Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Adab Bersedekah

Jumat, 10 Desember 21

Bersedekah termasuk amal shalih yang paling agung, bahkan termasuk amal terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì. Bersedekah juga merupakan salah satu sebab dilindunginya seseorang dari adzab kubur dan mendapat naungan Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìpada hari Kiamat. Apalagi jika orang yang mengeluarkan sedekah itu memperhatikan adab-adabnya.
Di antara adab-adab tersebut adalah sebagai berikut :

1-Ikhlas dalam Bersedekah
Seseorang wajib mengikhlaskan niat karena Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìsemata di dalam bersedekah dan mencari keridhaan-Nya serta kedekatan di sisi-Nya, baik sedekah wajib maupun sedekah mustahab (sunnah). Jika keikhlasan tidak ada, maka sedekah akan batal dan dapat menggugurkan pahalanya. Sebagian orang bersedekah dengan tujuan riya’ dan sum’ah serta berbangga-bangga untuk menyombongkan diri agar ia dikenal dengan sedekahnya. Bahkan, ia berusaha menonjolkan hal itu. Orang-orang seperti ini akan disiksa pada hari Kiamat dengan siksa yang sangat berat.


Ãóæøóáõ ãóäú ÊõÓóÚøóÑõ Èöåöãõ ÇáäøóÇÑõ íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö ËóáóÇËóÉñ


Orang yang pertama kami dipanaskan dengan (tubuh) mereka api Neraka pada hari Kiamat ada tiga golongan...”
Kemudian, beliau berkata,


æóíõÄúÊóì ÈöÇáúãõÊóÕóÏøöÞö


“Dan dihadirkan orang yang bersedekah.”
Sampai dengan sabda Nabi :


ÝóíóÞõæúáõ Çááåõ : ßóÐóÈúÊó, ÅöäøóãóÇ ÊóÕóÏøóÞúÊó áöíõÞóÇáó : ÌóæóÇÏñ , ÝóÞóÏú Þöíúáó ...


Allah berkata : “Engkau berdusta. Sesungguhnya engkau bersedekah agar dikatakan dermawan. Begitulah (kenyataan) yang telah dikatakan...(HR. Muslim, no. 1095)

2-Mempelajari Kewajiban-kewajiban dalam Bersedekah
Seorang Muslim wajib mempelajari tentang sedekah-sedekah yang diwajibkan atas dirinya, mempelajari ukuran-ukurannya dan kepada siapa sedekah itu harus diberikan, serta hal-hal lain yang akan meluruskan ibadahnya tersebut. Hal itu dilakukan sebelum ia melakukan sedekah, walaupun ia harus bertanya kepada ahli ilmu. Sebab, ia tidak akan terhitung melaksanakan kewajiban di dalam ibadah hingga ia melakukannya sesuai dengan yang disyariatkan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æÊóÚóÇáóì -. Selain itu, agar tidak mengeluarkan sesuatu dari jenis harta yang tidak wajib dikeluarkan zakatnya atau ia tidak memberikannya kepada orang yang tidak berhak menerimanya dan hal-hal semacam itu.

3-Tidak Menunda-nunda Sedekah yang Wajib hingga Keluar Waktunya
Jika telah wajib atas seorang Muslim mengeluarkan zakat atas hartanya, tanamannya, perniagaannya, atau yang lainnya dari harta sedekah yang wajib, maka ia wajib mengeluarkannya pada waktunya. Tidak boleh ia menundanya tanpa adanya udzur. Hal itu tidak boleh sama sekali. Siapa yang menunda hingga keluar dari waktunya tanpa udzur, niscaya ia akan menghadapi kemurkaan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æÊóÚóÇáóì -.

4-Mendahulukan Sedekah yang Wajib daripada yang Mustahab (Sunnah)
Wajib atas seorang Muslim, apabila ia harus mengeluarkan zakat yang wajib dan telah tiba waktunya, agar mendahulukannya daripada sedekah yang mustahab. Itulah hukum asalnya. Sebab, menunaikan sedekah yang wajib termasuk rukun Islam. Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì tidak akan menerima amalan-amalan sunnah hingga ia mengamalkan amalan wajib. Amal yang disukai Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìuntuk mendekatkan diri kepada-Nya adalah dengan menunaikan kewajiban, sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis qudsi :


...æóãóÇ ÊóÞóÑøóÈó Åöáóíøó ÚóÈúÏöí ÈöÔóíúÁò ÃóÍóÈøó Åöáóíøó ãöãøóÇ ÇÝúÊóÑóÖúÊõ Úóáóíúåö ...


