Artikel : Bulein Annur - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Mengagungkan Adzan

Jumat, 15 Juli 22
**
Imam al-Bukhari di dalam kitabnya ash-Shahih meriwayatkan dari Abu Umamah Sahl bin Hunaif al-Anshariy-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ – ia berkata, “Aku pernah mendengar Mu’awiyah-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ – saat ia tengah duduk di atas mimbar, ketika itu Muadzin mengumandangkan adzan,
«Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ» (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar), Muawiyah pun berujar, «Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ». Lalu Muadzin mengucapkan, «ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áóÇ Åöáóåó ÅöáøóÇ Çááøóåõ» (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah), Lalu, Muawiyah pun berujar, «æóÃóäóÇ» (dan aku) (juga bersaksi demikian). Lalu, sang Muadzin mengucapkan, «ÃóÔúåóÏõ Ãóäøó ãõÍóãøóÏðÇ ÑóÓõæáõ Çááøóåö » (aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah). Muawiyah pun berujar, «æóÃóäóÇ» (dan aku) (juga bersaksi demikian). Setelah sang Muadzin selesai mengumandangkan adzan, Muawiyah berujar,


«íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáäøóÇÓõ Åöäøöí ÓóãöÚúÊõ ÑóÓõæáó Çááøóåö Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó Úóáóì åóÐóÇ ÇáúãóÌúáöÓö Íöíäó ÃóÐøóäó ÇáúãõÄóÐøöäõ íóÞõæáõ ãóÇ ÓóãöÚúÊõãú ãöäøöí ãöäú ãóÞóÇáóÊöí »


Wahai sekalian manusia, sesunggguhnya aku pernah mendengar Rasulullah- Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- di atas majlis ini ketika sang Muadzin mengumandangkan adzan, beliau mengatakan apa yang telah kalian dengar dariku dari ucapanku.”

Yakni, beliau- Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh Muadzin.
**
Hadis yang agung ini memberikan faedah akan pentingnya memberikan wasiat kepada manusia dan memotivasi mereka melalui mimbar Jum’at agar memperhatikan adzan dengan mendengarkannya dan diam seraya memperhatikannya serta mengucapkan seperti yang diucapkan oleh sang Muadzin. Juga perhatian terhadap sunnah-sunnah nan agung terkait dengan adzan. Karena, hal tersebut akan mendatangkan keberkahan, kebaikan dan faedah yang besar.

Adzan merupakan syiar Islam, pertanda keimanan, menolak setan, mendatangkan ketenangan dan ketentraman jiwa. Adapun terkait dengan mempraktekkan sunnah-sunnahnya, niscaya seseorang bakal mendapatkan pahala yang besar, dan ganjaran yang banyak ; di dalamnya ada pengampunan dosa, masuk Surga, dan mendapatkan syafa’at Nabi- Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-yang mulia (pada hari Kiamat).

Imam Abdurrazzaq di dalam Mushannafnya meriwayatkan dari al-Imam al-Hafizh Abdul Malik bin Abdil Aziz bin Juraij-ÑóÍöãóåõ Çááåõ -, ia berkata,


«ÍõÏøöËúÊõ Ãóäøó äóÇÓðÇ ßóÇäõæúÇ ÝöíúãóÇ ãóÖóì ßóÇäõæúÇ íõäúÕöÊõæúäó áöáÊøóÃúÐöíúäö ßóÅöäúÕóÇÊöåöãú áöáúÞõÑúÂäö ÝóáóÇ íóÞõæúáõ ÇáúãõÄóÐøöäõ ÔóíúÆðÇ ÇöÇøó ÞóÇáõæúÇ ãöËúáóåõ» .


