Artikel : Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits
Sederhana Di Dalam Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan
Jumat, 02 April 04

Tanya :

Apa saja perbuatan yang boleh dilakukan untuk memaklumkan pernikahan bagi laki-laki dan perempuan? Apa pula nasehat Syaikh kepada mereka yang berlebih-lebihan dalam melaksanakan pesta resepsi pernikahan, seperti menyewa gedung resepsi pernikahan dengan harga lebih dari 1000 Real untuk satu malam; juga seperti berlebih-lebihan dalam menyediakan hidangan makanan dan minuman, dan begitu pula pakaian perhiasan penganten yang harganya mencapai 17.000 Real?

Jawab :

Resepsi-resepsi yang diselenggarakan untuk pernikahan atau acara-acara lainnya adalah seperti aktifitas-aktifitas lainnya yang dilakukan oleh seseorang. Maksudnya, apabila ia dilakukan di dalam batas-batas syari’at maka tidaklah mengapa, dan apabila melebihi batas-batas syari’at maka menjadi haram, sebab Allah Subhannahu wa Ta'ala telah menjelaskan satu kaidah umum di dalam Al-Qur’an, seraya berfirman,
“Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan.” (Al-A’raf: 31).
Maka apa saja yang mengandung unsur israf (berlebih-lebihan) dan keluar dari batas-batas kewajaran adalah terlarang. Dari itu Allah memuji (orang-orang yang bertindak wajar), seraya berfirman,
“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembe-lanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (Al-Furqan: 67).

Nasehat saya kepada suadara-saudara kaum Muslimin adalah hendaknya sederhana di dalam penyelenggaraan pesta-pesta pernikahan, baik yang menyangkut resepsinya, tempatnya ataupun pakaiannya, sebab nikah yang paling banyak berkahnya adalah nikah yang paling ringan biayanya. Biaya yang berlebih-lebihan itu dapat menjadi penghalang bagi para remaja untuk menikah, sebab beban pembelanjaan sebesar itu sangat memerlukan banyak biaya, dan beban biaya biasanya ditanggung oleh pihak lelaki yang menyunting si perempuan itu.
( Fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin di dalam Majalah Da’wah, edisi 1307. )

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfatwa&id=655