“... dan tidaklah seorang hamba mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku sukai daripada apa-apa yang telah Aku wajibkan atasnya...” (HR. al-Bukhari, no. 6502)
Barang siapa yang mendahulukan sedekah yang mustahab atas sedekah yang wajib maka ia berada dalam kesalahan yang besar. Ia melakukan hal itu disebabkan kejahilan terhadap syariat dan karena kekurangan ilmunya tentang hal-hal yang disukai Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.

5-Mengeluarkan Zakat dari Jenis-jenis Harta yang Telah Ditentukan Syariat apabila Telah Wajib Atasnya.
Apabila sudah jatuh kewajiban atas seorang Muslim untuk mengeluarkan sedekah (zakat) atas barang tertentu secara syar’i, dan syariat telah menjelaskan cara mengeluarkan jenis tertentu dari hartanya, seperti zakat fithri, yang telah diwajibkan oleh Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåõ æóÓóáøóãó – yaitu satu sha’ gandum (burr) atau satu sha’ kurma atau satu sha sya’ir (jewawut) atau sejenisnya, maka seharusnya seorang Mukmin mengeluarkan zakat harta-harta yang telah disebutkan oleh Raulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåõ æóÓóáøóãó –di dalam nash tersebut. Janganlah ia mengeluarkan pengganti selainnya atas dasar ijtihad sendiri, dengan anggapan bahwa jenis-jenis harta yang lain dapat menggantikan kedudukannya atau lebih bermanfaat dari jenis-jenis tersebut. Sebab, kalaulah demikian halnya, tentu syariat telah menyebutkannya dan tentu Nabi telah mengisyaratkannya, atau telah memilihnya, atau memberikan pilihan kepadanya. Maka bagaimana mungkin seorang Mukimin berprasangka bahwasanya perhatian Nabi telah luput dari perkara ini ? Apakah syariat tidak memperhitungkannya ?
Mengeluarkan jenis-jenis harta yang telah disebutkan di dalam syariat akan menjauhkan seorang Muslim dari perselisihan-perselisihan pendapat fikih tentang barang yang digunakan sebagai penggantinya, apakah boleh atau tidak. Sebab, tidak ada orang yang mengatakan bahwasanya jenis-jenis harta yang dikeluarkan menurut ketetapan syariat tidak sah. Namun yang menjadi khilaf (perbedaan pendapat) adalah harta jenis lain, apakah sah ataukah tidak.

6-Hendaklah Sedekah Itu dari Hasil yang Baik
Bersedekah dari harta yang halal karena itu merupakan sebab diterimanya sedekah tersebut dan yang akan menghasilkan pahala, sebagaimana sabda Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- ,


ãóÇ ÊóÕóÏøóÞó ÃóÍóÏñ ÈöÕóÏóÞóÉò ãöäú ØóíøöÈò - æóáóÇ íóÞúÈóáõ Çááøóåõ ÅöáøóÇ ÇáØøóíøöÈó - ÅöáøóÇ ÃóÎóÐóåóÇ ÇáÑøóÍúãóäõ Èöíóãöíäöåö æóÅöäú ßóÇäóÊú ÊóãúÑóÉð ÝóÊóÑúÈõæ Ýöì ßóÝøö ÇáÑøóÍúãóäö ÍóÊøóì Êóßõæäó ÃóÚúÙóãó ãöäó ÇáúÌóÈóáö ßóãóÇ íõÑóÈøöì ÃóÍóÏõßõãú Ýóáõæøóåõ Ãóæú ÝóÕöíúáóåõ


