Artikel : Al-Quran - Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits

Ayat 69-71 Surat Ali Imran

Jumat, 23 Mei 14


Allah berfirman,


æóÏøóÊú ØÇÆöÝÉñ ãöäú Ãóåúáö ÇáßöÊÇÈö áóæú íõÖöáøõæäóßõãú æóãóÇ íõÖöáøõæúäó ÅöáÇ ÃóäúÝõÓóåõãú æóãóÇ íóÔúÚõÑõæäó íÇÃóåúáó ÇáßöÊÇÈö áöãó ÊóßúÝõÑõæäó ÈöÂíÇÊö Çááåö æóÃäúÊõãú ÊóÔúåóÏõæäó íóÇÃóåúáó ÇáßöÊÇÈö áöãó ÊóáúÈöÓõæäó ÇáÍóÞøó ÈÇöáÈóÇØöáö æóÊóßúÊõãõæäó ÇáÍóÞøó æóÃóäúÊõãú ÊóÚúáóãõæäó


”Segolongan dari ahli kitab ingin menyesatkanmu, padahal mereka sebenarnya tidak menyesatkan kecuali diri mereka sendiri tetapi mereka tidak menyadari. Wahai ahli kitab, mengapa kalian mengingkari ayat-ayat Allah padahal kalian mengetahui kebenarannya. Wahai ahli kitab, mengapa kalian mencampuradukkan yang haq dengan yang batil dan menyembunyikan kebenaran padahal kalian mengetahui.”

”Segolongan dari ahli kitab ingin menyesatkanmu.” Ayat ini sejalan dengan Firman Allah, “Banyak orang dari ahli kitab ingin mengembalikan kalian sesudah kalian beriman kepada kekufuran karena hasad dari diri mereka sesudah jelas kebenaran bagi mereka.” Ali Imran: 109. Dan Firman Allah, ”Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela terhadapmu sehingga kamu mengikuti agama mereka.” Al-Baqarah: 120. Keinginan mereka untuk menyesatkan kaum muslimin dari jalan yang benar, hasrat mereka untuk mengembalikan kaum muslimin dari iman kepada kekufuran sangat kuat, dan mereka selalu demikian dengan segala daya dan kemampuan mereka.

“Padahal mereka sebenarnya tidak menyesatkan kecuali diri mereka sendiri.” Karena upaya mereka akan gagal, sehingga apa yang mereka lakukan kembali kepada diri mereka.

“Tetapi mereka tidak menyadari.” Karena kebodohan mereka, mereka menyangka di atas kebenaran, mereka tidak menyadari bahwa akibat dari usaha mereka menimpa diri mereka.

“Wahai ahli kitab, mengapa kalian mengingkari ayat-ayat Allah padahal kalian mengetahui kebenarannya.” Sungguh buruk pengingkaran mereka, mengingkari sesuatu yang dimaklumi dan diketahui merupakan keburukan.

“Wahai ahli kitab, mengapa kalian mencampuradukkan yang haq dengan yang batil.” Karena bila yang haq dicampuraduk dengan yang batil, maka ia menjadi batil.

”Dan menyembunyikan kebenaran padahal kalian mengetahui.” Sungguh buruk menyembunyikan kebenaran sementara pelakunya mengetahui bahwa ia merupakan kebenaran.

Faidah-faidah

1. Permusuhan ahli kitab terhadap kaum muslimin sehingga mereka senantiasa berusaha menyesatkan kaum muslimin.

2. Akibat buruk dari perbuatan buruk kembali kepada pelakunya.

3. Buruknya pengingkaran terhadap ayat-ayat Allah, apalagi bila dilakukan dalam keadaan mengetahui.

4. Larangan mencampuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan larangan menyembunyikan kebenaran saat diketahui bahwa ia merupakan kebenaran. Wallahu a'lam.
Hikmah Al-Quran & Mutiara Hadits : index.php
Versi Online : index.php/?pilih=lihatquran&id=300