“Diceritakan kepadaku bahwa manusia di masa dahulu mereka diam dan mendengarkan adzan secara seksama, seperti sikap diam dan memperhatikannya mereka terhadap (bacaan) al-Qur’an. Maka, tidaklah sang muadzin mengucapkan sesuatu melainkan mereka mengucapkan sepertinya.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah-ÑóÍöãóåõ Çááåõ-mengatakan,


«áóÇ íóäúÈóÛöí áöÃóÍóÏò Ãóäú íóÏóÚó ÅöÌóÇÈóÉó ÇáäøöÏóÇÁö » .


“Tidak selayaknya seseorang meninggalkan menjawab panggilan (adzan).”

Ini merupakan sunnah nan agung yang banyak orang meremehkannya. Tindakan meremehkan terhadap hal ini mengakibatkan kelemahan dalam perhatian mereka terhadap perkara shalat, mulai dari perkara bergegas untuk mengerjakan shalat (di masjid-masjid), kekhusyuan dan ketumakninahan saat mengerjakan shalat. Berbeda dengan orang yang diberi taufiq untuk perhatian terhadap syariat ini, mendengarkan adzan dan mengucapkan apa yang diucapkan oleh sang Muadzin, melakukan perkara-perkara sunnah yang mengikuti hal tersebut, sungguh di belakang hal tersebut akan diperoleh kebaikan yang agung dan ganjaran yang banyak.

Lima Perkara Sunnah yang Mengikuti Adzan
Perkara-perkara sunnah yang agung yang mengikuti adzan tersebut ada lima, hendaknya seorang hamba memiliki perhatian yang besar terhadap kelima perkara sunnah tersebut.

Pertama :
Hendaknya Anda-semoga Allah memberikan taufik kepada Anda- mengucapkan seperti yang diucapkan oleh sang Muadzin.

Imam Muslim di dalam shahihnya meriwayatkan dari Umar bin Khaththab-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ – bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó – bersabda,
“Apabila sang Muadzin mengucapkan, «Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ» lalu salah seorang di antara kalian mengucapkan, «Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ». Kemudian ketika sang Muadzin mengucapkan, «ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááøóåõ» , (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Allah) ia pun mengucapkan, «ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááøóåõ» . Kemudian, ketika sang Muadzin mengucapkan, «Íóíøó Úóáóì ÇáÕøóáÇóÉö» (Mari melaksanakan shalat !), ia pun mengucapkan, «áÇó Íóæúáó æóáÇó ÞõæøóÉó ÅöáÇøó ÈöÇááøóåö» (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah). Kemudian, ketika sang Muadzin mengucapkan, «Íóíøó Úóáóì ÇáúÝóáÇóÍö» (Mari menuju kepada kebahagiaan !), ia pun (kembali) mengucapkan, «áÇó Íóæúáó æóáÇó ÞõæøóÉó ÅöáÇøó ÈöÇááøóåö». Kemudian, ketika sang Muadzin mengucapkan, «Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ» , ia pun mengucapkan, «Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ Çááøóåõ ÃóßúÈóÑõ» . Kemudian, ketika sang Muadzin mengucapkan, «áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááøóåõ» ia pun mengucapkan, «áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááøóåõ» dari lubuk hatinya, niscaya ia akan masuk Surga.”

Kedua :
Setelah Anda mendengarkan sang Muadzin mengucapkan syahadatain (dua persaksian) ; yaitu ‘(pertama) persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan (kedua) persaksian bahwa Muhammad itu adalah hamba dan rasul-Nya’, hendaknya Anda mengucapkan, ‘Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –adalah hamba dan utusan-Nya, aku rela Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó –sebagai rasul.

Hal ini berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh imam Muslim di dalam shahihnya dari Sa’d bin Abi Waqash-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ – bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúå æóÓóáøóãó –bersabda,


((ãóäú ÞóÇáó Íöíäó íóÓúãóÚõ ÇáúãõÄóÐøöäó æóÃóäóÇ ÃóÔúåóÏõ Ãóäú áÇó Åöáóåó ÅöáÇøó Çááøóåõ æóÍúÏóåõ áÇó ÔóÑöíßó áóåõ æóÃóäøó ãõÍóãøóÏðÇ ÚóÈúÏõåõ æóÑóÓõæáõåõ ¡ ÑóÖöíÊõ ÈöÇááøóåö ÑóÈøðÇ æóÈöãõÍóãøóÏò ÑóÓõæáÇð æóÈöÇáÅöÓúáÇóãö ÏöíäðǺ ÛõÝöÑó áóåõ ÐóäúÈõåõ)) .