Tidaklah seseorang bersedekah dengan harta yang baik, -dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik-baik-, melainkan Allah akan mengambil dengan tangan kanan-Nya. Jika itu berupa sebutir kurma, niscaya ia akan tumbuh di telapak tangan Allah hingga menjadi lebih besar daripada gunung. Sebagaimana seseorang di antara kamu menyemai benihnya atau memelihara anak untanya. (HR. Muslim, no. 2389 )
Al-fashil adalah unta kecil. Wajib atas orang yang bersedekah untuk mengusahakan agar sedekahnya berasal dari harta yang baik. Kalau tidak demikian, niscaya sedekahnya tidak akan diterima. Sungguh mengherankan, sering kali kami mendengar para penari atau penyanyi yang mendermakan hasil usahanya yang buruk itu untuk amal-amal kebaikan. Demikian pula pedagang obat terlarang, penjual khamr, penerima suap, atau yang lainnya. Mereka menyedekahkan harta yang buruk dari harta dan hasil usaha mereka. Kalaulah mereka benar-benar jujur, niscaya mereka akan meninggalkan apa-apa yang mereka kerjakan itu karena ketaatan kepada Allah dan memenuhi perintah-Nya. Namun, kebanyakan dari mereka bertujuan untuk berbangga-bangga, menyombongkan diri, agar orang-orang mengatakan bahwa ia adalah orang yang dermawan.

7-Memberikan Sedekah kepada Orang-orang yang Membutuhkan
Hendaklah orang-orang yang bersedekah berusaha memberikan sedekahnya kepada orang-orang yang berhak menerimanya dari kalangan orang-orang fakir, miskin, anak yatim, janda, orang yang terlilit hutang, dan orang-orang yang berhak menerima sedekah. Janganlah ia memberikannya kepada orang yang ia ketahui tidak membutuhkannya. Apabila itu sedekah yang wajib (zakat), maka tidak sah kecuali diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Seandainya yang dimaksud adalah sedekah yang sunnah, maka dianjurkan mendahulukan orang yang pantas menerimanya. Sebab, sedekah itu akan menjaga mereka dari perbuatan yang haram untuk mendapatkan sesuap nasi atau yang lainnya. Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìtelah menjelaskan jenis-jenis orang yang menerima zakat.


ÅöäøóãóÇ ÇáÕøóÏóÞóÇÊõ áöáúÝõÞóÑóÇÁö æóÇáúãóÓóÇßöíäö æóÇáúÚóÇãöáöíäó ÚóáóíúåóÇ æóÇáúãõÄóáøóÝóÉö ÞõáõæÈõåõãú æóÝöí ÇáÑøöÞóÇÈö æóÇáúÛóÇÑöãöíäó æóÝöí ÓóÈöíáö Çááøóåö æóÇÈúäö ÇáÓøóÈöíáö ÝóÑöíÖóÉð ãöäó Çááøóåö æóÇááøóåõ Úóáöíãñ Íóßöíãñ [ÇáÊæÈÉ : 60]


Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajibkan dari Allah, dan Allah Maha mengetahui, Maha Bijaksana (At-Taubat : 60)

8-Mengeluarkan Harta yang Terbaik dalam Bersedekah
Janganlah seseorang sengaja mengeluarkan barang-barang atau makanan yang buruk untuk disedekahkan, atau memilih harta-harta yang buruk di dalam bersedekah. Namun hendaklah ia memilih yang bagus. Demikian, jika mampu hendaklah ia memberikan yang paling bagus karena pada hakikatnya ia menyerahkannya untuk dirinya di sisi Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.


íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáøóÐöíäó ÂãóäõæÇ ÃóäúÝöÞõæÇ ãöäú ØóíøöÈóÇÊö ãóÇ ßóÓóÈúÊõãú æóãöãøóÇ ÃóÎúÑóÌúäóÇ áóßõãú ãöäó ÇáúÃóÑúÖö æóáóÇ ÊóíóãøóãõæÇ ÇáúÎóÈöíËó ãöäúåõ ÊõäúÝöÞõæäó æóáóÓúÊõãú ÈöÂÎöÐöíåö ÅöáøóÇ Ãóäú ÊõÛúãöÖõæÇ Ýöíåö æóÇÚúáóãõæÇ Ãóäøó Çááøóåó Ûóäöíøñ ÍóãöíÏñ [ÇáÈÞÑÉ : 267]


Hai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu kelaurkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya, Maha Terpuji. (Al-Baqarah : 267)
Demikianlah seorang yang bersedekah, hendaklah mengeluarkan yang terbaik yang dimilikinya untuk Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì. Sebab, ia akan mendapatkan barang yang disedekahkannya itu terpelihara di sisi Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì pada saat ia membutuhkannya di akhirat.

