö ÇáúÎõØõãöí ÞóÇáó: ÞóÇáó ÑóÓõæúáõ Çááåö Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó: (ãóäú ÃóÕúÈóÍó ãöäúßõãú ÂãöäÇð Ýöí ÓöÑúÈöåö ãõÚóÇÝóì Ýöí ÌóÓóÏöåö ÚöäúÏóåõ ÞõæúÊõ íóæúãöåö ÝóßóÃóäøóãóÇ ÍöíúÒóÊú áóåõ ÇáÏøõäúíóÇ ÈöÍóÐóÇÝöíúÑöåóÇ) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Dari Ubaidillah al-Khuthami-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –, ia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,’Barang siapa di antara kalian yang di pagi harinya merasa aman di tengah-tengah keluarganya, sehat jasmaninya, memiliki kebutuhan pokok yang tercukupi pada hari-harinya, maka seakan-akan dunia telah terhimpun untuknya.’ (HR. at-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani)

***

Engkau perhatikan di sini di dalam ayat-ayat yang mulia dan hadis-hadis yang mulia pula bahwa dunia itu disifati dengan bahwa ia adalah permainan dan senda gurau, dan bahwa ia tidak menyamai sedikit pun apa yang berada di sisi Allah, dunia tidak memiliki nilai di akhirat, dunia itu hina pada seluruh keadaannya kecuali sesuatu yang diperuntukkan bagi Allah, dunia seluruhnya merupakan kesenangan yang sedikit, dunia sesuatu yang akan lenyap, waktunya pendek sekali, tak memungkinkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhanya di dalamnya. Seorang mukmin tidaklahlah condong kepada dunia karena dunia merupakan penjara baginya, ia membebaskan dirinya dari penjaranya, membebaskan tawanan-tawanannya dengan kematiannya kala ia menghadap kepada Rabbnya. Kita memohon kepada Allah azza wa jalla agar tidak mengharamkan kita untuk masuk Surga-Nya. Seandainya dunia itu di sisi Allah sebanding dengan sesuatu yang memiliki harga niscaya Dia berikan kepada orang-orang shaleh dari kalangan para hamba-Nya. Akan tetapi Dia azza wa jalla simpankan bagi mereka karamah-Nya, sebagaimana dalam hadis Rafi’ bin Khadij, ia berkata, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


( ÅöÐóÇ ÃóÍóÈøó Çááåõ ÚóÒøó æóÌóáøó ÚóÈúÏðÇ ÍóãóÇåõ ÇáÏøõäúíóÇ ßóãóÇ íóÙóáøõ ÃóÍóÏõßõãú íóÍúãöí ÓóÞöíúãóåõ ÇáúãóÇÁó ) ÑæÇå ÇáÊÑãÐí æÕÍÍå ÇáÃáÈÇäí.


Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan melindunginya dari fitnah dunia. Sebagaimana salah seorang dari kalian berteduh untuk melindungi sakitnya dari percikan air (HR. at-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani).

Maka, apabila seorang yang terbimbing mengetahui bahwa hamba-hamba Allah yang shaleh yang dicintaiNya Allah telah memuliakan mereka dengan terbentenginya mereka dari fitnah dunia, dan Dia telah memurnikan mereka dalam mentaati dan beribadah kepada-Nya serta Dia telah menyimpankan untuk mereka karamah-Nya di sisi-Nya pada hari perjumpaan dengan-Nya dengan membawa hati yang tenang dan jiwa yang ridha dengan apa yang telah ditakdirkan oleh Rabb mereka yang Maha Penyayang terhadap mereka...Maka, bagaimana setelah itu seorang insan yang berakal akan berputus asa atas sesuatu yang terluput darinya berupa kepingan-kepingan dunia dan perhiasannya yang akan lenyap dalam waktu yang sangat singkat.

Abu Abdillah an-Nabajiy-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-mengatakan, ‘Apabila telah ada di sisimu sesuatu yang Allah berikan kepada Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad sementara engkau tidak memandangnya sebagai sesuatu yang amat berharga, yang engkau inginkan justru apa yang telah diberikan kepada Namrud, Fir’aun dan Haman (berupa harta dunia), maka kapankah engkau akan berbahagia.’ [1]

Wallahu A’lam

(Redaksi)

Sumber :

Haqiqatu ad-Dun-ya Fii al-Qur’an Wa as-Sunnah, Dr. Khalid bin Muhammad asy-Syahri.

Catatan :

[1] Shifatu ash-Shafwah, dalam Biografi Abu Abdillah an-Nabajiy

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=1076