Barang siapa mengucapkan –ketika ia mendengar sang Muadzin (mengumandangkan adzan)-‘Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku rela Allah sebagai Tuhan, Muhammad sebagai rasul, dan Islam sebagai agama.’ niscaya dosanya diampuni.

Ketiga :
Hendaknya Anda bershalawat kepada Nabi yang mulia- Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- seusai adzan dikumandangkan dan setelah ucapanmu seperti yang diucapkan oleh muadzin.

Hal ini berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh imam Muslim di dalam shahihnya, dari Abdullah bin ‘Amr bin al-Ash-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåõãóÇ –, ia berkata, Rasulullah- Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó- bersabda,


((ÅöÐóÇ ÓóãöÚúÊõãõ ÇáúãõÄóÐøöäó ÝóÞõæáõæÇ ãöËúáó ãóÇ íóÞõæáõ Ëõãøó ÕóáøõæÇ Úóáóìøó ¡ ÝóÅöäøóåõ ãóäú Õóáøóì Úóáóíøó ÕóáÇóÉð Õóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö ÈöåóÇ ÚóÔúÑðÇ ¡ Ëõãøó ÓóáõæÇ Çááøóåó áöíó ÇáúæóÓöíáóÉó º ÝóÅöäøóåóÇ ãóäúÒöáóÉñ Ýöí ÇáúÌóäøóÉö áÇó ÊóäúÈóÛöí ÅöáøóÇ áöÚóÈúÏò ãöäú ÚöÈóÇÏö Çááøóåö æóÃóÑúÌõæ Ãóäú Ãóßõæäó ÃóäóÇ åõæó ¡ Ýóãóäú ÓóÃóáó áöíó ÇáúæóÓöíáóÉó ÍóáøóÊú áóåõ ÇáÔøóÝóÇÚóÉõ)) .


Apabila kalian mendengar muadzin (mengumandangkan adzan) maka ucapkanlah oleh kalian seperti yang diucapkannya, kemudian bershalawatlah kalian kepadaku. Sesungguhnya barang siapa bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali. Kemudian, mintalah kalian al-wasilah kepada Allah untuk-ku, sesungguhnya itu merupakan kedudukan di Surga, tidak layak (ditempati) kecuali oleh seorang hamba dari hamba-hamba Allah, dan aku berharap bahwa akulah si hamba itu. Maka, barang siapa meminta al-wasilahuntuk-ku, niscaya ia berhak mendapatkan Syafa’at.

Keempat :
Meminta kepada Allah al-Wasilah, yaitu kedudukan yang tinggi di Surga, untuk Nabi kita yang mulia-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-dengan menggunakan ungkapan yang ditunjukkan oleh beliau -Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-.

Di dalam shahih al-Bukhari dari Jabir-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ – bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


((ãóäú ÞóÇáó Íöíäó íóÓúãóÚõ ÇáäøöÏóÇÁó : Çááøóåõãøó ÑóÈøó åóÐöåö ÇáÏøóÚúæóÉö ÇáÊøóÇãøóÉö æóÇáÕøóáóÇÉö ÇáúÞóÇÆöãóÉö ¡ ÂÊö ãõÍóãøóÏðÇ ÇáúæóÓöíáóÉó æóÇáúÝóÖöíáóÉó ¡ æóÇÈúÚóËúåõ ãóÞóÇãðÇ ãóÍúãõæÏðÇ ÇáøóÐöí æóÚóÏúÊóåõ º ÍóáøóÊú áóåõ ÔóÝóÇÚóÊöí íóæúãó ÇáúÞöíóÇãóÉö)) .