9-Bersedekah dengan Apa-apa yang Dicintai
Jika seorang hamba mampu bersedekah dengan sesuatu yang ia cintai dari harta, makanan atau yang sejenisnya, maka ia akan mendapatkan pahala yang lebih besar dari Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì.


áóäú ÊóäóÇáõæÇ ÇáúÈöÑøó ÍóÊøóì ÊõäúÝöÞõæÇ ãöãøóÇ ÊõÍöÈøõæäó æóãóÇ ÊõäúÝöÞõæÇ ãöäú ÔóíúÁò ÝóÅöäøó Çááøóåó Èöåö Úóáöíãñ [Âá ÚãÑÇä : 92]


Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sehahagian harta yang kamu cintai. Aan apa pun yang kamu infakkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.(Ali Imran : 92)
Oleh karena itu, ‘Abdullah bin Umar-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ-, apabila datang kepada beliau seorang peminta-minta, maka ia akan memerintahkan keluarganya untuk memberinya gula karena ia menyukai gula. Demikianlah, hendaknya orang-orang yang suka berbuat baik segera berlomba-lomba melakukannya.

10-Tidak Menggugurkan Sedekah dengan Mengungkit-ungkit dan Menyakiti Orang yang Menerima Sedekah.
Tidak boleh seorang hamba mengungkit-ungkit sedekah kepada orang yang menerimanya atau merendahkannya dengan sedekah, atau menyebutkan kebaikan-kebaikan atas jasa-jasa yang telah ia berikan kepadanya. Sebab, hal itu dapat melukai perasaan orang yang menerimanya dan dapat menghapus (pahala) sedekah, sebagaimana firman Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì,


íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáøóÐöíäó ÂãóäõæÇ áóÇ ÊõÈúØöáõæÇ ÕóÏóÞóÇÊößõãú ÈöÇáúãóäøö æóÇáúÃóÐóì [ÇáÈÞÑÉ : 264]


Hai orang-orang yang beriman !, Janganlah kamu merusak (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)...(al-Baqarah : 264)
Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì juga menyifati orang-orang yang beriman di dalam firmanNya,


ÇáøóÐöíäó íõäúÝöÞõæäó ÃóãúæóÇáóåõãú Ýöí ÓóÈöíáö Çááøóåö Ëõãøó áóÇ íõÊúÈöÚõæäó ãóÇ ÃóäúÝóÞõæÇ ãóäøðÇ æóáóÇ ÃóÐðì áóåõãú ÃóÌúÑõåõãú ÚöäúÏó ÑóÈøöåöãú æóáóÇ ÎóæúÝñ Úóáóíúåöãú æóáóÇ åõãú íóÍúÒóäõæäó [ÇáÈÞÑÉ : 262]


Orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang diinfakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. (Al-Baqarah : 262)

11-Mengagumi Nikmat-nikmat Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì dan Mensyukurinya
Wajib bagi orang yang bersedekah agar merenungi nikmat Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì atas dirinya ketika bersedekah. Sebab, Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìtelah menjadikannya kaya dan tidak membuatnya terpaksa menerima sedekah. Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì menjadikan tangannya di atas. Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì menjadikannya orang yang memberi dan bukan menerima. Yang demikian termasuk nikmat Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì atas dirinya sehingga ia harus bersungguh-sungguh mensyukurinya dengan mentaati Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì dan memperbanyak sedekah, serta berkasih sayang dengan orang fakir, miskin, dan mereka yang membutuhkan.

