Artikel : Fiqih - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Perjalanan Ziarah Kubur Nabi shallallohu 'alaihi wasallam

Senin, 30 Januari 12


Ziarah kubur Nabi tidak wajib dan bukan termasuk syarat sahnya ibadah haji sebagaimana yang disangka oleh sebagian orang awam, akan tetapi ia dianjurkan bagi orang yang mengunjungi masjid beliau atau dekat dengannya.

Untuk orang jauh, maka tidak patut melakukan perjalanan dengan tujuan ziarah kubur beliau, akan tetapi disunnahkan ziarah masjid beliau, bila sudah tiba di masjid maka ziarah ke kubur beliau dan dua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar, jadi ziarah kubur beliau masuk ke dalam ziarah masjid, hal ini berdasarkan hadits dalam ash-Shahihain bahwa Nabi bersabda, “Perjalanan yang tidak lakukan kecuali ke tiga masjid, Masjidil Haram, masjidku ini dan Masjidil Aqsha.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari 1864 dan Muslim 1397.

Seandainya melakukan perjalanan ke kubur Nabi disyariatkan niscaya Nabi sudah mendorong dan menganjurkannya kepada umat, karena beliau adalah orang yang paling tulus kepada umat, paling bertakwa dan paling takut kepada Allah, beliau telah menyampaikan, tidak ada satu pun kebaikan kecuali beliau sudah menyampaikannya dan mengajak umat kepadanya. Di saat yang sama beliau telah melarang menjadikan kuburnya sebagai tempat perayaan, beliau bersabda, “Jangan menjadikan kuburku sebagai tempat perayaan, jangan menjadikan rumahmu kuburan, bershalawatlah kepadaku, sesungguhnya salam kalian akan sampai kepadaku di mana pun kalian berada.” Diriwayatkan oleh adh-Dhiya` dalam al-Mukhtarah no. 428 dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahihul Jami’ 2/706. Wallahu a'lam.

Masjid Quba

Masjid ini termasuk yang dianjurkan untuk dikunjungi di Madinah berdasarkan hadits Ibnu Umar berkata, “Nabi mengunjungi masjid Quba` dengan berjalan kaki dan berkendara, beliau shalat dua rakaat di sana.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari 1136 dan Muslim 1399.

Dari Sahal bin Hunaif berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian datang ke masjid Quba` lalu shalat di sana, maka baginya pahala seperti umrah.” Diriwayatkan oleh an-Nasa`i no. 698 dan Ibnu Majah no. 1412, dishahihkan oleh oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah no. 1168.

Ziarah kubur Baqi’ dan Syuhada Uhud

Karena Nabi shallallohu 'alaihi wasallam mengunjungi Baqi’ dan mendoakan penghuninya, sebagaimana beliau juga mengunjungi kubur Syuhada` Uhud sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Bukhari 1344 dan Muslim 2296, beliau mendoakan mereka. Beliau juga mengunjungi kubur Baqi’ sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim 974 dan lainnya. Wallahu a'lam. Izzudin Karimi.

Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatfiqih&id=265