Barang siapa mengucapkan ketika mendengar panggilan (adzan), “Ya Allah rabb seruan yang sempurna ini dan shalat yang ditegakkan, berikanlah al-Washilah dan keutamaan kepada Muhammad, bangkitkanlah ia (pada hari Kiamat dan tempatkanlah ia) pada maqam yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya’, niscaya ia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari Kiamat.

Kelima :
Setelah itu Anda berdoa dengan apa yang Anda inginkan berupa kebaikan dunia dan akhirat.

Abu Dawud meriwayatkan di dalam Sunannya dari Abdullah bin ‘Amr bin al-Ash-ÑóÖöíó Çááåõ ÚóäúåõãóÇ- bahwa seorang lelaki mengatakan (kepada Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-), ‘Wahai Rasulullah ! Sesungguhnya para tukang adzan telah mengungguli kami.’ Maka, Rasulullah-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


((Þõáú ßóãóÇ íóÞõæáõæäó ÝóÅöÐóÇ ÇäúÊóåóíúÊó ÝóÓóáú ÊõÚúØóåú)) ¡


“Ucapkanlah seperti yang mereka ucapkan. Lalu, bila engkau telah selesai, maka mintalah niscaya kami diberi.”

Abu Dawud juga meriwayatkan di dalam Sunannya dari Anas bin Malik-ÑóÖöíó Çááåõ Úóäúåõ –bahwa Nabi-Õóáøóì Çááåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó-bersabda,


((ÇáÏøóÚúæóÉõ Èóíúäó ÇáÃóÐóÇäö æóÇáÅöÞóÇãóÉö áÇó ÊõÑóÏøõ º ÝóÇÏúÚõæÇ)) .


Doa yang dipanjatkan antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kalian.

Saudaraku…
Karena itu, hendaklah kita mengagungkan adzan, dan hendaknya pula adzan itu memiliki kedudukan yang agung di dalam hati kita. Maka, bilamana kita tengah berada dalam proses menuntut ilmu, atau kita tengah membaca al-Qur’an, atau kita tengah mempelajari sebuah hadis, atau kita tengah melakukan dzikrullah-apatah lagi kita tengah sibuk dengan pembicaraan mengenai urusan dunia, dan lain sebagainya- maka hendaklah kita segera menghentikan hal itu semuanya untuk mendengarkan adzan kata demi kata, lafazh demi lafazhnya, dan untuk mengucapkan apa yang diucapkan oleh sang Muadzin serta melakukan sunnah-sunah nan agung yang terkait dengan adzan. Sungguh, hal tersebut akan membuahkan keberkahan yang agung dan keutamaan yang menyeluruh serta pahala yang banyak.

Semoga Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-menolong kita semuanya untuk senantiasa mentaati-Nya, mengingat-Nya, mensyukuri-Nya dan memperbaiki ibadah kita kepada-Nya. Amin

Adzan di dalam al-Qur’an
Di dalam al-Qur’an, Adzan disebutkan di dua tempat.
Tempat pertama, Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


æóÅöÐóÇ äóÇÏóíúÊõãú Åöáóì ÇáÕøóáóÇÉö ÇÊøóÎóÐõæåóÇ åõÒõæðÇ æóáóÚöÈðÇ Ðóáößó ÈöÃóäøóåõãú Þóæúãñ áóÇ íóÚúÞöáõæäó [ÇáãÇÆÏÉ : 58]


Apabila kamu menyeru untuk (melaksanakan) salat, mereka menjadikannya bahan ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka orang-orang yang tidak mengerti (al-Maidah : 58)
Tempat kedua , Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-berfirman,


íóÇ ÃóíøõåóÇ ÇáøóÐöíäó ÂãóäõæÇ ÅöÐóÇ äõæÏöíó áöáÕøóáóÇÉö ãöäú íóæúãö ÇáúÌõãõÚóÉö ÝóÇÓúÚóæúÇ Åöáóì ÐößúÑö Çááøóåö [ÇáÌãÚÉ : 9]


Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah... (al-Jum’ah : 9)

Pada tempat pertama merupakan penjelasan tentang keadaan orang-orang kafir dan orang-orang musyrik bersama adzan, bahwasanya mereka menjadikan syiar ini sebagai bahan ejekan, ejekan terhadap adzan ini, dan ejekan terhadap shalat yang diserukan untuk dikerjakan dengan adzan ini, serta ejekan terhadap agama seluruhnya, karena mereka tidak tahu nilai agama Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- yang mana Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- ciptakan makhluk-Nya untuk hal tersebut dan Dia-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- adakan mereka untuk merealisasikannya.

Sementara pada tempat yang kedua, merupakan penjelasan tentang keadaan orang-orang yang beriman bersama adzan, bahwa mereka bila sang Muadzin mengumandangkan adzan, mereka pun mendengarkannya dengan seksama, kemudian tindakan mereka tersebut-yakni, mendengarkan adzan dengan seksama- menggerakkan hati mereka untuk segera mengarahkan dirinya menuju (tempat) shalat, mereka segera bersiap diri untuk menghadapkan dirinya kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-, dan mereka pun sangat perhatian terhadap urusan mengerjakan shalat.

Oleh karena itu, wahai saudaraku, aku katakan (kepadamu) sebagai bentuk nasehat dan mengingatkan, bahwa Muadzin mengumandangkan adzan dengan suara yang lantang merupakan pemberitahuan bahwa proyek shalat yang sedemikian agung itu benar-benar telah tiba saatnya dimulai. Karena itu, segala hal hendaknya dihentikan. Hendaknya segala aktivitas dihentikan. Segala kemaslahatan hendaknya dihentikan. Hendaknya seseorang mulai mempersiapkan diri menuju shalat dengan bersuci, mempersiapkan segala hal terkait dengan urusan shalat untuk mengagungkan Allah -ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-. Kalimat-kalimat dalam adzan yang dikumandangkan itu-yang berisikan pengagungan terhadap Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- Rabb bumi dan langit, dan berisikan pula pemberitahuan tentang keesaan-Nya, pengakuan akan kerasulan Nabi yang diutusNya dan seruan untuk meraih kebahagiaan dengan melaksanan shalat-hendaknya memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hatinya. Hal ini karena di dalamnya terkandung keimanan terhadap hari Akhir dan apa yang Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- janjikan di dalamnya bagi orang-orang yang melakukannya berupa balasan yang baik dan tempat kembali yang agung.

Maka, alangkah agungnya kalimat-kalimat itu dan alangkah mulianya seruan-seruan nan sempurna lagi mulia itu.

Kita memohon kepada Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì- semoga mengisi hati kita semuanya dengan kecintaan terhadap kalimat-kalimat nan agung tersebut, mengisi hati kita dengan pengagungan terhadap adzan dan kalimat-kalimatnya, dan mengisinya pula dengan perwujudan dari apa yang ditunjukkan oleh kalimat-kalimat tersebut berupa pengagungan terhadap Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-dan mentauhidkan (mengesakan)-Nya, pengakuan, keimanan, pembenaran dan ketaatan serta ketundukan kepada-Nya. Semoga Allah-ÓõÈúÍóÇäóåõ æóÊóÚóÇáóì-membantu dan menolong kita semuanya untuk itu dan untuk melakukan segala bentuk kebaikan. Amin

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad, beserta segenap keluarga dan para sahabatnya.
Dan doa penutup kami adalah ÇáúÍóãúÏõ áöáøóåö ÑóÈøö ÇáúÚóÇáóãöíäó (‘segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam’)

(Redaksi)

Sumber :
Ta’zhimu al-Adzan, Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr-ÍóÝöÙóåõ Çááåõ ÊóÚóÇáóì-. Dengan ringkasan

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatannur&id=982