12-Hendaklah Orang yang Bersedekah Tidak Memandang Dirinya Berjasa Atas Orang yang Menerima Sedekahnya
Wajib atas orang yang bersedekah untuk tidak memandang dirinya berjasa atas orang fakir dan orang yang membutuhkan. Namun, hendaklah ia memandang semua itu sebagai karunia Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì kerena Dialah yang telah memberikan dan melimpahkan harta tersebut kepadanya. Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìpun memberinya taufik kepada Islam dan melepaskan dirinya dari kebakhilan atau sifat kikir sehingga ia bersegera untuk bersedekah.
Bahkan seorang Mukmin yang bijak akan melihat bahwasanya orang fakir itulah yang telah mencurahkan karunia atasnya. Sebab, orang fakir menerima sedekahnya sehingga memberikan kesempatan baginya untuk menerima pahala dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Bahkan, orang-orang shalih dari kalangan Salaf berkata : “Demi Allah, aku memandang justru orang fakir adalah orang yang melimpahkan karunia atasku. Kalaulah Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-tidak menjadikan mereka meminta sedekahku, niscaya aku akan terhalang dari pahala dan balasan dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-.

13-Tidak Mengurungkan Niat Bersedekah karena Keraguan Terhadap Orang yang Menerimanya
Apabila seorang yang bersedekah ragu terhadap orang yang menerima sedekahnya, tidak juga bisa memastikan apakah ia benar-benar fakir atau tidak, maka janganlah hal itu membuatnya tidak jadi bersedekah. Sebab, pada dasarnya ia mengharapkan pahala dari Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- dari sedekahnya. Hal ini kerap kali terjadi. Selama ia bersunguh-sungguh memberikan sedekah kepada yang berhak, dan besar sangkaannya bahwa orang yang dimaksud berhak menerimanya, maka berikanlah sedekah itu. Bahkan, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- tidak pernah menolak orang yang memintanya, sebagaimana sabda Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-..


ÞóÇáó ÑóÌõáñ áóÃóÊóÕóÏøóÞóäøó ÈöÕóÏóÞóÉò ÝóÎóÑóÌó ÈöÕóÏóÞóÊöåö ÝóæóÖóÚóåóÇ Ýöí íóÏö ÓóÇÑöÞò ÝóÃóÕúÈóÍõæÇ íóÊóÍóÏøóËõæäó ÊõÕõÏøöÞó Úóáóì ÓóÇÑöÞò ÝóÞóÇáó Çááøóåõãøó áóßó ÇáúÍóãúÏõ áóÃóÊóÕóÏøóÞóäøó ÈöÕóÏóÞóÉò ÝóÎóÑóÌó ÈöÕóÏóÞóÊöåö ÝóæóÖóÚóåóÇ Ýöí íóÏóíú ÒóÇäöíóÉò ÝóÃóÕúÈóÍõæÇ íóÊóÍóÏøóËõæäó ÊõÕõÏøöÞó ÇááøóíúáóÉó Úóáóì ÒóÇäöíóÉò ÝóÞóÇáó Çááøóåõãøó áóßó ÇáúÍóãúÏõ Úóáóì ÒóÇäöíóÉò áóÃóÊóÕóÏøóÞóäøó ÈöÕóÏóÞóÉò ÝóÎóÑóÌó ÈöÕóÏóÞóÊöåö ÝóæóÖóÚóåóÇ Ýöí íóÏóíú Ûóäöíøò ÝóÃóÕúÈóÍõæÇ íóÊóÍóÏøóËõæäó ÊõÕõÏøöÞó Úóáóì Ûóäöíøò ÝóÞóÇáó Çááøóåõãøó áóßó ÇáúÍóãúÏõ Úóáóì ÓóÇÑöÞò æóÚóáóì ÒóÇäöíóÉò æóÚóáóì Ûóäöíøò ÝóÃõÊöíó ÝóÞöíáó áóåõ ÃóãøóÇ ÕóÏóÞóÊõßó Úóáóì ÓóÇÑöÞò ÝóáóÚóáøóåõ Ãóäú íóÓúÊóÚöÝøó Úóäú ÓóÑöÞóÊöåö æóÃóãøóÇ ÇáÒøóÇäöíóÉõ ÝóáóÚóáøóåóÇ Ãóäú ÊóÓúÊóÚöÝøó Úóäú ÒöäóÇåóÇ æóÃóãøóÇ ÇáúÛóäöíøõ ÝóáóÚóáøóåõ íóÚúÊóÈöÑõ ÝóíõäúÝöÞõ ãöãøóÇ ÃóÚúØóÇåõ Çááøóåõ .


