Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Sifat Doa Untuk Jenazah Anak Kecil Dan Orang Gila
Selasa, 20 Nopember 12

PERTANYAAN:

Bagaimana sifat doa untuk jenazah anak kecil dan orang gila?

JAWABAN:

Para ulama menyebutkan bahwa sifat doa untuk jenazah anak kecil atau orang gila setelah doa umum, ia membaca,



Çóááøåõãóø ÇÌúÚóáúåõ ÝóÑóØðÇ áöæóÇáöÏóíúåö æóÐõÎúÑðÇ æóÔóÝöíÚðÇ ãõÌóÇÈðÇ Çóááøåõãóø ËóÞöøáú ÈöåóÇ ãóæóÇÒöíúäóåõãóÇ æóÃóÚúÙöãú Èöåö ÃõÌõæÑóåõãóÇ æóÃóáúÍöÞúåõ ÈöÕóÇáöÍö ÓóáóÝö ÇúáãõÄúãöäöíäó æóÇÌúÚóáúåõ Ýíö ßóÝóÇáóÉö ÅöÈúÑóÇåöíãó æóÞöåö ÈöÑóÍúãóÊößó ÚóÐóÇÈó Ìóåóäóøãó

"Ya Allah, jadikan dia mendahului (yang menunggu) kedua orang tuanya, simpanan dan pemberi syafaat yang dikabulkan. Ya Allah, beratkanlah timbangan pahala keduanya dengan (kematian)nya dan besarkanlah pahala keduanya dengan (kematian)nya. Ikutkan dia dengan orang shalih generasi terdahulu orang-orang yang beriman. Jadikanlah dia dalam jaminan Ibrahim. Peliharalah dia dengan rahmatMu dari siksa Jahanam."

Jika dia berdoa dengan doa tersebut, dan jika tidak maka dengan doa (shalat jenazah) apapun yang diingatnya. Persoalan dalam hal ini sangat luas dan tidak ada sunnah shahih yang bisa dijadikan pegangan dari hal itu.

[Sumber: Fatwa-fatwa Lengkap Seputar Jenazah [Edisi Indonesia], Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Disusun oleh Syaikh Fahd bin Nashir as-Sulaiman, Pustaka Darul Haq Jkt].
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=1540