Seorang laki-laki berkata : ‘Malam ini aku akan bersedekah.’ Kemudian ia keluar membawa barang yang akan disedekahkannya. Ternyata, ia memberikannya kepada seorang pencuri sehingga pada pagi harinya orang-orang berbicara : Tadi malam seorang pencuri menerima sedekah.’ Maka orang itu berkata : ‘Ya, Allah, segala puji bagi-Mu, sedekah itu jatuh ke tangan pencuri. Setelah itu, orang itu berkata : ‘ Aku akan bersedekah.’ Kemudiam, ia keluar membawa sedekahnya. Ternyata, sedekah itu jatuh ke tangan pelacur sehingga orang-orang berkata : ‘Tadi malam seorang pelacur menerima sedekah.’ Maka orang itu berkata : ‘Ya, Allah, segala puji bagi-Mu, sedekah itu jatuh ke tangan pelacur.’ Sesudah itu ia berkata : ‘Aku akan bersedekah.’ Kemudian ia membawa sedekahnya. Ternyata, sedekah itu jatuh ke tangan orang yang kaya. Hingga orang-orang pun berkata : ‘Orang kaya juga mendapatkan sedekah.’ Maka ia berkata : ‘Ya, Allah, segala puji bagi-Mu, sedekah itu jatuh ke tangan pencuri, pelacur, dan orang kaya.’ Dikatakan kepadanya : ‘Sungguh, sedekahmu telah diterima.
Adapun pencuri itu, mudah-mudahan ia tidak lagi mencuri dan pelacur itu, mudah-mudahan ia meninggalkan perbuatan zina, sedangkan orang kaya itu, mudah-mudahan hal itu menjadi peringatan sehingga ia suka bersedkah dari kekayaan yang diberikan Allah kepadanya. ‘
Laki-laki dalam hadis di atas mengira bahwa ketiga orang tersebut berhak menerima sedekah yang ia berikan, sedang ia ikhlas dalam memberikannya. Oleh karena itu, Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì menerima amalnya walaupun orang-orang yang menerima sebenarnya tidak berhak menerima sedekah. Itulah tujuan utama dari orang yang bersedekah, yaitu, mengharapkan pahala dan balasan dari Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì. Hal itu benar-benar terjadi. Adapun tujuan yang lain ialah memberi manfaat bagi orang fakir dan mencukupi hajat mereka, yang bisa diwujudkan jika yang menerimanya benar-benar berhak. Mungkin juga justru yang tercapai adalah tujuan yang lain, yaitu menjadi i’tibar (pelajaran) jika orang yang menerima sedekah bukanlah orang yang berhak. Namun, jika orang yang bersedekah itu yakin bahwa orang yang meminta tidak berhak, atau menjadikan minta-minta sebagai profesi, maka ia boleh menahan sedekahnya.

14-Lebih Dulu Memberikan Sedekah kepada Karib Kerabat
Apabila karib kerabat mereka termasuk orang yang membutuhkan, maka hak mereka lebih besar daripada hak orang yang lain.
Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


ÇáÕøóÏóÞóÉõ Úóáóì ÇáúãöÓúßöíäö ÕóÏóÞóÉñ æóÇáÕøóÏóÞóÉõ Úóáóì Ðöí ÇáÑøóÍöãö ÇËúäóÊóÇäö ÕóÏóÞóÉñ æóÕöáóÉñ


Sedekah kepada orang miskin (mendapat pahala satu), sedangkan sedekah kepada karib kerabat mendapat dua pahala ; pahala sedekah dan pahala silaturrahim (HR. Ahmad, no.17884)
Barang siapa yang mendapatkan kelapangan untuk bersedekah, hendaklah ia mendahulukan karib kerabatnya jika mereka membutuhkan karena mereka lebih berhak menerimanya. Jika tidak demikian, ia boleh menyerahkannya kepada yang lain. Semakin dekat derajat kekerabatannya dengan orang yang menerima sedekah itu, maka semakin besar pula pahala sedekahnya. Allahu A’lam

15-Merahasikan Sedekah kecuali untuk Suatu Kepentingan
Dianjurkan kepada setiap Muslim jika ia bersedekah untuk merahasiakannya dari pengetahuan manusia sebisa mungkin. Sesungguhnya hal itu lebih dekat kepada keikhlasan serta lebih menjaga harga diri dan kehormatan orang yang menerimanya.


Åöäú ÊõÈúÏõæÇ ÇáÕøóÏóÞóÇÊö ÝóäöÚöãøóÇ åöíó æóÅöäú ÊõÎúÝõæåóÇ æóÊõÄúÊõæåóÇ ÇáúÝõÞóÑóÇÁó Ýóåõæó ÎóíúÑñ áóßõãú [ÇáÈÞÑÉ : 271]


Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu... (al-Baqarah : 271)
Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-telah menjelaskan bahwa orang yang merahasiakan sedekahnya termasuk orang-orang yang dinaungi pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-.


ÓóÈúÚóÉñ íõÙöáøõåõãú Çááøóåõ ÊóÚóÇáóì Ýöí Ùöáøöåö íóæúãó áóÇ Ùöáøó ÅöáøóÇ Ùöáøõåõ ... æóÑóÌõáñ ÊóÕóÏøóÞó ÈöÕóÏóÞóÉò ÝóÃóÎúÝóÇåóÇ ÍóÊøóì áóÇ ÊóÚúáóãó ÔöãóÇáõåõ ãóÇ ÊõäúÝöÞõ íóãöíäõåõ


Tujuh orang yang akan Allah naungi di dalam naunganNya pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya...dan seseorang yang bersedekah, ia menyembunyikan sedekahnya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya...(HR. al-Bukhari, no. 1423)
Hadis ini berisi anjuran untuk merahasiakan sedekah
Meskipun demikian, apabila di sana ada kepentingan dan maslahat yang kuat untuk menampakkannya, maka yang bebih baik adalah menampakkannya. Contohnya, orang yang terhormat bersedekah kepada orang yang membutuhkan di hadapan khalayak agar mereka mengikutinya untuk bersedekah. Dengan begitu, ia telah mencontohkan kepada mereka perbuatan baik. Misalnya juga orang yang mengeluarkan zakat secara terang-terangan di hadapan orang banyak untuk mengingatkan mereka tentang waktu zakat, seperti juga orang yang khawatir tidak menemukan orang yang membutuhkannya jika ia tidak memberikannya saat itu juga di hadapan orang banyak. Masih banyak lagi permasalahan lainnya. Hal itu semua dilakukan dengan tetap menjaga diri dari riya’ dan tetap menjaga keikhlasan kepada Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóìdi dalamnya.

16-Tidak Mengambil Kembali Sedekah
Jika seseorang memberikan suatu sedekah, maka ia tidak boleh mengambilnya kembali dari orang yang telah menerimanya.
Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –bersabda,


ãóËóáõ ÇáøóÐöì íóÑúÌöÚõ Ýöì ÕóÏóÞóÊöåö ßóãóËóáö ÇáúßóáúÈö íóÞöìÁõ Ëõãøó íóÚõæÏõ Ýöì ÞóíúÆöåö ÝóíóÃúßõáõåõ


Perumpamaan orang yang bersedekah kemudian ia mengambil kembali sedekahnya seperti anjing yang memuntahkan sesuatu kemudian ia menjilat muntahannya untuk memakannya lagi. (HR. Muslim, no. 4255)
Hadis itu menerangkan perumpamaan yang sangat jelek bagi orang yang mengambil kembali sedekahnya. Tidak dibuat perumpamaan itu, melainkan karena buruknya perbuatan tersebut. Maka dari itu, wajib atas setiap Muslim ketika bersedekah agar mengeluarkan sedekahnya dengan kemurahan hati dan ia tidak mengambil kembali apa yang telah disedekahkan dengan alasan apa pun.
Demikianlah yang dimudahkan Allah--ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì bagiku dari adab-adab sedekah, yang jumlahnya ada enam belas adab. Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin

Wallahu A’lam

(Redaksi)

Sumber :
Mausu’ah al-Aadaab al-islamiyyah, Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada, E.I. hal. 67-76












Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=951